USIA DAN PENGLIHATAN ANDA

PELAJARI BAGAIMANA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN ANDA

Ketika Anda mempertimbangkan bahwa 80 persen dari informasi yang kita ambil setiap hari adalah melalui penglihatan, dan bahwa satu dari dua dari kita menderita masalah penglihatan, menjadi jelas bahwa menjaga mata kita harus menjadi prioritas utama.

Mata adalah jendela kita bagi dunia. Kita rentan terhadap beberapa masalah penglihatan bersama saat lahir dan selama masa kanak-kanak, tetapi tentu saja kedewasaan dan penuaan akan mengarah ke masalah lain.

Masalah penglihatan terjadi karena kombinasi faktor keturunan dan lingkungan, seperti paparan sinar UV dari matahari, yang dapat merusak mata. Ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini di berbagai tahap kehidupan kita, termasuk memakai kacamata resep, atau mengambil tindakan pencegahan.

Masalah penglihatan berubah seiring dengan bertambahnya usia, jadi terdapat beberapa masalah umum yang kita hadapi pada usia yang berbeda.

MASALAH PENGLIHATAN UNTUK ANAK-ANAK (0-12 TAHUN)

Penglihatan bayi berkembang pesat setelah lahir, dan hanya butuh tiga hari sebelum bayi yang baru lahir dapat memfokuskan penglihatan mereka. Setelah enam minggu, penglihatan anak masih akan kabur tetapi mereka harus dapat mengenali orang tua mereka. Bayi prematur mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk penglihatan mereka berkembang, tetapi akan berkembang cukup cepat, sehingga tidak perlu khawatir.
 

Serta pemeriksaan rutin ke dokter, para profesional merekomendasikan bahwa seorang anak melakukan  pemeriksaan mata enam bulan setelah kelahiran. Pemeriksaan ini menilai apakah mereka dapat mengikuti objek, misalnya, mereka tidak menyipitkan mata. Jika dokter mencurigai apa pun selama pemeriksaan rutin sebelum penunjukan enam bulan, kemungkinan mereka akan merujuk anak Anda ke dokter mata anak.

Disarankan juga agar orang tua waspada, memastikan mereka melindungi anak mereka dari sinar UV sepanjang masa kanak-kanak mereka. Jika anak Anda tampaknya tidak tertarik dengan objek baru seperti mainan baru, itu mungkin karena mereka tidak dapat melihatnya secara detail. Jika Anda berpikir ini adalah kasusnya, bawa ke dokter.

Hal lain yang harus diperhatikan pada tahap ini adalah "mata merah" dalam foto, yang sehat, dan karena mata mereka membiaskan cahaya dengan benar. Namun, foto yang menunjukkan keputihan mungkin menimbulkan kekhawatiran dan menunjukkan kondisi yang disebut leukocoria. Sekali lagi, seorang anak harus dibawa ke dokter jika ada sesuatu yang dicurigai.

MASALAH PENGLIHATAN UMUM BAGI ANAK-ANAK

Hyperopia

Apa itu? Juga dikenal sebagai rabun dekat terjadi ketika objek tampak buram pada jarak dekat. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak dan terlihat antara 5 hingga 10 tahun.

Perawatan: Biasanya diobati melalui kacamata resep atau lensa kontak jika terus berlanjut.

Myopia

Apa itu? Kondisi umum lainnya pada anak-anak, rabun jauh juga mulai terlihat antara usia lima hingga 10 tahun ketika segala sesuatu di kejauhan tampak buram.

Perawatan: Ini mudah diobati melalui kacamata resep atau lensa kontak jika terus berlanjut.

Konjungtivitis

Apa itu? Konjungtivitis adalah peradangan konjungtiva yang menghasilkan kemerahan pada mata yang menyebabkan iritasi.

Perawatan: Secara umum, akan hilang dengan sendirinya setelah satu atau dua minggu. Kompres hangat selama periode ini; jika tidak, hubungi dokter jika masalahnya terus berlanjut.

MASALAH PENGLIHATAN LAINNYA UNTUK ANAK-ANAK

Strabismus

Apa itu? Strabismus terjadi ketika mata tidak sejajar atau jika seseorang mulai berkeliaran.

Perawatan: Kacamata resep, penutup mata, tetes mata, atau operasi mata-otot.

Amblyopia

Gejala: Penglihatan yang buruk pada satu atau kedua mata. Ia juga dikenal sebagai “mata malas”.

Perawatan: Kacamata resep, tetes mata, terapi penglihatan, atau membuat mata yang kuat untuk menguatkan mata yang lebih lemah. Jika tidak segera diobati, perkembangan mata bisa lambat atau berhenti sama sekali.
 

PERMASALAHAN PENGLIHATAN UNTUK REMAJA DAN DEWASA (13 SAMPAI 39 TAHUN)

Penglihatan seorang anak mulai stabil selama masa remaja mereka. Namun, waspadai bahwa myopia dapat memburuk selama masa pubertas. Jika ada perubahan dalam penglihatan anak, pemeriksaan awal disarankan. Jika seorang profesional mendiagnosis apa pun - seperti rabun jauh dan memberikan kacamata resep - pemeriksaan rutin harus diatur setelahnya.

