Anda di sini


Sebagai negara yang terletak di kawasan tropis, Indonesia disinari matahari sepanjang tahun. Karena tinggal di daerah seperti ini, Anda perlu memakai kacamata untuk melindungi mata.

Kacamata perlu dikenakan karena beragam alasan. Salah satunya adalah sebagai sarana perlindungan mata dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan matahari.

Biasanya, sinar UV cenderung semakin kuat di daerah yang dekat dengan jalur khatulistiwa seperti negeri kita. Padahal, sinar UV tidak tergantung dari seberapa terik sengatan matahari. Ketika cuaca sedang mendung pun sinar UV masih terpancar. Bagaimana halnya dengan kondisi cerah dengan sinar surya memancar yang ditemui di Indonesia?

Sinar UV terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Sinar UV A, UV B, dan UV C. Untuk sinar UV C berkat lapisan atmosfer tidak mencapai ke bumi. Akan tetapi Sinar UV A dan UV B mencapai permukaan bumi, menyentuh berbagai permukaan. Pada manusia tentunya menyentuh kulit, oleh sebab itu kita perlu pelembab (lotion) untuk mengurangi efek negatifnya. Ternyata, sinar UV A dan UV B mampu mencapai permukaan mata bagian depan dan bagian belakang. Keduanya menyimpan bahaya bagi kesehatan mata.

Dimulai dari sinar UV A. Jenis sinar UV ini bisa mengganggu pusat penglihatan. Sinar UV A mampu merusak makula, sebuah bagian di retina yang ada di bagian belakang mata.

Sementara itu, sinar UV B tidak kalah berbahaya. Biasanya sinar ini diserap oleh bagian depan mata seperti kornea dan lensa. Selain itu, sinar UV B lebih merusak dibandingkan sinar UV A.

Terdapat sejumlah gangguan kesehatan mata yang dipicu oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Mereka yang mengalaminya rawan terkena macular degeneration, katarak, pterygium, ataupun photokeratitis.

Untuk meminimalkan risiko bahaya sinar UV, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan. Anda bisa mengurangi aktivitas di luar ruangan pada saat matahari tengah memancarkan radiasi sinar UV tertinggi. Hal tersebut terjadi antara pukul 10 hingga pukul 14.

Selain itu, usahakan mata selalu terlindungi. Tidak ada salahnya mengenakan topi atau berupaya berada di tempat terlindung ketika matahari tengah bersinar terik.

Di antara kedua solusi tersebut, memakai kacamata menjadi yang lebih tepat. Anda tinggal mengenakannya sehingga mata akan selalu terlindungi dari bahaya sinar UV.

Untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kacamata, pilihlah lensa yang mampu memberi perlindungan dari sinar UV. Lensa Crizal Forte UV bisa menjadi pilihan terbaik. Produk berkualitas dari Essilor ini memberi jaminan perlindungan dari rasa silau dan sinar UV.

Memakainya memastikan mata Anda terlindungi dari sinar UV A maupun sinar UV B yang berbahaya. 

Semua itu masih dilengkapi dengan fitur antigores dan antinoda. Dengan kelebihannya tersebut, lensa Crizal Forte​ UV sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.