PEMERIKSAAN MATA: DEFINISI DAN APA YANG HARUS DIHARAPKAN

MENGAPA PENTING UNTUK MENGUJI MATA ANDA?

Terlepas dari kondisi fisik atau usia, penting untuk memiliki pemeriksaan mata tahunan untuk mengidentifikasi masalah mata sebelum berlanjut. Hal ini memberikan Anda kesempatan terbaik untuk memperbaiki atau mencegah kondisi memburuk.

Dokter mata menguji penglihatan Anda untuk menentukan kekuatan yang diperlukan kacamata serta memeriksa penyakit mata umum, menilai bagaimana mata bekerja sama dan mengevaluasi mata Anda sebagai indikator kesehatan secara keseluruhan.

  • Vision text versus eye exam

PERBEDAAN ANTARA SCREENING MATA DAN PEMERIKSAAN MATA

Kesalahan umum yang dilakukan adalah menganggap bahwa pemindaian penglihatan sebenarnya adalah pemeriksaan mata yang komprehensif, sebenarnya bukan.

Screening mata adalah tes mata dasar yang membantu mengidentifikasi apakah Anda memiliki masalah dengan penglihatan, tetapi tidak menguji penyakit mata atau penyebab yang mendasari setiap masalah penglihatan yang Anda miliki. Namun demikian, Anda harus mendapatkan pemeriksaan mata yang komprehensif.

Pemeriksaan mata komprehensif dilakukan oleh dokter mata dan melibatkan pemeriksaan menyeluruh semua aspek penglihatan Anda. Dokter akan merekomendasikan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Termasuk lensa resep, latihan mata, obat tetes mata atau salep, dan bahkan operasi jika masalahnya serius.

  • Vision test

APA YANG HARUS ANDA HARAPKAN DARI TES PENGLIHATAN?

Tes penglihatan adalah pemeriksaan yang relatif singkat dibandingkan pemeriksaan mata penuh. Sebagai awal untuk mengidentifikasi apakah Anda memerlukan pemeriksaan mata penuh, untuk mengidentifikasi masalah penglihatan.

Namun, tes penglihatan relatif mudah dilakukan dan Anda tidak memerlukan dokter mata atau dokter ahli mata, karena ahli optik, perawat, dan profesional medis lainnya mampu melakukan tes.

Penilaian tes penglihatan biasanya seperti:

  • Menguji penglihatan menggunakan bagan "Big E" atau "Snellen"
  • Menguji reaksi mata terhadap koordinasi cahaya dan otot menggunakan bagan sederhana atau mengikuti cahaya untuk menguji reaksi Anda
  • Beberapa monitor penglihatan juga menguji kebutaan warna menggunakan grafik warna seperti tes Warna Ishihara

Karena tes ini relatif sederhana dan tidak komprehensif, penting untuk menyediakan sebanyak mungkin informasi selama tes ini. Informasikan setiap gangguan penglihatan, cedera pada mata Anda, atau sejarah kondisi penglihatan keluarga, akan sangat membantu bagi profesional yang melakukan tes Anda. Agar mereka dapat mencari tahu tanda-tanda kondisi yang mungkin terjadi dan merekomendasikan tindakan yang benar. Ini biasanya pemeriksaan mata yang komprehensif.

APA YANG HARUS DIHARAPKAN DARI PEMERIKSAAN MATA

Pemeriksaan mata mungkin sedikit berbeda tergantung pada usia atau kebutuhan khusus, tetapi tes umum yang dilakukan adalah:

