Anda di sini


Daftar Perbendaharaan Kata

A

AHLI MATA

Ahli yang mendesain dan mengadaptasi kacamata sesuai dengan ukuran yang spesifik bagi setiap penggunanya.

AKOMODASI

Kemampuan mata untuk melihat secara jelas sebuah obyek pada jarak dekat adalah berkat perubahan dari radius lengkungan dari lensa mata.

AKUITAS VISUAL

Kemampuan mata untuk membedakan detil pada obyek. Mata normal secara rata-rata mampu membedakan sebuah jarak pada lengkungan satu menit (1/60 derajat).

AMBLYOPIA

Amblyopia, atau mata malas, adalah menurunnya ketajaman penglihatan yang tidak dapat ditingkatkan dengan menggunakan kacamata. Amblyopia sinonim dengan daya penglihatan yang rendah.

AMD

Age-related Macular Degeneration atau Degenerasi Makula karena Usia. AMD adalah penyakit yang merusak makula, bagian tengah dari retina, yang menyebabkan kehilangan penglihatan pusat dan meninggalkan hanya penglihatan periferal atau sisi. Penderita AMD akan mengalami kesulitan untuk membedakan warna dan melihat garis lurus seolah-oleh bengkok.

AMETROPIA

Karakteristik untuk segala gangguan mata yang mencegah gambar yang jelas terbentuk pada retina, dengan pengecualian untuk presbyopia yang berkaitan dengan usia. Myopia, hyperopia dan astigmatisma adalah bentuk-bentuk dari ametropia.

ANISOMETROPIA

Kondisi di mana pembiasan sepasang mata berbeda satu dengan lainnya

AQUEOUS HUMOR

Cairan transparan yang bertanggung jawab, bersama dengan vitreous humor, untuk mempertahankan tekanan dalam ocular globe dan karenanya menjadi bentuk dari bola mata.

ASTIGMATISMA

Anomali yang paling sering disebabkan karena penyimpangan dari lengkungan kornea, yang mengakibatkan objek terlihat bengkok.

B

BAHAN

Lensa koreksi seringnya diproduksi dari gelas organik atau mineral. Lensa organik dibagi menjadi dua kategori: thermo-hardened dan thermoplastic (polikarbonat). Properti dari bahan ini adalah: indeks bias yang tinggi walaupun tipis, transparan, ringan, dan melindungi dari sinar ultraviolet dan tahan goncangan.

C

CAHAYA TERPOLARISASI

Cahaya terpolarisasi adalah kilauan terpantul yang mengganggu yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi mata, yang muncul saat sinar matahari mengenai permukaan datar yang halus. Ini biasa terjadi pada daerah-daerah di mana sinar yang terpantul memiliki kadar yang tinggi (laut, gunung, permukaan jalan, dll).

CRIZAL

Crizal adalah merek dari rangkaian pelapis lensa yang diproduksi oleh Essilor International. Produk-produknya dibuat untuk mengizinkan transparansi yang lebih baik pada lensa dan kejernihan optimal untuk penglihatan, dengan 5 kelebihan: tak ada silau, tahan noda dan goresan, menolak debu dan air.

D

Diopter

Sistem optik dengan jarak focal 1 meter. Kerusakan dalam pembiasan dihitung dalam diopter (ketidakcukupan penglihatan).

Diplopia

Kondisi di mana satu obyek terlihat seperti ada dua padahal hanya ada satu.

DISTORSI

Perubahan bentuk dari sistem optik yang menyebabkan suatu gambaran memiliki bentuk yang tidak sama dengan obyeknya.

E

EFEK BERENANG

Banyak orang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perbedaan kekuatan lensa pada lensa progresif. Bila penggunanya tidak terbiasa dengan perubahan multi dalam kekuatan lensa, lensa progresif dapat membuat mereka mual dan pusing pada awalnya. Kekurangan lainnya adalah penglihatan periferal dapat sedikit berubah karena perubahan yang terjadi di sisi atau tepi lensa progresif. Distorsi pada saat melihat sering disebut sebagai "efek berenang".

