Anda di sini


TEMUKAN LENSA
KONTAK

Banyak orang menggunakan lensa kontak seperti kaca mata.
Pemakai mungkin menggunakan lensa kontak untuk kenyaman
yang lebih baik , prakstis atau untuk tujuan terapi.

APAKAH SEBUAH
LENSA KONTAK ITU?

Sebuah lensa kontak adalah lensa plastik tipis yang diletakkan langsung pada permukaan mata, biasanya untuk mengkoreksi penglihatan. Lensa kontak juga dapat digunakan untuk terapi atau alasan kosmetis.

Ada dua jenis lensa kontak: lembut dan RGP (keras). Dari namanya, kedua lensa kontak tersebut sebenarnya 'pori udara'. Artinya oksigen dapat tembus melalui lensa menuju mata, menjaga kesehatan kornea. Tanpa ada asupan oksigen, kornea akan kering, membawa pada masalah penglihatan. Optometris anda akan berbicara melalui pilihan anda dan menyarankan jenis lensa kontak yang terbaik sesuai dengan penglihatan dan kebutuhan hidup anda.

'Progresif' lembut atau lensa 'multifokal' juga telah didesain untuk membantu mengoreksi dampak presbiopia, kondisi yang berhubungan dengan usia yang membuat penglihatan buram ketika melihat objek dekat. Mereka menghindari kebutuhan kacamata baca.
 

Lensa kontak lunak - lensa kontak lunak adalah lensa yang fleksibel berisi bagian air yang berbeda. Mereka mudah ditekuk terbuat dari hydrogel, silikon hydrogel atau polymacon. Mereka paling umum dipilih yaitu lensa kontak , sebagaimana mereka nyaman untuk digunakan dan mudah ditangani. Ada beberapa jenis lensa kontak lunak:

Sekali pakai - lensa kontak harian sekali pakai , seperti namanya , diganti setiap hari - artinya tidak dibersihkan, dan sedikit resiko terjadi infeksi konjuktivitis. Lensa sekali pakai didesain untuk diganti setiap dua minggu, bulanan atau per tiga bulan. Ada pemakaian dasar yang besifat harian , dibersihkan setelah digunakan untuk mencegah resiko infeksi pada mata.

Permanen - (atau pemakaian berkelanjutan) : didesain untuk dipakai secara berkelanjutan , siang dan malam, untuk waktu yang sudah ditentukan sebagai resep oleh optisi anda.

Lensa RGP - Lensa Kontak Keras (RGP) sangat tahan , bertahan sampai beberapa tahun. Lensa ini lebih fleksibel dibandingkan lensa kontak lembut, sehingga membutuhkan waktu untuk terbiasa sebelum merasakan nyaman. RGP juga dibutuhkan perawatan rutin yang cermat untuk mencegah infeksi. Lensa RGP lebih baik untuk mengkoreksi astimat , dapat membuat permukaan refraktif baru pada kornea.

Lensa kontak untuk pengobatan - Orang dengan kornea yang sensitif mungkin merasakan lensa kontak biasa terasa tidak nyaman. Jika demikian, lensa scleral dapat digunakan. Ini adalah lensa RGP yang lebih lebar yang mencapai ke bagian scleral ( bagian putih pada mata ), menutupi semua kornea. Lensa kontak scleral juga dapat digunakan untuk menutupi mata yang terluka, dan untuk kondisi tertentu seperti sindrom mata kering dan keratokonus.

Lensa kosmetik - Lensa kontak berwarna dan 'efek khusus' juga tersedia dan sering digunakan untuk tujuan seni. Lensa kontak kosmetik dapat pula untuk menutupi mata yang terluka atau yang sedang pengobatan.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.