7 reasons you need more than one pair of glasses

News Title

7 Alasan mengapa anda membutuhkan lebih dari 1 buah kacamata.

 

Anda telah memiliki 1 buah kacamata, tetapi mengapa anda membutuhkan lebih dari itu?

Berikut Ini adalah beberapa contoh:

  • Menggunakan frame yang berbeda dapat merubah penampilan anda, seperti pada saat " bekerja" hingga pada saat "bersenang senang".
  • Lapisan lensa dapat melindungi mata anda dari Matahari dan sinar biru dari perangkat digital anda.
  • Lensa Progresif atau kacamata baca dapat memudahkan anda untuk membaca buku dan handphone.
  • Kecelakaan dapat terjadi. Apa yang akan terjadi jika kacamata anda rusak dan anda tidak memiliki kacamata cadangan?

Masih belum yakin? Berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda membutuhkan lebih dari satu buah kacamata:

 

1. Untuk melindungi anda dari Sinar Biru

Seseorang di depan komputer menggunakan kacamata
 

Sebelum tahun 1990, kita dapat dengan mudah menghitung jumlah waktu yang kita habiskan di depan layar digital setiap minggunya. Sekarang, lebih mudah untuk menghitung jumlah waktu yang kita habiskan di luar layar digital.

Mata Kita terpapar dari sinar biru mulai dari bangun tidur, hal ini membuat mata lebih cepat lelah dan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

Kacamata yang anda miliki sekarang mungkin dapat membantu anda dalam melihat, tetapi jika lensa anda tidak memfilter atau memblokir sinar biru,mata anda tetap akan terasa lelah. Dan, jika anda sering menggunakan perangkat digital sebelum anda tidur, sinar biru dari perangkat tersebut dapat menggangu pola tidur anda.

Penting bagi anda untuk memiliki 1 pasng lensa dengan perlindungan sinar biru untuk mengurangi ketegangan pada mata dan juga untuk membantu anda tidur lebih nyenyak.

 

2. Untuk melindungi Sinar UV

Sinar UV dari matahari tidak hanya dapat merusak kulit -- tapi juga dapat merusak retina dan cornea anda, menyebabkan katarak, photokeratitis, degenerasi makular dan dalam beberapa kasus berat seperti, retinopaty (kerusakan jaringan retina ).

Selain perasaan sakit, retinopati dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan, kesulitan dalam melihat warna, distorsi penglihatan, photophobia dan sakit kepala.

Kacamata hitam dapat digunakan jika anda menggunakan lensa kontak (selama memiliki label perlindungan UV Maksimal UV 400), tapi apa yang terjadi jika anda dalah pengguna kacamata berukuran?

Kacamata hitam beresep adalah cara yang bagus untuk melihat dunia dengan jelas dan melindungi mata anda dari paparan sinar UV. Jika anda sedang mengemudi pada saat matahari terbenam, ganti kacamata hitam anda dengan kacamata berukuran.

Jika anda tidak ingin mengganti kacamata anda ketika sedang mengemudi, anda dapat menggunakan lensa photocromic. Lensa photochromic (terkadang disebut lensa transisi) memiliki fungsi yang sama seperti 3 lensa yang berbeda -- kacamata beresep, kacamata hitam dengan perlindungan UV dan kacamata perlindungan sinar biru.

 

3. Untuk Fesyen / model

Seseorang yang menggunakan kacamata modis
 

Bingkai kacamata yang anda gunakan tidak hanya untuk membantu anda melihat, tapi juga untuk bergaya.

Kacamata Anda memiliki bingkai — yang keren dan serbaguna - motif tortoiseshell untuk menyesuaikan apa pun yang Anda kenakan, bingkai persegi panjang dan plastik sebagai cadangan untuk melengkapi gaya anda.

Motif feminim dan lucu seperti Cat-eyes, Browline dan Clear juga dapat melengkapi gaya anda.

Jika anda ingin membeli 2 buah kacamata, lebih baik jika anda memilih 1 buah dengan gaya yang Professional untuk bekerja dan 1 buah yang memiliki motif keren dan modis untuk bergaya.

