Anda di sini


MASALAH-MASALAH MEMBACA
YANG TERKAIT DENGAN MATA

Ketika membaca menjadi sesuatu yang sulit, persoalan ini mungkin terkait dengan
mata- contohnya, gangguan penglihatan atau ketidakmampuan fokus dengan benar.

PENELUSURAN
MASALAH?

Kadang mata kita kesulitan dengan 'penelusuran' - bergerak sepanjang halaman atau layar monitor untuk mengikuti teks. Beberapa alasan yang memungkinkan untuk penelusuran masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut:

Memfokuskan - Jika sistem penglihatan seseorang tidak bekerja dengan baik, penglihatannya akan buram. Ini juga di ketahui sebagai disfungsi akomodasi. Jika iya, konsentrasi untuk fokus pada tulisan bisa menyebabkan lelah, khususnya pada anak-anak. Namun demikian, masalah ini bisa di atasi dengan koreksi kacamata.

Koordinasi kedua mata - Otot-otot disekitar mata membantu mata bergerak bersamaan. Jika koordinasi tidak baik, seseorang mungkin mengalami penglihatan buram, dan kesulitan untuk mengikuti teks. Mata malas (amblyopia atau strabismus) bisa membuat masalah pada kerjasama dua mata, dan kedua kondisi ini terutama pada anak-anak. Tetapi orang dengan strabismus permanen, dimana satu mata masih bergerak konstan, cenderung tidak sulit untuk membaca, untuk membaca teks menggunakan mata yang lebih baik.

Penglihatan bagian tepi - Beberapa orang mempunyai lapang pAndang yang terbatas, dan mungkin tidak bisa memAndang dunia secara luas, kalimat ini sebagai ungkapannya.

KONDISI-KONDISI TERKAIT
DENGAN MATA

Disamping menelusuri masalah-masalah, kesulitan membaca bisa menjadi gejala dari salahsatu kondisi-kondisi mata berikut ini.

RABUN DEKAT TERKAIT USIA (PRESBYOPIA)

Kemampuan fokus pada obyek dekat, seperti materi bacaan, bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Ini bisa di koreksi dengan lensa ukuran.

Pelajari lebih lanjut

ASTIGMATISMA

Gejala-gejala seperti memicingkan mata dan mata tegang serta menjadi lebih buruk saat konsentrasi membaca. Kacamata ukuran bisa mengoreksinya.

Pelajari lebih lanjut

KATARAK

Lensa mata seperti berkabut bisa membuat sulit membaca. Temukan info lebih tentang kondisi yang umum terjadi.

Pelajari lebih lanjut

AGE-RELATED MACULAR DEGENERATION (AMD)

Sebuah gejala dari AMD adalah penglihatan buram, khususnya saat membaca. Garis lurus terlihat melengkung, yang juga akan menyebabkan masalah saat melakukan penelusuran.

Pelajari lebih lanjut
 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.