Anda di sini


MATA MERAH DAN
TERASA PANAS

Konjungtivitis , juga dikenal sebagai mata merah atau
pink, dapat membuat mata gatal, berair dan kering.
Sangat mudah dalam penanganan dan perawatan.

PERADANGAN
KONJUNGTIVA

Konjungtiva adalah lapisan tipis yang menutupi permukaan luar mata. Konjungtivitis dapat terjadi pada satu atau kedua mata.Terjadi dalam bentuk yang berbeda:
 

  • Infeksi konjungtivitis – bakteri atau infeksi virus, seperti demam, dapat membuat bentuk penyakit menular. Lensa kontak yang terinfeksi atau terkontaminasi dari rias wajah juga sangat berpengaruh.
  • Alergi konjungtivitis – alergi terpengaruh dari serbuk , bulu hewan atau debu yang dapat membuat konjungtiva terasa terbakar.
  • Iritasi konjungtiva – kandungan seperti pada air pembunuh kuman, sampo atau polusi udara dapat mengiritasi mata. Kehilangan bulu mata juga dapat menyebabkan terjadinya konjungtivitis.

Bagaimana untuk menanggulangi - Mata akan menjadi merah dan terasa terbakar, dan dapat pula kuning tebal, yang memecah di atas bulu mata, khususnya setelah tidur . Terasa Gatal dan berair juga merupakan gejala umum. Beberapa orang mungkin merasakan terbakar atau sensasi seperti berpasir di mata, kelopak mata bengkak. Infeksi konjungtivitis dapat disertai gejala - kedinginan, seperti demam atau tenggorokan gatal. Alergi konjungtivitis kadang terjadi berhubungan dengan gejala demam, seperti bersin dan berair, hidung gatal.

Perawatan - Konjungtivitis dapat hilang dengan sendirinya untuk beberapa hari atau satu minggu. Lapisan yang lengket pada kelopak mata dapat dibersihkan secara hati-hati dengan kapas dan air. Iritasi konjungtivitis sebaiknya dibersihkan secepat ketika terkena iritasi, seperti kehilangan bulu mata, dihilangkan. Jika tidak perawatan mungkin dibutuhkan antara lain:

  • Tetes mata sebagai antibiotik atau salep yang diresepkan agar konjungtivitis efektif.
  • Antihistamin dapat diresepkan untuk alergi konjungtivitis.
  • Bayi yang mengalami konjungtivitis ketika lahir lebih baik dibawa ke dokter secepatnya.

Dengan bermacam bentuk konjungtivitis, kita disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak sampai gejala tersebut telah dihilangkan. Sebaiknya mencuci tangan secara rutin, dan pencegahan kondisi dari penularan.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.