EFEK PRISMA

Perubahan arah yang disebabkan oleh sebuah cahaya melalui lensa ophthalmik ketika mata melihat ke berbagai arah (kecuali melalui pusat optik). Dalam kasus lensa progresif, penyimpangan karakteristik seperti ini menjadi lebih rumit karena kekuatan lensa tidak tetap. Efek prisma dari setiap titik lensa memiliki dampak, di area penglihatan pusat, pada strategi okulomotor pengguna.

EMMETROPIA

Penglihatan yang jernih dan nyaman untuk jarak pandang dekat dan jauh. Emmetropia adalah lawan dari ametropia.

F

FOTOKROMIK

Kualitas dari lensa organik atau mineral yang bisa menjadi gelap atau menjadi terang tergantung pada tingkat pencahayaan.

FOVEA

Pelekukan kecil pada bagian tengah makula berukuran diameter 2 milimeter dan berlokasi dekat dengan pusat optik mata. Fovea memiliki sekitar 50.000 sel kerucut.

G

GLAUKOMA

Peningkatan pada tekanan intra-okular yang menyebabkan, bila dibiarkan, penurunan syaraf optik dan retina yang tidak dapat diperbaiki, serta perubahan pada area penglihatan, misalnya penurunan dalam penglihatan, sering ditemani dengan sakit kepala dan nyeri mata.

H

HYPEROPIA

Hyperopia, atau rabun dekat, adalah cacat mata yang dikarenakan mata yang terlalu pendek dan/atau tidak cukup kuat. Gambaran yang terbentuk di belakang retina, yang menjelaskan kenapa subyek hyperopic memiliki penglihatan yang lebih baik untuk jarak pandang yang jauh daripada jarak pandang yang dekat. Dalam kasus hyperopia ringan, subyek melihat secara benar untuk penglihatan jarak jauh dengan mengkompensasi hyperopia melalui akomodasi. Untuk kasus hyperopia yang parah, mata tidak lagi bisa melakukan kompensasi ini. Hyperopia adalah lawan dari myopia.

I

INDEKS PEMBIASAN

Digunakan untuk mengkarakterisasikan kapasitas dari bahan optik transparan dalam membiaskan cahaya dan menghasilkan koreksi optimal. Semakin tinggi indeksnya untuk koreksi yang sama, semakin tipis lensanya.

IRIS

Membran melingkar yang membatasi pupil. Iris bertindak sebagai diafragma yang mengembang/menyusut sesuai dengan intensitas cahaya. Pigmen dalam iris menentukan warna mata.

J

JANUS PRIZE

Penghargaan resmi untuk desain yang disponsori oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Asing Perancis. Penghargaan ini diakui oleh para profesional di bidang mata dan menjadi patokan dalam dunia desain. Terdapat beberapa kategori dalam Janus Prize: Health Janus, Student Janus, Trade Janus, dan Community Janus.

JARAK PANDANG

Obyek terlihat pada jarak tak terbatas atau lebih, biasanya pada 5 atau 6 meter.

K

KATARAK

Pengeruhan dari lensa mata, yang dapat diperbaiki dengan mengeluarkan lensa tersebut untuk digantikan dengan lensa intra-ocular (implan). Katarak dapat diturunkan atau hasil dari trauma.

KEBUTAAN

Keadaan kondisi seseorang yang buta, yaitu tidak dapat merasakan semua bentuk sensasi visual.

KEKUATAN OPTIK

Kekuatan optik menentukan kemampuan lensa atau lensa kontak untuk membetulkan kecacatan penglihatan. Kekuatan optik diukur dalam diopter.

KELELAHAN VISUAL

Kelelahan visual dikarakterisasikan dengan mata perih atau iritasi akut pada mata, penglihatan yang kabur dan sakit kepala, seringkali terjadi di akhir hari.

KONVERGENSI / DIVERGENSI

Pergerakan mata secara bersamaan menuju ke dalam / ke luar sehingga keduanya "diarahkan" menuju obyek yang sedang dilihat.

KORNEA

Bagian depan okular yang transparan dan berbentuk bulat, atau agak berkubah, atau topi. Dikombinasikan dengan lensa mata, kornea memainkan peranan penting dalam memfokuskan gambaran pada retina.

L

LABORATORIUM RESEP

Unit produksi yang mengubah lensa yang semi-selesai menjadi lensa yang selesai dengan karakteristik yang tepat sesuai pesanan. Kostumisasi yang dilakukan oleh laboratorium ini memungkinkan kita untuk menyediakan kombinasi optik dalam jumlah yang sangat besar yang diperlukan oleh pemakainya, terutama yang berkaitan dengan pembetulan presbyopia. Laboratorium bertanggung jawab untuk pembuatan permukaan (mengasah dan memoles) dan melapisi (warna, anti gores, anti pantulan, anti noda, dll) kepada lensa.

LENSA BIFOCAL

Lensa dengan dua titik fokus.

LENSA JARAK MENENGAH

Lensa jarak menengah dimaksudkan untuk subyek yang mengalami presbyopia; lensa ini dirancang untuk penglihatan jarak dekat namun dengan area kedalaman yang lebih.

LENSA KONTAK

Lensa plastik khusus yang diperhitungkan secara optik yang beradaptasi dengan mata penggunanya mengambang di lapisan air mata kornea untuk memperbaiki penglihatan. Terdapat dua kategori lensa kontak: soft lense dan rigid lense.

LENSA KOREKSI

Lensa koreksi dirancang untuk memperbaiki gangguan mata. Lensa koreksi adalah kombinasi dari bahan, permukaan optik, dan pelapis.

LENSA-LENSA BIFOCAL

Sepasang lensa yang dirancang untuk membanty presbyopia. Bagian bawah dari lensa untuk rabun dekat; bagian sisanya untuk rabun jauh. Karenana lensa bifocal terdiri atas dua titik fokus.

LENSA MATA

Lensa optik transparan yang memiliki kecembungan ganda yang terletak di belakang pupil. Lensa mata membelokkan cahaya agar gambar menjadi fokus pada retina. Umur lensa mata yang menua adalah permulaan dari presbyopia.

LENSA MINERAL

Lensa mineral terbuat dari silikon dan kombinasi dari berbagai oxida yang dileburkan pada suhu tinggi. Lensa ini anti gores dan dapat menjadi fotokromik. Biasanya berat dan bisa dipecahkan namun tahan terhadap goresan.

LENSA PENGLIHATAN TUNGGAL

Lensa penglihatan tunggal digunakan untuk mengkoreksi ametropia. Juga bisa digunakan untuk mengkoreksi presbyopia namun, walaupun mereka bisa memberikan jarak penglihatan yang dekat, penglihatan jarak jauh akan menjadi kabur. Kekuatannya sama di seluruh permukaan lensa.

LENSA PROGRESIF

Lensa progresif dirancang untuk mengkoreksi presbyopia dengan kekuatan optik yang bervariasi secara progresif dari bagian atas yang dirancang untuk penglihatan jarak jauh ke bagian bawah yang dirancang untuk penglihatan jarak dekat. Tidak ada titik pemecahan optik.

LENSA SETENGAH MATA

Lensa untuk rabun dekat yang berbentuk seperti setengah bagian bawah lensa biasa.

LENSA TERPOLARISASI

Lensa terpolarisasi adalah lensa matahari berkualitas yang bukan hanya mengurangi cahaya terang dari matahari seperti lensa matahari dengan tint yang biasa, tapi juga menghilangkan sinar terpolarisasi yang menyilaukan berkan film polarisasi tipis yang disisipkan di dalam lensa, yang memainkan peran sebagai Venetian store. Menghasilkan penglihatan yang lebih jernih, persepsi warna yang lebih asli, dan kenyamanan visual yang lebih baik.

LENSA YANG SELESAI DAN LENSA YANG SEMI-SELESAI

Laboratorium resep kacamata mengubah lensa yang semi-selesai menjadi lensa yang selesai melalui proses pemberian permukaan, pewarnaan, pelapisan, dan pemberian sisi / perakitan. Dalam setiap kasusnya bagian depan diselesaikan di pabrik dan bagian belakangnya diberi permukaan sesuai permintaan.

M

MAKULA

Bagian pusat dari retina. Makula terdiri dari sel kerucut yang untuk yang terpapr secara langsung oleh cahaya dan memungkinkan penglihatan yang tepat yang diperlukan untuk membaca atau mengenali detil. Ini adalah bagian mata dengan aktifitas paling maksimal.

MONOMER

Material dasar yang digunakan untuk memproduksi lensa organik

MYOPIA

Myopia (rabun jauh) adalah cacat mata yang disebabkan karena mata yang terlalu kuat, atau terlalu panjang. Gambaran yang terbentuk di depan retina menyebabkan orang dengan myopia memiliki penglihatan yang buruk untuk jarak jauh namun melihat dengan baik untuk jarak dekat.

N

NYSTAGMUS

Gerakan berulang mata yang tak diinginkan yang arah, ayunan, dan frekuesnsi tidak menentu.

O

OCULAR GLOBE

Organ berbentuk bola (bola mata) yang menerima penglihatan, sekitar 25 milimeter dalam diameter ketika mata dalam keadaan emmetropik (tanpa cacat mata). Terdiri atas 3 lapisan, sclera, uvea, dan retina yang berisi: vitreous humor, lensa mata, dan aqueous humor.

OPTHALMOLOGIST

Dokter yang spesialis mata untuk pengobatan penyakit dan kondisi mata, serta pembetulan dari kecacatan mata. Ophthalmologist juga dapat melakukan operasi untuk mengkoreksi mata.

OPTICAL ABERRATION

Kecacatan di mana sebuah sistem membentuk gambaran, dengan hasil sinar yang memancar dari titik obyek gagal membentuk titik gambaran yang sempurna. Bagian sisi dari lensa progresif membetulkan deviasi seperti ini.

OPTICAL ADDITION

Kekuatan optik (sebuah lensa) yang diperlukan untuk penglihatan jarak dekat, sebagai tambahan dari yang diperlukan untuk penglihatan jarak jauh.

OPTICAL CORRECTION

Kombinasi dari lengkungan pada permukaan depan dan belakang dari lensa buatan manusia. Pembetulan diukur dalam diopter.

OPTOMETRIST

Di banyak negara yang menggunakan Bahasa Inggris, ahli mata yang yang melakukan pemeriksaan pembiasan mata. Optometrist tidak melakukan patologi atau operasi.

ORTHOPTICIAN

Cabang dari ophthalmology yang mengobati gangguan mata dengan cara sesi pengenalan kembali dan pelatihan mata. Orthoptic adalah paramedis profesional yang dibantu oleh orthoptician.

P

PABRIK PRODUKSI

Pabrik yang memproduksi masal lensa yang sudah selesai (terutama lensa penglihatan tunggal) dan lensa semi-selesai dalam jumlah besar.

PELAPIS

Beberapa pelapis dapat dipasang pada lensa koreksi setelah membuat permukaannya. Teknik ini digunakan secara berbeda tergantung kepada tujuan dari pelapisan: anti gores, anti pantulan, polarisasi, pewarnaan, anti listrik statis, anti noda.

PEMBIASAN

Perubahan pada arah penyebaran sebuah cahaya, ditentukan oleh variasi dari kecepatan penyebaran. Istilah yang digunakan untuk mengkualifikasikan pemeriksaan optik.

PENGLIHATAN JARAK DEKAT

Penglihatan terhadap obyek yang berada 25-50 sentimeter dari mata. 40 atau 33 sentimeter merupakan kompromi yang baik untuk menjadi jarak zona membaca untuk lensa progresif.

PENGLIHATAN PERIFERAL

Penglihtan hasil dari stimulasi retina di luar fovea atau makula.

PENGLIHATAN JARAK MENENGAH

Penglihatan dari obyek melebihi 40 sentimeter tapi lebih dekat dari sekitar 1,5 meter.

PERMUKAAN (ATAU DESAIN) OPTIK

Permukaan di mana pantulan atau pembiasan cahaya diproduksi. Permukaan optik memberikan bahannya kemampuan untuk pembetulan optik. Jumlah dari permukaan optik hampir tak terbatas: mereka bisa untuk penglihatan tunggal, bifocal, atau progresif.

Prismatic_Effect

Permukaan optik dari lensa yang dilapisi dengan satu atau lebih lapisan tipis yang transparan yang dirancang untuk melindungi lensa dan mengurangi kehilangan penglihatan karena pantulan cahaya dan penampakan parasit.

Production plants

Bahan yang berkarakteristik sangat ringan dan tahan goncangan. Indeks pembiasannya yang sangat tinggi memungkinkan produsen untuk membuat lensa yang sangat tipis dan ringah. Polikarbonat menghalangi sinar UV 100% dan tahan goresan berkat pelapisannya yang keras. Bahan ini adalah hasil produksi sampingan dari industri Compact Disc (CD).

PRESBYOPIA

Kecacatan mata yang disebabkan oleh menuanya lensa mata, yang seiring waktu menjadi lebih tebal dan kehilangan kelenturannya. Saat lensa mata menjadi lebih kaku, lensa mata akan lebih sulit untuk berganti bentuk dan subyek akan melihat semakin kurang dan kurang dalam jarak penglihatan yang dekat. Setiap orang yang berumur lebih dari 40 tahun mengalami presbyopia.

PUPIL

Pembukaan pusat dari iris di mana cahaya memasuki mata. Diameter dari pupil bervariasi tergantuk pada tingkat cahaya.

PUPILLARY DISTANCE (PD)

Jarak atntar pusat pupil mata. Pengukuran PD digunakan untuk memastikan penempatan lensa monoculary yang tepat. Merupakan pengukuran yang sangat besar pengaruhnya dalam pembuatan lensa progresif.

R

REFRACTOMETER

Alat yang digunakan untuk mengukur pembiasan mata secara otomatis.

RETINA

Membran yang sensitif terhadap cahaya, berada di bagian belakang mata di mana gambaran obyek terbentuk dan yang mengirimkan informasi ke otak. Membran hipersensitif ini memainkan peranan penting dalam memberikan persepsi mata, warna, detil, bentuk, dan gerakan.

ROD

Sel tipis berbentuk silinder yang terletak di retina yang bereaksi terhadap cahaya namun tidak dapat membedakan warna. Rod sangat sensitif dan memastikan penglihatan pada kondisi cahaya yang sangat sedikit. Rod retina adalah perpanjangan eksternal dari sel rod, yang merupakan syaraf yang berada di retina.

S

SEL KERUCUT

Neuron photoreceptive berbentuk kerucut yang berada di retina yang digunakan untuk penglihatan pusat dan persepsi warna.

SILMO

Pameran optik dan kacamata berskala besar yang diadakan setahun sekali di Paris pada musim gugur. Selama acara ini, penghargaan diberikan kepada produk terbaik dalam 5 kategori termasuk lensa koreksi dan peralatan optik.

STRABISMUS

Gangguan mata berkaitan dengan kecacatan dalam memparalelisasi titik sumbu visual. Pendeteksian secara dini pada anak-anak sangat penting untuk menghindari resiko amblyopia. Terdapat 3 bentuk strabismus: "konvergensi (esotropy), disebut juga 'juling'", divergensi atau exotropy vertikal yang dikarakterisasikan dengan kecacatan pada penjajaran mata.

SYARAF OPTIK

Untaian silinder berukuran diameter 5 milimeter dan panjang 30-55 milimeter yang menghubungkan retina setiap mata ke otak, yang mengirimkan gambar melalui nervous influx.

T

TEKANAN INTRAOKULAR

Tekanan cairan di dalam bola mata (okular) yang menjaga dindingnya tetap keras.

TINGGI PENGEPASAN

Jarak dari pusat pupil ke dasar bingkai.

V

VARILUX

Varilux adalah merek milik Essilor International. Digunakan untuk merujuk pada lensa progresif pertama untuk mengkoreksi presbyopia, yang ditemukan oleh Bernard Maitenza. Lensa Varilux dikarakterisasiskan oleh kemampuannya untuk mengkoreksi penglihatan jarak dekat, menengah, dan jauh. Versi pertama dari lensa ini dikeluarkan pada tahun 1959.

VITREOUS HUMOR

Jel transparan seperti kaca yang ada di antara pupil dan retina, berlokasi di belakang lensa mata.