Anda di sini


LINDUNGI
PENGLIHATAN ANDA

Pelajari mengapa perlindungan mata sangat vital selama berolah raga.

SINAR MATAHARI, CUACA
EKSTRIM DAN BERGERAK

Lindungi mata anda dari matahari adalah penting, namun hal ini sangat vital khususnya ketika anda sedang berolah raga. Mempelajari tentang mengapa pentingnya melindungi mata, kapan anda dapat melindungi mata, dan apa yang terjadi jika tidak melindunginya. Meskipun anda di dalam lapangan, di atas pegunungan atau di lautan, mata anda secara terus-menerus terpapar sinar matahari. Tanpa ada perhatian khusus anda akan memberikan dan bahkan lebih spesifik memberi resiko terhadap mata. Oleh karena itu perlindungan matahari yang baik adalah hal penting, bukan hanya melengkapi kegiatan olah raga anda dengan baik di luar ruangan tidak memberikan dampak buruk terhadap penampilan anda, namun menyebabakan kerusakan jangka panjang.

 

Mengapa perlindungan mata
yang baik sangat penting

Mengurangi silau matahari – kejernihan penglihatan adalah hal penting ketika berolah raga. Masalah umum dengan kacamata umumnya adalah silau, yang disebabkan oleh cerahnya pantulan sinar matahari pada jalan raya , air , salju atau objek yang mengkilap. Silau dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sensitivitas terhadap sinar , mengurangi kontras, dampak pada penglihatan dan berpotensi menggangu anda dalam olah raga. Anda juga dapat merasakan sementara atau permanen keruskan mata dari silau tersebut.

 

Melindungi dari benda-benda – Mata anda secara terus-menerus berada dalam lingkungan anda , khususnya selama aktivitas olah raga . Hujan, angin, debu, dan serangga adalah berbahaya tanpa pelindung fisik dalam melindungi mata anda , jadi melindungi adalah hal yang penting.

 

Mengurangi mata lelah – Ketika melakukan aktivitas di luar ruangan , kondisi pencahayaan yang kurang dan berlebih, penyesuaian yang konstant dalam fokus dapat menyebabakan mata anda menjadi tegang. Hal ini merupakan mata lelah yang dapat merugikan performa anda sebagai kelelahan fisik.

 

Meningkatkan performa – mayoritas persepsi yang masuk selama berolah raga berasal dari mata, jadi melindungi mata anda dengan benar dari sinar matahari adalah penting. Menggunakan lensa matahari yang dapat memblok sinar UV memungkinkan untuk penglihatan yang lebih jernih, membantu meningkatkan reaksi anda, koordinasi, keseimbangan, ketepatan dan ketahanan.

 

Menjaga ketidaknyamanan wajah – Jika kacamata perlindungan anda tidak dibentuk untuk kenyamanan yang sesuai atau dibuat dari bahan yang kurang baik seperti plastik atau metal, tidak hanya memberikan dampak negatif bagi konsentrasi anda, dan dengan hasil penampilan anda , dan dapat pula anda tinggalkan sehingga tidak melindungi mata anda.

 

Menjaga penglihatan yang kurang baik – sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan akibat UV, seperti halnya iritasi mata dan masalah penglihatan anda. Peperan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan masalah penglihatan secara temporal seperti photokeratitis, inflamasi kornea, dan photo conjungtivitis, inflamasi konjungtiva. Akibat yang lebih parah dapat mencakup pertumbuhan mata, dikenal dengan pterigium , beserta katarak dan kanker mata.

 

Perlindungan penting untuk olah raga
Ada beberapa cara untuk memastikan anda mendapatkan perlindungan terbaik bagi mata anda ketika berolah raga. Dari bahan frame hingga teknologi lensa, pilihan di bawah dapat membantu anda dalam memastikan anda mendapatkan perangkat yang tepat.

 


 

Model lengkung – Pastikan desain melengkung yang berupa frame lengkung sesuai dengan wajah dan lingkar kepala anda. Kesesuaian dengan jembatan , hidung dan tempel kacamata matahari anda sesui di lingkar kepala tanpa menghiraukan gerakan yang berkelanjutan dan keringat anda. hal ini mempengaruhi keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan performa.

 

Bahan – Frame dibuat dari bahan polycarbonate adalah lebih tahan dan ringan , memberikan anda sepasang kacamata atletik yang nyaman dipakai , namun tidak berbahaya akan hancur dikarenakan gerakan yang terus-menerus pada aktivitas berolah raga.

 

Lensa yang tepat – lensa yang tepat dapat meningkatkan sistem koordinasi tangan dan mata , kedalaman persepsi yang lebih baik dan meningkatkan penglihatan periperal. Lensa lebar dan melengkung dapat menahan sinar UV dan dan jenis aganguan yang lain karena kacamata olahraga memberikan perlindungan yang lebih luas , bukan hanya melindungi dari arah depan mata.

 

Perawatan lensa – Lensa merupakan benda yang rentan akan kerusakan selamat aktivitas berolah raga , maka melakuka perawata yang berbeda terhadap lensa dapat memperpanjang masa pakai dari kacamata anda sehingga dapat membantu meningktkan performa anda. Penahan goresan dapat memberikan perlindungan yang lebih tinggi dari benda-benda asing , penahan kabut dapat membantu mencegah kondensasi dan ketahanan terhadap air dapat menghapuskan penglihatan yang menyimpang yang disebabkan oleh air atau keringat.

 

Polarisasi – Silau dan cahaya terang dapat mengurangi kejernihan penglihatan , yang dapat menyebabkan performa menjadi buruk. Lensa polaroid hampir secara lengkap mengurangi masalah tersebut dengan memblok sinar yang terang dengan filter khusus dan meningkatkan kekontrasan agar membuat penglihatan anda lebih jernih. Lensa ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang berolah raga sementara silau menjadi kendala seperti salju , air dan permukaan jalan raya.

 

Warna  – Warna terdiri dari 4 kategori , pertama menjadi lebih terang dan terakhir menjadi lebih gelap. Warna akan berpengaruh terhadal lensa anda mapununtuk memfilter sinar dan dibuat untuk lingkungan yang berbeda, oleh karena itu penting untuk memilih tingkat warna tergantung pada jenis olah raga yang dilakukan.

  • Warna kuning adalah baik untuk keadaan yang sedikit cahaya, seperti sore hari atau memancing diwaktu senja , dimana dapat meningkatkan kontras dan mengurangi silau dari permukaan air.
  • Warna orange meningkatkan akurasi kedalaman persepsi , sangat ideal untuk olahraga seperti memanah dan menembak.
  • Warna coklat yang terbagi menjadi 3 atau 4 kategori dapat memberikan ketajaman kontras dan filter sinar UV yang lebih banyak , optimal untuk olah raga yang membutuhkan ketinggian seperti bermain ski dan papan salju, olah raga air seperti berlayar atai ski air.
  • Warna abu-abu lebih netral dan tidak mempengaruhi warna sekitar, membuat lebih ideal bagi olah raga tim dan bola.

Essilor menyediakan lensa UV untuk olah raga dalam segala cuaca dan kondisi - temukan perlindungan terbaik untuk anda.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.