Tips to keep your glasses from fogging

News Title

7 Tips & Cara agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Masker

 

Lensa yang berembun menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang yang menggunakan kacamata saat sedang memakai masker.

Meskipun terkesan hal kecil, hal ini bisa berbahaya bagi orang yang bergantung pada penglihatan untuk melakukan tugas mereka, baik di rumah atau di tempat kerja. Tetapi jangan takut, hal ini dapat dihindari dengan mudah!

Ini adalah beberapa tips dan cara praktis yang bisa Anda terapkan agar kacamata Anda tidak berembun saat memakai masker!

 

Optifog, Solusi Praktis untuk Kacamata Bebas Embun

 

 

 

Kenapa Kacamata dapat Berembun saat Pakai Masker?

Mengatasi kacamata berembun

 

Bagi Anda yang menggunakan kacamata pastinya sadar lensa yang berembun sangat mengganggu saat melakukan hal yang sederhana, seperti meminum kopi, berolahraga ataupun ketika berpindah dari ruangan dingin ke ruangan yang panas.

Lalu, apa penyebab di balik fenomena ini? Jawaban sederhananya, kondensasi terjadi pada lensa kacamata pada saat udara panas bertemu permukaan dingin lensa dan berubah menjadi tetesan kecil air, membentuk lapisan tipis yang Anda lihat sebagai embun.

Hal yang sama terjadi pada saat menggunakan masker. Nafas Anda keluar melalui bagian atas masker, mendarat di permukaan lensa Anda dan menyebabkan embun. Selain mengganggu, kacamata berembun sangatlah berbahaya terutama bagi mereka yang mengoperasikan mesin berat dan yang bekerja di pekerjaan yang membutuhkan penglihatan yang jelas setiap saat, seperti dokter atau suster dalam situasi darurat.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lensa bebas embun?

 
 

 

7 Cara agar Kacamata Tidak Berembun saat Pakai Masker

 

Lensa berembun

 

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghindari efek embun pada saat Anda olahraga, bekerja, atau menggunakan masker.

1. PASTIKAN MASKER ANDA TERPASANG DENGAN TEPAT

Cara terbaik untuk menjaga agar kacamata Anda tidak berembun adalah dengan membatasi udara hangat yang dapat mendarat di permukaan lensa dengan memastikan masker wajah terpasang dengan tepat di sepanjang tepi yang menutupi hidung.

Untuk melakukannya, Anda dapat membeli masker yang memiliki lekukan untuk hidung atau yang dapat dibentuk sesuai dengan wajah Anda.

2. BERSIHKAN KACAMATA ANDA DENGAN SABUN DAN AIR

Trik anti embun ini sering digunakan oleh dokter di ruang gawat darurat.

Hal ini dapat dilakukan dengan mencuci kacamata Anda dengan air sabun, bilas dengan bersih dan kemudian membiarkan lensa mengering dengan sendirinya. Mengapa hal ini efektif? Campuran sabun dan air meninggalkan lapisan yang berfungsi seperti anti kabut.

Jika Anda memiliki lapisan khusus pada lensa Anda, pastikan untuk terbelih dahulu memeriksa dengan ahli kacamata Anda sebelum mencoba trik ini, sehingga kacamata tidak rusak.

3. GUNAKAN PLESTER PADA MASKER (PLESTER OLAHRAGA ATAU MEDIS)

Cara lain yang biasa digunakan oleh dokter adalah dengan menempelkan masker Anda di pangkal hidung dan di pipi Anda dengan plester olahraga atau medis. Cara ini dapat menciptakan segel yang lebih baik dan mencegah udara hangat mencapai permukaan lensa Anda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan Anda menguji plester terlebih dahulu agar tidak terjadi iritasi. Anda juga bisa menggunakan plester khusus untuk kulit sensitif.

4. GUNAKAN KACAMATA UNTUK MENUTUP BAGIAN ATAS MASKER ANDA

Jika tidak ingin menggunakan plester, Anda dapat mencoba mendorong kacamata Anda ke depan hidung dan menggunakannya untuk menutup dan membentuk masker ke wajah Anda. Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan kacamata Anda pada bagian atas bahan yang menutupi hidung Anda.

Coba gerakkan kepala Anda untuk memastikan kacamata tidak terlepas. Trik sederhana ini akan mencegah udara keluar melalui bagian atas masker yang dapat menyebabkan embun pada lensa.

5. GUNAKAN TISU DI ANTARA MULUT DAN MASKER

Anda juga dapat mencoba melipat tisu dan meletakkannya di antara bagian atas masker dan wajah Anda sehingga tisu dapat menyerap kelembaban dari nafas Anda.

Jika Anda memilih metode ini, pastikan Anda sering mengganti masker, karena masker dapat lebih cepat basah atau kotor.

6. BERNAFAS KE ARAH BAWAH

Bernafas ke arah bawah menjadi solusi yang sangat mudah untuk Anda terapkan dalam menghindari kacamata dari embun.

Untuk melakukan ini Anda hanya perlu menerapkan gaya meniup menggunakan mulut ke arah bawah saat sedang membuang nafas.

7. MENGGUNAKAN LENSA KACAMATA ANTI EMBUN

Jika Anda membutuhkan solusi yang dapat diterapkan untuk jangka panjang, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan lensa kacamata anti embun yang didesain khusus untuk menghalau embun menempel di kacamata.

 

OPTIFOG: LENSA KACAMATA ANTI EMBUN UNTUK PENGLIHATAN YANG LEBIH JELAS

Bebas embun

Lensa Optifog dari Essilor dilengkapi dengan lapisan anti embun dan kain pembersih lensa yang memiliki molekul anti embun. Penggunaannya juga sangat mudah: Anda hanya perlu mengusap kacamata Anda seperti biasa dengan Optifog Smart Textile untuk mengaktifkan fitur anti-embun pada lensa.

Dengan melakukan hal ini, tetesan air yang menyebabkan embun akan menyebar secara seragam ke seluruh permukaan lensa. Selain melawan embun, lensa ini juga memberikan perlindungan terhadap pantulan, goresan, dan sinar UV, sehingga memberikan penglihatan terbaik setiap saat.

Teknologi pada lensa Optifog membuat lensa dapat digunakan dalam situasi apa pun, bahkan dalam kondisi ekstrem. Sebagian besar lensa premium bebas embun di pasaran membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menghilangkan embun pada saat suhu udara di antara 0°C dan 23 C, dan lebih dari 1 menit saat dikenakan suhu 52 ° C selama 15 detik;

Teknologi Essilor Optifog hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk menghilangkan embun di kedua kondisi tersebut sehingga menawarkan Anda gaya hidup yang lebih dinamis dan bebas kekhawatiran ketika menggunakan masker.

 

ARTIKEL TERKAIT :

 

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Bagi Anda yang kerap memiliki kacamata berembun, jangan panik! Cek produk di bawah ini untuk penglihatan bebas embun.

Lensa Optifog UV dirancang untuk penglihatan bebas embun