Anda di sini


HIDUP YANG INDAH?

Kosmetik dapat membahayakan mata anda sewaktu-waktu

GARIS MATA YANG
TERLALU TEBAL

Studi pada garis mata yang dipimpin oleh Dr.Alison Ng dan rekannya baru-baru ini mengemukakan lewat berita internet , termasuk lingkup dari Reuters. Penggunaan kosmetik umumnya tidak terlalu 'merusak' berikut yang telah ditafsirkan dalam studi , namun ini dapat membawa resiko dari masalah penglihatan dan berpotensi mempengaruhi kesehatan mata tergantung pada model garis mata Anda.

Studi melihat pada aplikasi pada garis mata bagian dalam dan luar dari garis bulu mata , melihat 'perpindahan' partikel garis mata ke dalam mata. Pemakaian garis mata pada bagian interior/dalam kelopak yang lebih dikenal dengan gaya 'smokey' dan 'big eyes' , bagaimanapun, model tersebut dapat membawa resiko besar terinfeksi dan penglihatan menjadi buram. Studi menemukan bagaimana partikel garis mata pada kedua pemakaian berpindah melalui air mata (lapisan tipis pelindung mata). Di dalam bulu mata , garis mata berpindah dengan cepat dan lebih dari (15-30%) partikel berpindah kedalam lapisan film air mata ketika digunakan di luar garis bulu mata.

Jadi, mengapa hal ini begitu penting? Banyak orang menggunakan garis mata pada bulu mata dan tidak pernah ada masalah . Ya, hal ini penting karena setelah beberapa waktu menggunkan rias wajah akan berpindah kedalam lapisan air mata meningkat dan dalam beberapa jam , tidak terasa ada sesuatu yang terlinggal , secara alami terjadi pertahanan (seperti air mata) merupakan cara yang baik untuk menghilangkan benda asing. Bagaimana pun , Dr.Ng menggarisbawahi bahwa garis mata dapat mengubah lapisan air mata , dapat menyebabkan ketidaknyaman, khususnya untuk mereka yang menderita mata kering dan mata sensitif.

 

 

Lebih jauh , pemakai lensa kontak mungkin mendapatkan resiko yang besar mendapatkan benda asing yang tidak diinginkan seperti garis mata kadang terdapat lilin dan minyak yang dapat melekat pada lensa (biasanya didesain melekat pada kulit) , yang dapat menimbulkan dan menyebabkna mata merah dan iritasi. Hal ini juga mengakibatkan untuk timbul bakteri yang membahayakan dari garis mata, yang menyebabkan infeksi mata dan penglihatan buram sehingga lensa menjadi lebih keruh.

Penelitian begitu kecil, dan hal ini yidak mampu menyediakan kesimpulan yang pasti bahwa alis mata pada bagian interior dari bulu mata benar-benar membahayakan, atau menjelaskan dampak jangka panjang nya. Bagaimana pun juga, hal ini tidak menyoroti resiko yang mungkin dapat diasosiasikan, khususnya untuk pemakai lensa kontak, yang diaplikasikan garis mata pada bagian dalam dari bulu mata dan disarankan untuk berfikir kembali untuk terlihat 'mata besar', dan pilihannya aplikasikan pada bagian luar bulu mata.

Pada umumnya, anda tidak menginnginkan benda asing berada pada lapisan air mata anda, dan berdasarkan dimana anda mengaplikasikan garis mata nada, menjaga kesehatan penglihatan adalah penting. Kosmetik yang higenis dan 'aplikasi yang tidak disarankan' dapat membantu mengurangi resiko infeksi pada mata, gores dan ketidaknyamanan atau penglihatan buram. Berikut adalah tip perawatan kosmetik.
 


 

Tip perawatan kosmetik:

  1. Jagalah kebersihan kosmetik mata anda! Pastikan aplikator - pelentik bulu mata - kuas , dsb tetap bersih ( anda dapat menggunakan sabun , deterjen, atau shampo yang ringan) sebelum digunakan , bakteri yang membahayakan akan tumbuh , yang dapat menyebabkan infeksi mata.
  2. Jangan membagi atau menghapus kosmetik mata (meskipun dengan teman karib dan keluarga dekat) Boleh jadi terdapat bakteri dan kuman yang membahayakan anda. Anda pun mendapatkan resiko besar terkontaminasi menggunakan lensa kontak contoh yang ada di optik yang mana banyak orang menggunakannya - hindari mencoba lensa kontak sebisa mungkin!
  3. Jangan menggunkan riasan wajah ketika berada di kereta, bus , mobil atau yang lain ketika berjalan - Satu lonpatan - guncangan atau berhenti tiba-tiba dapat melukai mata anda , seperti goresan pada kornea. Meskipun gores hanya sedikit dapat menyebabkan infeksi yang serius.
  4. Jika riasan mata anda menyebabkan iritasi, hentikan penggunaan dan bersihkan segera , jika perlu kunjungi dokter.
  5. Cuci tangan! Tangan kita membawa bakteri yang dapat berpindah ke mata anda , yang mana dapat menyebabkan infeksi mata - kesalahan pada kehati-hatian dan aplikasikan rias mata dengan tangan yang bersih (khususnya garis mata).
  6. Jagalah kebersihan tempat lensa kontak dan jangan digunakan tempat yang sudah lama - pabrik maskara selalu merekomendasikan membuang setelah dua kali - 4 bulan setelah pembelian.
  7. Jangan menambahkan air (contoh: pada maskara kering) - Penambahan air dapat menimbulkan bakteri , dan dapat mencampurkan obat pengawet yang berarti dapat memlindungi terhadap mikroba yang tumbuh.
  8. Jaga dengan ektra jangan sampai mengucek mata ketika berias dan sebelum riasan mata dibersihkan - Dapat menyebabkan infeksi mata.
  9. Jangan menggunakan rias mata bagian atas yang tidak bertahan untuk area tersebut yang terdapat bahan-bahan yang tidak disarankan untuk mata anda.
  10. Coba untuk menghindari menyimpan kosmetik anda di penyinaran matahari langsung atau sumber panas. Sejuk , tempat kering adalah yang terbaik.
  11. Tajamkan pensil garis mata anda untuk menghilangkan benda-benda sisa dan memotong sedikit ujung sehingga lebih baik.
  12. Bersihkan rias wajah sebelum tidur di malam hari.
 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.