  • Ketajaman Visual: Ini adalah tes untuk mengukur ketajaman penglihatan Anda.
  • Kebutaan Warna: Tes pemindai untuk memeriksa penglihatan warna Anda untuk menyingkirkan kebutaan warna.
  • Uji Tutup: Ini adalah cara paling sederhana dan termudah untuk menguji apakah mata Anda bekerja dengan baik.
  • Motilitas Mata atau Gerakan Mata: Tes ini menentukan seberapa baik mata Anda dapat mengikuti objek bergerak serta terpaku pada target yang berbeda.
  • Glaukoma: Kebanyakan tes glaucoma melibatkan pengujian tekanan di mata Anda. Sebagian besar pemeriksaan mata melakukan beberapa bentuk tes glaukoma.
  • Uji Slit Lamp: Ini adalah tes khusus yang digunakan dokter mata untuk memeriksa struktur mata Anda di bawah pembesaran tinggi. Membantu mendeteksi berbagai kondisi mata dan penyakit termasuk katarak, degenerasi makula, ulkus kornea dan retinopati diabetik.

Pemeriksaan mata komprehensif memiliki lebih banyak tes, tetapi ini adalah yang paling umum dan mencakup spektrum luas dari kondisi mata yang potensial.

Anda bisa mendapatkan pemeriksaan mata di klinik dokter mata atau klinik yang mengkhususkan diri dalam perawatan penglihatan. Kebanyakan ahli optik atau klinik kecil mungkin tidak memiliki peralatan atau ahli untuk melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif. Buatlah janji terlebih dahulu untuk memastikan mereka dapat mengakomodasi permintaan Anda.

Pada pemeriksaan mata, Anda dapat mengharapkan dokter mata untuk mengambil riwayat medis yang komprehensif untuk mencari tahu apa yang harus mereka cari. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat berkisar dari riwayat keluarga Anda, masalah medis masa lalu dan sekarang, obat-obatan yang mungkin Anda pakai, cedera, dan faktor-faktor lainnya. Penting memberikan jawaban untuk memastikan bahwa tes mencakup semua kemungkinan yang ada.
 

  • Eye exam for children

PEMERIKSAAN MATA DAN USIA

Saat muda atau dalam kondisi fisik sehat, kita cenderung mengabaikan pemeriksaan kesehatan mata kita. Namun, menjadi masalah karena masalah mata hadir diusia berapapun atau saat bugar.

Anak-anak harus menjalani pemeriksaan mata secara teratur, karena penglihatan yang terganggu dapat memengaruhi kemampuan belajar dan tumbuh secara akademis dan sosial. Anak sekarang, mulai menggunakan perangkat digital sebelum mulai berjalan. Penggunaan layar ini secara ekstensif menyebabkan  ketegangan mata atau kelelahan, yang memengaruhi penglihatan anak.

Ada korelasi erat antara penggunaan perangkat digital dan peningkatan yang signifikan myopia anak di dunia. Membuat pemeriksaan mata bagi anak penting untuk mengidentifikasi dan mengobati penglihatan segera setelah mereka muncul. Sementara pemindaian mata sangat membantu untuk mengidentifikasi anak yang sudah memiliki myopia, tidak cukup sensitif untuk mengidentifikasi semua kondisi dan penyakit, yang dapat mempengaruhi pembelajaran anak Anda selama tahun formatif.

Seiring bertambahnya usia, pemeriksaan mata secara teratur sangat penting karena orang dewasa rentan terhadap penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan atau masalah yang berkaitan dengan mata lainnya. Pemeriksaan mata dapat dengan mudah mengidentifikasi penyebab umum kebutaan seperti glaukoma, retinopati diabetik dan degenerasi makula. Kejadian kondisi ini meningkat secara signifikan seiring dengan bertambahnya usia. Kehilangan penglihatan sering dapat dicegah atau dikurangi dengan deteksi dini dari pemeriksaan mata secara teratur.

Bicaralah dengan seorang ahli mata professional sekarang untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

SUDAH SIAP UNTUK PEMERIKSAAN MATA SELANJUTNYA?

Temukan perawatan mata terdekat Anda hari ini

ARTIKEL TERKAIT

BAGAIMANA CARA MEMBACA RESEP MATA ANDA?

Dengan semua angka dan singkatan, mungkin akan membingungkan. Pelajari cara memahami resep mata Anda.

Pelajari lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA