Anda di sini


PERDULIKAH DENGAN PENGLIHATAN
MATA ANAK ANDA?

6 Tanda masalah penglihatan

PERKEMBANGAN ANAK
TERGANTUNG PADA PENGLIHATAN

Khususnya untuk proses belajar mereka.

Bagaimana pun, anak-anak juga memiliki kecenderungan tidak mengeluh tentang masalah yang berhubungan dengan penglihatan dan hal ini penting untuk menghindari dari gejala yangmengindikasikan masalah pada penglihatan anak anda.
 

Apakah tanda -
tanda nya?

Tidak semua masalah penglihatan akan datang dengan segera disertai dengan gejal namun ada kebiasaan dan tanda-tanda yang dapat nada lihat sehingga anda mengetahui bahwa anak anda mengalami kendala penglihatan.

1. Duduk di depan TV atau memegang buku sangat dekat ke mata.

Jika anak duduk sangat dekat di depan TV atau layar digital , atau memegang buku lebih dekat ke mata, kemungkinan menderita rabun jauh atau masalah lain dengan fokus mata mereka.

2. Sering menggosok mata atau gatal dan mata merah

Menggosok mata , gatal atau mata merah atau mengeluh penglihatan buram atau ganda artinya anak anda menderita astigmat. Tanda tersebut dapat pula dihubungkan dengan rabun jauh atau rabun dekat atau diindikasikan dengan masalah fokus mata atau koordinasi.

3. Kesulitan menulis atau membaca.

Kesulitan menulis dan membaca dapat diindikasikan angka dari masalah penglihatan, olehkarena itu hal ini penting untuk diketahui secara tepat apakah kendala yang dimiliki oleh anak anda.

Tanda - tanda yang menunjukan anak anda memiliki kendala dengan fokus mata ,kesulitan mengikuti benda , atau kesulitan koordinasi pada mata : Sering kehilangan bagian ketika membaca, sering menggunakan jari sebagai petunjuk penglihatan, berusaha membaca untuk waktu panjang , kemampuan konfrehensif yang rendah, atau banyak menggerakan kepala ketika membaca dibandingkan gerakan mata.

Membuat kesalahan dengan kata-kata yang hampir sama atau kesulitan mengenali huruf atau kata-kata merupakan indikasi kesulitan bentuk visual

Kesulitan menulis atau menggambar dapat diartikan mereka memiliki masalah dalam intergasi motorik visual, tertukar antara kanan dan kiri atau membalikkan tulisan atau kata-kata dapat menandakan kendala dengan lateral atau secara langsung.

4. Sensitivitas cahaya.

Sensitivitas terhadap cahaya dapat menjadi salah satu masalah dalam penglihatan, seperti katarak , makula degenerasi atau konjungtivitis.

5. Menutup salah satu mata ketika membaca atau menonton TV.

Jika anak anada menutup salah satu mata atau menutup salah satu mata dengan tangan ketika membaca atau menonton TV , ini dapat diartikan memiliki kelainan refraksi atau masalah penglihatan binokuler. Ini ada hubungannya denga kemampuan mata berkoordinasi dan bekerja sama satu dengan yg lain.

6. Memicing atau memiringkan kepala untuk melihat.

Sering memicing atau memiringkan kepala bisa jadi tanda bahwa anak anda memiliki astigmat atau rabun jauh atau dekat.

Jika anda menemukan tanda seperti hal tersebut pada kebiasaan anak-anak anda, bawalah mereka ke spesialis kesehatan. Pelajari lebih banyak tentang masalah pada anak-anak dan perawatan mata.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.