Anda di sini


Aktivitas di dunia modern tidak hanya dibatasi di dalam ruangan belaka. Seringkali kegiatan di luar ruangan harus dilakukan. Kalau seperti itu, kacamata perlu dikenakan sebagai perlindungan mata.

Beragam kegiatan terkadang memang harus dijalani di luar ruangan, entah itu tuntutan pekerjaan ataupun hal lain. Ketika melakukannya, banyak yang tidak sadar bahwa sebenarnya risiko gangguan mata mengintai.

Berada di luar ruangan membuat mata riskan dimasuki berbagai benda asing. Pasalnya, partikel-partikel kecil mulai dari debu hingga kotoran halus bertebaran di udara. Belum lagi kalau ada percikan zat kimia yang mungkin ada. Risiko untuk mengalami gangguan mata bakal semakin besar.

Jangan sepelekan dampak partikel kecil seperti debu terhadap mata. Kalau sampai masuk ke mata dan merusak kornea atau lensa mata, dampak buruk bagi penglihatan bisa serius.

Ketika ada benda asing masuk ke mata, biasanya iritasi akan muncul. Ini dapat berlanjut ke gangguan terhadap kornea. Sebab, iritiasi bakal memicu rangsangan untuk mengucek-ngucek mata.

Tidak ada salahnya mengucek mata, namun kalau berlebihan bisa berbahaya. Kornea mata bisa rusak. Penyebabnya adalah infeksi yang ditimbulkan karena gerakan mengucek yang melukai kornea.

Selain risiko mata kemasukan benda asing, berada di luar ruangan juga memperbesar peluang terkena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Bukan rahasia lagi, sinar matahari menghasilkan sinar UV A maupun sinar UV B. Keduanya memiliki dampak buruk bagi penglihatan.

Sinar UV A diketahui bisa merusak makula, sebuah bagian di retina yang ada di bagian belakang mata. Sedangkan sinar UV B yang diserap oleh bagian depan mata dapat mengganggu kornea dan lensa.

Kornea mata bisa terbakar paparan radiasi sinar UV. Kalau terjadi cedera itu, jaringan di sekitar mata mungkin membengkak, memerah, atau bahkan terasa sakit. Jika tidak ditangani dengan tepat, salah-salah kerusakan kornea bisa terjadi.

Perlu diketahui, cedera serius di kornea bisa menyebabkan mata menjadi keruh dan penglihatan terganggu. Padahal, kerusakan kornea memerlukan donor yang tidak mudah ditemukan.

Oleh sebab itu, lebih baik untuk bersiap mengantisipasi risiko terhadap mata ketika sedang berada di luar ruangan. Disarankan untuk selalu mengenakan kacamata sebagai sarana perlindungan mata.

Namun, jangan asal memilih lensa kacamata. Pilihlah yang mampu memberikan perlindungan maksimal sekaligus nyaman untuk mata.

Beragam jenis lensa Crizal dari Essilor bisa menjadi pilihan. Lensa Crizal membuat mata mendapat perlindungan dari sinar UV A maupun UV B. Selain itu, lensanya yang antisilau memastikan penglihatan selalu terasa nyaman kapan pun.

Dengan lensa yang bening, bersih, dan jernih, mata akan terlihat jelas dari luar. Hal tersebut masih ditambah beragam fitur seperti antigores, antidebu, antinoda, hingga antiair yang dimiliki.

Anda tinggal memilih dari lima varian Crizal, yakni Crizal Alize UV, Crizal Forte UV, Crizal Prevencia, Crizal Transitions, atau Crizal Drive. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.