Anda di sini


BAGAIMANA ALKOHOL
MEMPENGARUHI MATA ANDA

MINUM ALKOHOL BISA MERUSAK
BANYAK BAGIAN DARI TUBUH ANDA

Tahukah Anda seberapa banyak
mata Anda berisiko?

Efek jangka pendek dari minum alkohol bisa membuat tubuh Anda tidak normal- setelah dua atau tiga unit alkohol penglihatan bisa menjadi buram dan terjadi distorsi, disebut juga menumpuk, dan koordinasi tubuh bisa menurun drastis.

Pengaruh jangka panjang dari alkohol pada tubuh bisa lebih dramatis, dengan konsumsi alkohol yang berlebihan secara rutin berhubungan dengan kerusakan beberapa organ vital seperti hati dan jantung. Oleh karena itu, minum alkohol bisa membahayakan fungsi mata Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Efek Jangka Pendek

Minum alkohol memperlambat komunikasi antara transmitter saraf pada otak, yang artinya informasi tidak bisa disampaikan ke otak dan tubuh dengan baik layaknya ketika begadang (kurang tidur). Ini bisa membuat koordinasi buruk pada otot mata, yang menyebabkan distorsi atau penglihatan ganda.

Alkohol juga menurunkan reaksi pupil, artinya pupil tidak bisa bereaksi mengecil atau membesar dengan tepat sesuai cahaya yang ada disekitarnya. Ini berpengaruh pada fungsi deteksi kontras antara warna dan bentuk, penting pada aktivitas seperti berkendara atau berolahraga. Sehubungan hasil studi dari Western University di Kanada, alkohol bisa juga mengurangi kemampuan mata dalam deteksi perbedaan antara terang dan gelap sebanyak 30%.

Pengaruh jangka pendek yang lain dari konsumsi alkohol termasuk sensitivitas terhadap cahaya yang menyebabkan migrain, mata merah karena pembuluh darah membengkak, dan gangguan pada kelopak mata yang diketahui sebagai Myokymia. Efek jangka pendek yang lain, seperti studi yang dilakukan oleh Hallym University College of Medicine telah ditunjukkan, mata kering dan gangguan pada permukaan mata.
 

Kerusakan jangka panjang

Pembahasan tentang minum alkohol secara substansial bisa mempengaruhi mata dan penglihatan Anda, pengaruh ini sering muncul sebentar dan kembali normal seiring level alkohol di aliran darah berkurang. Dengan demikian, kerusakan jangka panjang bisa menjadi lebih serius yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Penggunaan alkohol secara berlebihan dan terus menerus sehubungan dengan banyak study meningkatnya katarak dan Age-Related Macular Degeneration (AMD). Katarak adalah keruhnya lensa mata yang bisa menyebabkan penglihatan buram, dan AMD saat rusaknya retina akan kehilangan penglihatan di bagian central dari mata.

Dampak dari peminum alkohol pada hati secara umum sudah di ketahui, namun pengaruh buruk pada penglihatan mungkin belum diketahui dengan baik. Ketika hati mengalami kerusakan, tubuh sangat sulit menyerap vitamin, berpotensi menyebabkan kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B-1 bisa menyebabkan otot mata lemah atau paralysis, begitu juga kekurangan vitamin A menyebabkan rabun senja, corneal thinning atau punctures, mata kering dan kerusakan retina.

Saraf mata juga berisiko serius, apa yang disampaikan dari studi yang dilakukan oleh The British Journal of Opththalmology, dan termasuk keluhan hilangnya penglihatan akibat minum alkohol secara berlebihan. Kehilangan penglihatan secara keseluruhan dan permanen bisa juga disebut tobacco-alcohol amblyopia, atau toxic amblyopia.

Konsumsi alkohol secara berkelanjutan berhubungan dengan beberapa masalah mata, dari jangka pendek seperti penglihatan buram atau mata kering untuk kerusakan jangka panjang seperti katarak dan buta total. Jaga kesehatan mata Anda dengan tidak mengkonsumsi alkohol. dapatkan informasi lebih lanjut tentang kondisi mata yang berbeda.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.