Anda di sini


MATA MALAS DAN
PENGLIHATAN ANDA

Mata malas (Amblyopia) cenderung mempengaruhi anak-anak,
dan biasanya mudah dalam penanganan. Jika dibiarkan tidak
terkoreksi , ini dapat berdampak pada penglihtan.

MATA MALAS PADA
LINGKUNGAN ANAK

Mata malas biasanya terjadi dari usia sekitar 4 tahunan.

Hal ini terjadi ketika adanya pengurangan dalam jumlah cahaya yang masuk ke salah satu mata dalam menghasilkan kualitas penglihatan yang berbeda, salah satu mata lebih lemah dari mata yang lainnya. Dalam waktu lama , otak akan belajar untuk mengabaikan gambar yang diterima dari mata yang lebih lemah, dan hanya menerima mata yang lebih kuat.

Mengapa hal ini terjadi? Hasil mata mals dari kondisi yang berbeda dapat mempengaruhi penglihtan:

Juling: (strabismus) Masalah dengan otot mata yang menyebabkan ketidaksesuaian mata.

Rabun Jauh atau Rabun dekat yang bersifat parah Ketidakmampuan salah satu mata dalam fokus secara tepat dapat memaksakan mata yang lebih kuat untuk bekerja sementara mata lainnya menjadi ' malas'.

Katarak Kongenital: Biasanya terjadi ketika lahir, katarak kongenital pada salah satu mata dapat membuat penglihtan pada anak pada mata tersebut terlihat berkabut, memaksakan mata yang linnya untuk bekerja lebih keras.

Bagaimana menempatkan hal ini? Tidak ada gejala yang bersifat spesifik dari mata malas, namun anak-anak cenderung unutk melihat tidak jelas dengan yang terpengaruh. Orang tua sebaiknya memperhatikan sudut kepala pada anak pada saat melihat objek jarak jauh. Anak-anak mungkin mengulang-ulang menutup satu mata , atau menimbulkan kebiasan juling.

Penanganan: mata malas sebenarnya sangat mudah penanganannya, namun memerlukan waktu lama. Jika tidak sesuai , penglihatan dapat saja menjadi compromi yang bersifat permanen. Amblyopia dapat terdiagnosis dari usia sekitar 5 atu 6 tahun. Masalah dibawah kondisi membutuhkan penanganan - sebagai contoh , kacamata dengan resep dapat mengkoreksi fokus pada mata yang lebih lemah. Mata yang lebih baik mungkin membutuhkan untuk ditutup sementara, untuk memperkuat mata yang terpengaruh. Buatlah perjanjian dengan Optometri / optisi jika Anda mencurigai anak Anda menderita mata malas.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.