Anda di sini


Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang vital. Tanpa indra penglihatan yang baik, kualitas hidup dipastikan menurun. Selain itu, aktivitas akan terganggu. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata sangat penting.

Saat ini, gaya hidup manusia modern telah berubah. Aktivitas di luar ruangan makin sedikit dilakukan. Bersamaan dengan itu, muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Tidak ada salahnya melakukan kegiatan tersebut. Namun, jika berlebihan, kesehatan mata rawan terganggu. Ingat, layar gawai memancarkan sinar biru yang mengancam mata. Selain itu, berada di dalam ruangan sering membuat mata harus bekerja ekstra karena hanya menerima cahaya dalam intensitas rendah.

Bukan hal aneh lagi kalau gangguan kesehatan mata cenderung meningkat. Prevent Blindness America mencatat terdapat kenaikan penderita gangguan penglihatan hingga 89 persen dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar penderitanya ialah mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

Tentu saja Anda tidak mau mengalami gangguan penglihatan seperti itu. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Langkah-langkah tersebut mudah diterapkan ke siapa saja.

 

1. Periksakan Kesehatan Mata Secara Teratur

Untuk menjaga kesehatan mata, pemeriksaan secara teratur akan sangat membantu. Tidak perlu menunggu ada keluhan atau gangguan terlebih dulu kalau ingin datang memeriksakan mata ke dokter.

Bahkan, seharusnya mata wajib selalu diperiksa sejak bayi. Delapan hari setelah lahir, kesehatan mata bayi sudah harus dicek. Selanjutnya pemeriksaan dapat dilakukan pada umur empat bulan, delapan bulan, serta 24 bulan.

Setelah itu, mata hendaknya terus diperiksa secara berkala setiap 12 bulan hingga 18 bulan. Bahkan, ketika sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, pemeriksaan tertentu seperti presbyopia wajib dilakukan.

 

2. Lakukan Kebiasaan yang Bagus Untuk Mata

Supaya mata terus sehat, Anda disarankan untuk melakukan sejumlah kebiasaan yang bagus untuk penglihatan. Hal-hal tersebut tidak rumit, bahkan praktis untuk dilakukan.

Sebagai contoh adalah biasakan mengenakan pelindung mata ketika di luar ruangan. Memakai topi atau mengenakan kacamata hitam bisa menjadi opsi.

Bisa pula dengan membiasakan diri membatasi pemakaian gadget secara terus-menerus dalam jangka panjang. Usahakan setiap 20 menit, pandangan dialihkan ke objek lain.

Selain itu, penting juga mengonsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Carilah santapan yang mengandung omega 3, lutin, zinc, vitamin C, dan vitamin E seperti sayuran berwarna hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang-kacangan, serta jeruk.

 

3.  Gunakan Alat Bantu Penglihatan Jika Diperlukan

Gangguan penglihatan bisa dialami siapa saja, tanpa pandang bulu. Kalau sudah merasa, mata terganggu, tidak ada salahnya menggunakan alat bantu seperti kacamata.

Hal ini sangat penting. Sebab, gangguan mata bisa menjadi parah kalau tidak diatasi dengan alat bantu seperti lensa dengan resep.

Untuk bisa mendapatkannya, datanglah ke dokter mata. Mereka yang bisa meresepkan lensa yang diperlukan. Lalu lakukan pemeriksaan secara rutin. Pasalnya, seringkali gangguan mata akan berubah-ubah.

 

Inilah sejumlah cara menjaga kesehatan mata yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Mempraktikkannya bakal membuat penglihatan berfungsi maksimal.