Anda di sini


PEMAKAIAN LENSA
KONTAK

Dapat menyebabkan infeksi pada mata jika kebersihannya tidak tepat.

LENSA KONTAK
DAN BAKTERI

Penelitian saat ini menemukan bakteri yang berbeda pada mata pemakai lensa kontak, menginvestigasi bagaimana hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi terhadap mata.

Meskipun di awal , penelitian dapat membantu dalam mencegah infeksi pada pemakai lensa kontak..

Mereka yang menggunakan lensa kontak biasanya lebih menyadari langkah yang dibutuhkan untuk menghindari terjadinya infeksi pada mata, sebagaimana potensi bahya berasal dari perawatan yang kurang tepat. Sebagai contoh keratitis acanthamoeba. Banyak pemakai yang mengetahui bahwa masalah akan muncul jika mereka memakai lensa kontak dalam waktu panjang, dipakai tidur, atau tidak membersihkannya secara benar atau tidak menggunakan pembersih yang benar secara reguler. Hal seperti ini kita kenal dengan 'larangan' lensa kontak, bagaimana pun, ada masalah lain yang tidak disadari oleh pemakai - yaitu jari mereka!

Penelitian lain yang dilakukan oleh pusat kesehatan NYU bagian mikrobiologis telah menduga bahwa pemakai yang menggunakan lensa kontak cenderung lebih mudah terkena infeksi mata disebabkan perubahan dalam populasi bakteria. Dengan kata lain, bakteria lain dapat pula berpindah dari tangan orang lain ke mata mereka pada saat mereka menggunakan atau melepaskan lensa kontak mereka, atau tekanan lensa kontak pada mata selama beraksi mempengaruhi tingkat bakteri.

Satu mikrobiologis (dan peniliti senior), Maria Gloria Dominguez - Bello menyatakan hal di bawah ini:

"Apa yang kita harapkan dari masa depan percobaan akan memperlihatkan apakah hal ini akan berubah dalam mikrobiome mata pemakai lensa disebabkan oleh jemari yang bersentuhan ke mata, atau dari tekanan lensa langsung mempengaruhi dan merubah sistem imun pada mata dan bakteri jenis apa yang mati atau berkembang."

Penelitian dalam pembelajaran menemukan bahwa 20 orang , 9 yang menggunakan lensa kontak harian memiliki 3 x bakteri dari 11 orang yang tidak menggunakan lensa kontak, dan bakteria pada pemakai lensa kontak lebih banyak jenisnya. Sementara studi tersebut mempertimbangkan pendahuluan di awal, dan belum dipublikasikan dalam bentuk jurnal, Dominguez - Bello berharap akan membawa pemahaman yang lebih baik mengapa pemakai lensa kontak kecenderungan mata terinfeksi dibandingkan dengan bukan pemakai lensa kontak , dan pemahaman yang diharapkan untuk cara yang lebih baik berupa pencegahan infeksi mata di masa yang akan datang.

Sementara itu , Saran Essilor pada pemakai lensa kontak gunakanlah secara aman dan bersihkan tangan (terutama jemari) sebelum menggunakan atau melepaskan lensa kontak. Kunjungi praktisi kesehatan kami untuk informasi lebih lanjut bagi perlindungan mata Anda.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.