Remaja harus waspada selama periode ini, beristirahat secara teratur dari melihat layar komputer dan TV, dan juga menghindari sinar UV yang berbahaya dengan menggunakan lensa pelindung saat diperlukan.

Seiring dengan bertambahnya usia, aktivitas kita berubah, tetapi kita mungkin masih mengalami masalah penglihatan yang sama, tetapi dengan penyebab yang berbeda. Bekerja di depan layar komputer sepanjang hari atau bekerja di luar ruangan juga dapat berdampak negatif pada penglihatan kita.

BEBERAPA MASALAH PENGLIHATAN UNTUK REMAJA DAN DEWASA

Astigmatism

Gejala: Astigmatisme adalah kondisi umum yang menyebabkan penglihatan kabur.

Perawatan: Tidak diperlukan perawatan jika gejalanya ringan, sementara kacamata resep atau lensa kontak adalah pilihan pengobatan terbaik tanpa memilih untuk menjalani operasi.

Sindrom Penglihatan Komputer atau CVS

Gejala: CVS menyebabkan kelelahan mata atau ketegangan karena terlalu banyak menggunakan layar digital.

Perawatan: Kacamata dengan lensa khusus yang menghalangi . cahaya biru yang berbahaya.

Paparan sinar UV

Gejala: Remaja aktif atau orang dewasa dapat terkena sinar UV yang berbahaya, yang dapat merusak mata dan menyebabkan ketidaknyamanan seperti ketegangan mata atau penglihatan buram.

Perawatan: Lensa pelindung UV , lensa photochromic atau adaptif serta kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.
 

MASALAH PENGLIHATAN UNTUK ORANG TUA (40-59 TAHUN)

Tidak ada dua orang yang memiliki penglihatan yang sama, jadi disarankan agar semua orang dewasa menjalani pemeriksaan mata secara teratur setelah usia 40 tahun untuk mendeteksi presbyopia, yang umum terjadi pada usia menengah dan tua. Perubahan hormonal yang mengubah kornea selama kehamilan dapat menyebabkan penglihatan wanita berubah selama periode ini, sementara itu juga disarankan agar nasihat profesional dilakukan secara konsisten sepanjang masa dewasa, dan sebelum mengambil bagian dalam olahraga tertentu.

MASALAH UMUM PENGLIHATAN UNTUK ORANG DEWASA

Presbyopia

Gejala: Masalah yang berfokus pada objek jauh dan dekat setelah pengurangan elastisitas mata.

Perawatan: Lensa progresif, juga dikenal sebagai lensa multifokal adalah solusi non-invasif terbaik yang tersedia.

Degenerasi Makula Terkait Usia atau AMD

Gejala: AMD menyebabkan penglihatan kabur dan sensitif terhadap cahaya.

Perawatan: Tidak banyak perawatan untuk AMD, tetapi diet dan latihan mata dapat memperlambat perkembangan penyakit. Menambahkan perlindungan UV pada lensa kacamata Anda dapat mencegah kerusakan dari matahari untuk memperlambat perkembangan penyakit.

Glaukoma

Apa itu? Glaukoma merupakan kondisi turun-temurun yang menyebabkan tekanan menumpuk di mata dan pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Perawatan: Penggunaan kacamata setelah operasi untuk penglihatan yang jelas.

LEBIH DARI 60 TAHUN

Presbyopia melambat selama usia tua. Namun, selama tahap kehidupan ini, ada penyakit mata seperti katarak yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan yang hampir lengkap. Paparan cahaya juga memiliki efek pada penglihatan, sementara mata menjadi lelah, persepsi terhadap warna berkurang, dan penglihatan tepi juga bisa berkurang.
 

MASALAH PENGLIHATAN UMUM UNTUK LEBIH DARI 60 TAHUN

Katarak

Gejala: Mengaburkan mata mengarah ke penglihatan berkurang di satu atau kedua mata.

Perawatan: Kacamata baru, kacamata anti-silau atau lensa pembesar, tabir surya saat di luar ruangan, atau membuat pencahayaan yang lebih terang. Operasi katarak menghilangkan lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa yang baru.

Orang tua juga cenderung menderita kondisi mata umum yang mungkin mereka hindari saat remaja atau sebagai orang dewasa muda. AMD, glaukoma, presbiopia dan lain-lain umum di antara mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

APAKAH USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN ANDA?

Kunjungi ahli kacamata terdekat Anda untuk pemeriksaan mata lengkap hari ini

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

TIPS UNTUK MEMBELI KACAMATA YANG SEMPURNA

Temukan kacamata yang sempurna dengan memilih bingkai dan lensa yang tepat & cocok dengan semua kebutuhan pribadi dan gaya hidup Anda.

Pelajari lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut