Anda di sini


Trik Mengurangi

Mata Lelah

Setelah Bekerja

Tuntutan pekerjaan yang besar seringkali memaksa untuk selalu berada di depan layar komputer sepanjang hari. Setelah itu, tidak jarang gangguan mata seperti kelelahan mata atau mata kering dan merah bakal dialami. Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya

Kesibukan yang amat tinggi kerap menjadikan orang terpaku di depan komputer terus-menerus. Tenggat waktu yang ketat atau jumlah pekerjaan yang menumpuk membuat orang mau tak mau melakukannya.

Setelah itu, beragam keluhan seperti mata lelah sering dialami. Namun, itu sudah menjadi hal umum. Banyak orang yang juga merasakannya.

Hal tersebut terkuak dari riset IPSOS 2015. Penelitian yang dilakukan terhadap empat ribu responden berumur 18 tahun hingga 65 tahun di Brasil, Prancis, Amerika Serikat, dan Tiongkok ini menemukan bahwa beragam keluhan muncul akibat terlalu lama di depan komputer.

Lihat saja, 74 persen responden merasakan ketegangan mata. Selain itu, 50 persen mengeluhkan mata gatal dan 46 persen merasa mata kering. Bahkan, ada 46 persen yang mengaku penglihatannya kabur.

Penyebab beragam gangguan mata tersebut tidak lain ada kebiasaan terlalu lama berada di depan layar komputer atau gadget. Perlu diketahui, layar gawai ternyata memancarkan sinar biru. Kalau terlalu berlebihan menerpa mata, blue light akan merugikan kesehatan mata. Beragam keluhan yang dipaparkan sebelumnya bisa berawal dari hal tersebut.

Selain itu, tanpa disadari terlalu lama di depan layar komputer juga bisa mengurangi kebiasaan berkedip. Hal tersebut terkesan sepele, tapi ternyata dapat berdampak buruk terhadap mata.

Dalam kondisi normal, mata berkedip hingga 15 kali dalam semenit. Namun, ketika berada di depan layar komputer, seringkali intensitas kedipan mata hanya dilakukan separuhnya. Hal itu dikarenakan mata yang dituntut untuk berkonsentrasi memandang. Terlebih lagi ketika tengah bekerja yang membutuhkan ketelitian tinggi.

Namun, tuntutan pekerjaan pada akhirnya tidak bisa menghindarkan mata dari layar komputer. Jangan takut, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya.

Pertama, cobalah untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer ke objek lain setiap 20 menit sekali. Selain itu, usahakanlah untuk mengistirahatkan mata dari layar selama 15 menit sesudah dua jam bekerja.

Tidak ada salahnya pula untuk mengatur posisi dan jarak komputer dari mata. Posisikan layar sejauh 63,5 cm dari mata. Atur pula posisi layar supaya berada 10 hingga 15 derajat di bawah pandangan mata.

Selain itu, aturlah cahaya ketika bekerja. Usahakan cahayanya mencukupi dan cukup terang. Memasang filter di depan layar komputer juga akan membantu.

Namun, agar jaminan perlindungan terhadap mata bisa maksimal, kenakanlah kacamata. Lalu, gunakan lensa yang yang mampu memberikan kenyamanan dan melindungi mata.

Lensa Crizal Alize UV bisa dipilih. Lensa dari Essilor ini mampu melindungi mata dari kesilauan dari pancaran sinar layar komputer atau gadget. Tidak aneh, lensa Crizal Alize UV sanggup mengurangi risiko kelelahan mata akibat mata tegang.

Semua itu masih ditambah dengan antisinar UV, antigores, serta tahan terhadap noda. Itu menjadikan lensa Crizal Alize UV sangat nyaman digunakan sehari-hari.

 

TEMUKAN SEORANG AHLI
PERAWATAN MATA

Hubungi optician atau optometrist terdekat Anda.