5 reasons to schedule an eye exam now

News Title

5 Alasan untuk melakukan pemeriksaan mata sekarang

 

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata rutin setiap tahun untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi tahukah Anda, meski sudah melakukan pemeriksaan rutin, berbagai kondisi mata dapat tetap terjadi, yang membuat mata Anda memerlukan perhatian tambahan dari ahli perawatan mata.

Sangat penting bagi Anda untuk memerhatikan riwayat medis keluarga, perubahan pada penglihatan, dan masalah penglihatan lainnya, karena ketidaknyamanan ringan dapat menjadi indikator masalah yang lebih besar.

Ini adalah 5 Alasan Anda memerlukan pemeriksaan mata:

 

1. Penglihatan Anda berubah

Jika Anda harus memicingkan mata untuk membaca menu di tempat makan atau tulisan pada smartphone Anda, atau jika Anda sering mengalami penglihatan buram, saatnya menjadwalkan pemeriksaan mata. Sering kali, yang dibutuhkan hanyalah resep penglihatan yang diperbarui.

Sangatlah wajar jika ketajaman penglihatan seseorang (seberapa jelas mereka dapat melihat) berubah seiring bertambahnya usia. Faktanya, kebanyakan orang membutuhkan kacamata baca atau lensa progresif pada saat mereka menginjak usia 40 tahun untuk mengobati presbiopia, suatu kondisi yang membuat mata kita sulit untuk fokus pada objek yang dekat.

Selain membutuhkan kacamata baru, penglihatan buram juga dapat menjadi pertanda kondisi mata yang lebih rumit, seperti glaukoma dan katarak. Penting mengunjungi ahli mata Anda untuk menentukan penyebab perubahan penglihatan Anda dan mengatasinya dengan tepat.

 

2. Nyeri dan sakit

Jika Anda tidak mengalami kesulitan dalam penglihatan sakit kepala, ketegangan mata dan gangguan mata lainnya dapat mengindikasikan perubahan dalam penglihatan Anda atau masalah lain yang perlu ditangani.

Ketidaknyamanan seperti ketegangan mata dan mata kering dapat terjadi karena sensitivitas cahaya, faktor penuaan, atau pemakaian perangkat digital yang berlebihan. Kedua gejala tersebut biasanya mudah untuk ditangani. Dokter Anda mungkin merekomendasikan kacamata perlindungan sinar biru untuk ketegangan mata digital atau obat tetes mata khusus untuk mata kering.

Nyeri mata atau sakit mata yang berlebihan, adalah salah satu tanda penyakit glaukoma, dan harus ditangani secepat mungkin.

Terakhir, jika Anda mengalami sakit kepala, terutama di dekat mata, itu dapat berarti mata Anda terlalu lelah karena bekerja keras untuk fokus. Jika demikian, kacamata baru dapat membantu Anda. Sakit kepala juga dapat menjadi gejala kondisi mata yang lebih serius, jadi sebaiknya jadwalkan pemeriksaan mata untuk berjaga-jaga.

 

3. Sudah lebih dari 1 tahun

Sebagian besar ahli perawatan mata menyarankan pasien mereka untuk melakukan pemeriksaan mata setiap tahun. Tentu saja, hal ini bervariasi tergantung pada kesehatan mata dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa kondisi medis yang tidak secara langsung berhubungan dengan mata dapat berdampak pada penglihatan Anda, sehingga pemeriksaan mata tahunan menjadi lebih penting.

Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda menjalani pemeriksaan mata, sudah waktunya untuk menjadwalkannya pemeriksaan mata dokter mata Anda.

 

4. Anda memiliki keluarga yang mengalami penyakit mata

Kondisi mata tertentu adalah turun-temurun. Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda serta tanda dan gejala kondisi mata yang diturunkan, seperti glaukoma dan degenerasi makula..

Ini sangat penting ketika Anda mencapai usia tertentu, karena banyak kondisi mata dan penyakit baru muncul di usia tua. Jika Anda memliki kondisi mata keturunan, dokter mata Anda dapat memandu Anda menuju tindakan pencegahan dan perawatan, bahkan jika Anda tidak mengalami gejala apa pun.

 

5. Anda memiliki keluhan

Ada banyak faktor atau jenis ketidaknyamanan lain yang memerlukan pemeriksaan mata. Terlepas dari itu, jika Anda mengalami perubahan yang memengaruhi penglihatan atau rutinitas perawatan mata Anda, Anda harus memeriksakan diri ke ahli perawatan mata Anda sesegera mungkin.

INGIN MELAKUKAN PEMERIKSAAN MATA? Cari optik Terdekat Sekarang!.

 

LIHAT TERKAIT: