Vision changes that come with age

News Title

Perubahan pada penglihatan yang datang dengan bertambahnya usia

 

Sangatlah wajar jika kondisi mata atau penyakit datang dengan bertambahnya usia. Meskipun beberapa kondisi mata lebih serius daripada yang lain, setiap gangguan harus ditanggapi dengan serius dan efisien dengan dokter mata dan pasien yang bertanggung jawab.

Banyak masalah mata terjadi pada orang yang lebih tua, meskipun ada beberapa yang dapat memengaruhi orang pada semua usia. Jika anda mengalami salah satu masalah berikut, segera lakukan pemeriksaan mata di dokter mata atau optik terdekat.

 

Kondisi mata yang umum

Rabun Dekat karena usia(Presbyopia)

Melihat hal yang berjarak dekat akan menjadi tantangan dengan bertambahnya usia, terutama pada usia 40 keatas, ketika rabun dekat karena usia (presbiopia) mulai terjadi. Kondisi ini membuat Anda mengalami kesulitan untuk membaca menu makanan, smartphone dan buku. Tetapi jangan takut, masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan kacamata..

Banyak orang juga memiliki kesulitan untuk melihat benda dengan jarak yang jauh memilih untuk menggunakan lensa bifokal atau lensa progresif untuk memperbaiki rabun jauh dan presbiopia mereka. Alternatif lain adalah untuk melakukan operasi seperti LASIK, meskipun pilihan pengobatan mungkin berbeda dari satu pasien ke pasien lainnya.

Temukan Varilux, Brand lensa Progresif #1 yang direkomendasikan oleh Ahli Mata.

Katarak

Menurut World Health Organisation (WHO), katarak adalah penyebab utama kebutaan di seluruh dunia yang mempengaruhi hampir 51% dari populasi. Katarak sangatlah umum terjadi pada orang tua dan banyak yang mendapatkannya secara alami seiring dengan bertambahnya usia.

Satu satunya cara untuk menangani katarak adalah dengan operasi yang akan memberikan pasien penglihatan penuh setelah selesai.

Jika Anda mencurigai bahwa Anda menderita katarak, hubungi dokter di dekat Anda secepat mungkin. Menangani katarak setelah terdeteksi sangatlah penting sebelum berkembang lebih jauh.

Mata Kering

Mata kita menghasilkan air mata dari waktu ke waktu. Mata kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti perih. Hal ini biasanya dapat diobati dengan obat tetes mata. Jika obat tetes mata tidak cukup, lakukan konsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang lain, seperti obat tetes mata khusus atau obat untuk mata kering.

 

Penyakit mata serius terkait usia

Degenerasi makula terkait usia

Penyebab utama hilangnya penglihatan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun adalah degenerasi makula. Penyakit ini jarang menyebabkan kebutaan penuh - tetapi penyakit ini mempengaruhi penglihatan sentral yang diperlukan untuk aktivitas seperti membaca, mengemudi, dan bahkan memasak.

Risiko degenerasi makula terkait usia lebih tinggi untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun, serta mereka yang memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarga.

Glaukoma

Setelah katarak, glaukoma adalah penyebab utama kebutaan kedua di dunia. Glaukoma sering menyerang orang dewasa di atas usia 40 dan resiko glaukoma juga meningkat seiring bertambahnya usia.

Glaukoma dapat menyebabkan kebutaan yang tidak dapat disembuhkan dan karena penyakit ini belum dapat disembuhkan, deteksi dan pengobatan dini sangat penting.

Retinopati diabetik

Retinopati diabetic adalah komplikasi diabetes yang mempengaruhi mata. Diperkirakan 422 juta orang di seluruh dunia mengidap diabetes, membuat mereka memiliki resiko terkena penyakit mata ini. Seperti banyak kondisi mata lainnya, risiko berkembangnya retinopati diabetik meningkat seiring bertambahnya usia; dalam kasus ini, risiko meningkat semakin lama seseorang didiagnosis menderita diabetes.

 

Bagaimana usia menyebabkan perubahan struktur mata

Detasemen vitreous

Bagian normal lain dari proses penuaan adalah timbulnya spots dan floaters yang disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut pelepasan vitreous. Vitreous di dalam mata, yang merupakan zat seperti gel, dapat mencair seiring waktu dan menjauh dari retina, yang terkadang menyebabkan kilatan cahaya melewati mata.

Kondisi ini umum dan biasanya ringan. Namun, spots dan floaters juga bisa menjadi tanda lepasnya retina dan harus segera ditangani. Jika Anda mulai mengalaminya, segera lakukan pemeriksaan mata dengan dokter mata untuk menemukan penyebabnya.

Perubahan penglihatan peripheral

Jarak pandang seseorang berkurang seiring bertambahnya usia, menyebabkan hilangnya penglihatan peripheral. Faktor lain dalam kehilangan penglihatan peripheral adalah glaukoma dan katarak.

Berkurangnya ukuran pupil

Otot mata berubah dengan bertambahnya usia - terutama otot yang mengontrol ukuran pupil serta respons terhadap cahaya yang terang. Perubahan ini dapat memengaruhi ukuran pupil (membuatnya lebih kecil) dan reaksinya terhadap cahaya.

Karena proses penuaan ini, orang lanjut usia perlu menggunakan pencahayaan yang lebih terang untuk membaca atau melihat dengan nyaman di sekitar rumah.

 

Mengobati kondisi mata terkait usia

Ada banyak perubahan dalam penglihatan yang muncul dengan bertambahnya usia, tetapi jika ditangani dan ditangani tepat waktu, perubahan tersebut dapat dengan mudah dilawan.

Pemeriksaan mata rutin sangatlah penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum perubahan ini terjadi. Dokter mata dapat memberikan petunjuk, lensa resep atau obat-obatan untuk membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan, yang sangat penting di kemudian hari.

INGIN MEMERIKSA MATA ANDA? Cari optik terdekat sekarang!.

 

LIHAT TERKAIT: