Anda di sini


SINAR BIRU DAN
KESEHATAN ANDA

Apakah anda jarang tidur?
 

SINAR BIRU DI
MALAM HARI

Ilmuan telah menemukan hubungan antara sinar yang dipancarkan dari komputer Anda atau tabulet , dan jumlah dan kualitas tidur Anda.

Mata manusia secara desain memang sangat sensitif terhadap sinar. Perasaan nya dan bereaksi terhadap sinar tanpa kita mengetahuinya, dengan cara pupil berdilatasi atau berkontraksi untuk mengatur sinar yang masuk. Bagaimanapun, semua sinar matahari yang memancar , manusia hanya dapat melihat satu bagian saja. hal ini dikenal dengan sinar tampak , dan spektrum ini memberikan kita warna pelangi.

Pada bagian ini , atau panjang gelombang , beragam bentuknya. Dari gelombang spektrum merah yang lebih besar dari warna biru , namun sinar biru memiliki frekuensi yang lebih tinggi. Paparan kita terhadap sinar biru telah meningkat lebih dari 50 tahun lalu disebabkan penggunaan komputer dan sinar buatan, dan bola lampu hemat energi ternyata berkontribusi terhadap timbulnya masalah.

Sinar biru yang berlebihan dapat menimbulkan masalah karena dapat mempengaruhi aktifitas kerja otak. Selama waktu terik, kita berharap merasakan aktif dan energik dan semua itu berkat siklus biologis, yang dipengaruhi oleh siang hari dan memberikan tAnda kepada kita kapan waktunya tidur dan bangun. Bagaimanapun, sinar biru yang berasal dari layar dan sinar buatan meniru siang hari dan memperdaya otak agar merasa masih siang hari, tidak sesuai waktu.

Ini menghambat produksi hormon melatonin, yang mengatur bangun dan siklus tidur. Perangkat seperti tablet, komputer, dan televisi dapat menjadi kontra-produktif jika digunakan dalam upaya untuk tertidur sebagai otak kiri yang merasa lebih terjaga.


Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, oleh University of Texas, menggunakan perangkat tersebut hanya beberapa jam sebelum tidur akan mengganggu tidur REM Anda (mimpi tidur), dan akan menurunkan perhatian Anda keesokan harinya.

Tidak hanya dapat tidur Anda akan terkena paparan larut malam untuk cahaya biru, tapi aspek lain dari kesehatan Anda mungkin berisiko juga. Peneliti Harvard ditempatkan sepuluh mata pelajaran pada rutin yang bergeser ritme sirkadian mereka secara bertahap dari waktu ke waktu.

Mereka menemukan ternyata kadar gula dalam darah meningkat , berisiko diabetes dan jumlah hormon leptin ( hormon yang merasakan kenyang setelah makan ) menurun, yang dapat menjadi indikator terhadap risiko obesitas. Kurang tidur dapat pula dihubungkan terhadap risiko depresi tingkat tinggi.

Cara terbaik untuk menghindari komplikasi ini adalah mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur. Membaca buku sebelum tidur dengan cahaya kuning atau putih , atau mungkin lilin , lebih baik dibandingkan sinar putih yang dapat pula membantu kesulitan tidur.

Penelitian pada Universitas Toronto menemukan bagi mereka yang menggunakan kacamata goggle yang memblok sinar biru dalam kondisi pencahayaan terang sama dengan tingkat melatonin pada orang yang terpapar sinar datang tanpa kacamata goggle, mengindikasikan bentuk lain perlindungan terhadap sinar biru.

Pelajarilah lebih banyak dampak sinar biru dan cara melindungi mata Anda dari kerusakan mata jangka panjang.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.