Anda di sini


TEKNOLOGI DAN
MATA ANDA

Kita menghabiskan banyak waktu mengunakan perangkat
digital , secara potensi membawa dampak berbahaya
terhadap mata kita. Berikut adalah beberapa tip yang
membantu melindungi mata anda.

PERANGKAT DIGITAL
DAN MATA TEGANG

Komputer, laptop, tabulet, HP dan permainan sering menjadi tuntutan dalam penglihatan kita.

Menggunakan perangkat digital membutuhkan mata untuk secara terus menerus bergerak pada letak yang berbeda, merubah fokus antara jarak yang paling dekat dan yang paling jauh dan perputaran maju dan mundur dari satu ke yang lain. Apakah yang berlebih, sinar yang terang dari layar memaparkan sinar biru violet ke mata anda, yang dapat merusak retina dan mengganggu pola tidur. Sebagai tambahan, memegang perangkat seperti ponsel menjadi tantangan tersensiri:

  • Lebih kecil, karakter yang berkurang membuat mata lebih keras untuk melihat
  • Layar sedikit buram di bawah sinar matahari
Time spent on digital devices can affect your eyes

Sindrom penglihatan komputer (CVS) - penggunaan perangkat digital yang sering dapat menyebabkan masalah pada mata dan penglihatan, dikenal dengan istilah sindrom penglihatan komputer. Gejalanya :

 

  • Mata tegang
  • Mata lelah
  • Penurunan fokus
  • Penglihatan buram
  • Penglihatan ganda
  • Sakit kepala
  • Lelah
  • Sakit bagian leher dan pundak

PENCEGAHAN
CSV

Berikut adalah 10 saran terbaik untuk melindungi mata anda terhadap CVS.
 

  • Istirahat: Istirahatkan lah mata anda untuk melembabkan . Gunakan aturan 20-20-20 , dengan 20 detik istirahat setiap 20 menit untuk melihat objek jauh dengan jarak 20 feet.
  •  

  • Berpikir lebih besar:tingkatkan ukuran baca ketika membaca di layar , dengan begitu perangkat tidak perlu terlalu dekat dengan mata anda , dan anda tidak perlu memicikkan mata.
  •  

  • Jaga kebersihan: layar yang bersih akan meningkatkan penglihatan . Bersihkan layar komputer anda setidaknya sekali dalam sehari.
  •  

  • Menyesuaikan layar: sesuaikan kecerahan , resolusi dan kontras untuk kejernihan dan kenyamanan yang lebih baik. Bila memungkinkan , hindari penggunaan perangkat di bawah sinar matahari.
  •  

  • Mengurangi silau: jauhkan monitor dari jendela - dan jangan pernah berhadapan dengan jendela ketika menggunakan komputer . Pertimbangankan menggunakan anti silau untuk layar komputer atau laptop, dan gunakan lensa anti pantul jika anda berkacamata.
  •  

  • Jaga kedipan mata: layar yang cerah membuat mata jarang untuk berkedip , sehingga menjadi kering. Berkedip melembabkan mata , mengurangi mata kering dan iritasi.
  •  

  • Tetesan: gunakan tetes mata untuk membantu anda menjaga kelembaban mata, khususnya jika menggunakan lensa kontak.
  •  

  • Makanan sehat: Omega 3 merupakan pelumas alami mata, dan dapat ditemukan pada minyak biji rami dan ikan. Anda dapat menggunkan sebagai asupan.
  •  

  • Lakukan Tes: pemeriksaan mata secara rutin sebaiknya dapat menemuka beberapa gejal CVS yang anda rasakan.
  •  

  • Dapatkan saran: jika anda menggunakan kaca mata , cek dengan optisi anda apakah lensa sudah sesuai dalam penggunaan komputer.

 

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.