 

4. Untuk melindungi anda

Ketika anda mendengar kata kacamata pengaman, anda pasti akan memiliki pemikiran bahwa kacamata tersebut digunakan pada saat sedang bekerja dengan alat berat. Meskipun kacamata pengaman dapat digunakan untuk melindungi mata anda dari barang barang kecil ketika sedang beraktifitas, kacamata ini juga dapat digunakan untuk hal lainnya.

Untuk perlindungan maksimal, gunakan 1 buah kacamata untuk aktifitas sehari hari dan 1 buah kacamata pengaman untuk aktifitas lain seperti membersihkan taman atau memotong rumput.

 

5. Untuk membaca

Seseorang yang sedang membaca koran dengan kacamata
 

Mungkin anda memiliki penglihatan yang sempurna tapi anda mulai memiliki kesulitan dalam melihat sesuatu dengan jarak yang dekat. Jika anda sudah berumur 40 tahun keatas, sangat wajar jika anda memiliki kesulitan tersebut.

Presbyopia (rabun dekat yang disebabkan oleh umur) dapat membuat anda memiliki kesulitan dalam melihat benda pada jarak yang dekat. (membaca novel atau membaca resep yang diberikan dokter pada obat anda).

Jika anda tidak pernah memiliki gangguan penglihatan sebelumnya, kacamata baca adalah kacamata yang tepat untuk anda melihat lebih jelas ketika sedang membaca pesan pada handphone atau membaca resep kue ulang tahun untuk anak anda.

Jika anda sudah pernah menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk rabun dekat dan anda masih memiliki kesulitan dalam melihat objek pada jarak yang dekat, konsultasilah kepada dokter mata anda. Anda mungkin membutuhkan lensa progresif.

Lensa progresif dapat membantu anda dalam melihat benda pada jarak dekat (handphone), jauh (saat mengemudi) dan menengah.

 

6. Jika lensa kontak tidak dapat membantu

Mungkin Anda menganggap bahwa kacamata adalah cadangan untuk lensa kontak. Mungkin Anda tidak suka menggunakan kacamata, atau Anda sudah memakai lensa kontak terlalu lama.

Dalam keadaan darurat, memiliki sepasang kacamata cadangan (atau lebih dari satu pasang) dapat membantu anda.

Misalnya, bekerja di depan laptop dapat membuat lensa kontak Anda mengering, dan lensa kontak yang kering dapat robek ketika Anda berkedip, melukai kornea, atau lensa kontak anda dapat jatuh dan hilang.

Memiliki kacamata cadangan di tas Anda, serta di rumah, adalah alternatif yang bagus untuk sesekali mengistirahatkan mata anda dari lensa kontak.

 

7. Untuk beraktifitas

Seseorang berolahraga diluar ruangan
 

Jika Anda senang menghabiskan akhir pekan dengan memancing di danau atau mendaki gunung, Anda akan membutuhkan kacamata yang sesui dengan gaya hidup aktif Anda.

Sebagai Contoh:

Ketika sedang memancing, kacamata Polarize dapat membantu mengurangi silau matahari dari permukaan air.

Ketika mendaki gunung, Anda menginginkan daya tahan - bukan bingkai dan lensa yang mudah tergores dan mudah patah.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu bermain game atau bersaing di liga e-sports, kacamata perlindungan sinar biru dapat membantu Anda untuk melihat lebih jelas.

Apa pun olahraga atau hobi favorit Anda, pasti ada kacamata dengan lensa, lapisan dan warna yang dapat membantu Anda meningkatkan performa Anda.

Ketika ingin beraktifitas, pastikan Anda memiliki kacamata yang tepat.

 

Intinya: Memiliki 1 buah kacamata mungkin bukan - solusi terbaik untuk semua kebutuhan penglihatan Anda. Kacamata berukuran, kacamata komputer, kacamata cahaya biru, lensa photochromic, kacamata kerja dan aktivitas malam hari - konsultasikan kepada dokter mata atau ahli kacamata anda dalam membantu Anda memilih kacamata yang tepat untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda.

 

ARTIKEL TERKAIT: