MEMAHAMI RESEP MATA ANDA

Memahami resep Anda setelah pemeriksaan mata sama dengan mengartikan kode yang ditulis dalam bahasa asing. Dokter mata, seperti ahli mata professional, akan memberikan Anda resep mata menggunakan singkatan dan ukuran tertentu. Berikut panduan singkat tentang cara memahaminya:

SINGKATAN

Beberapa profesional, terutama yang berada di bidang optometri, akan menyederhanakan dengan menulis resep menggunakan LE dan RE -kiri dan mata kanan - namun, ini tidak selalu terjadi. Hal yang perlu Anda pahami adalah singkatan yang berasal dari bahasa Latin.

Akronim OS dan OD masing-masing mengacu pada Oculus Sinister dan Oculus Dester. Oculus berarti mata dan sebelah, kiri, sedangkan dester benar. Ketika mengacu pada kedua mata, istilah Latin adalah Oculus Uterque, atau OU untuk pendek.

Jika semua itu membuat Anda lebih bingung, hal-hal berikut akan membuat semuanya lebih mudah dipahami dan diingat.

  • LE atau OS (Mata Kiri): Mengacu pada resep mata kiri Anda
  • RE atau OD (Mata Kanan): Mengacu pada resep mata kanan Anda
  • SPH (Sphere of the eye): Kemampuan lensa untuk membiaskan cahaya
  • CYL (Cylinder of the eye): Nomor koreksi yang diperlukan untuk astigmatisme
  • Dioptri: Unit pengukuran yang digunakan untuk menentukan kekuatan optik lensa
  • ADD: Ini adalah jarak baca Anda dan berkaitan dengan jumlah koreksi tambahan yang diperlukan untuk fokus pada jarak dekat.

PENGUKURAN

Sekarang setelah mengerti, saat Anda membaca resep kacamata Anda, Anda akan melihat singkatan seperti SPH dan CYL. Pertama, SPH mengacu pada lingkup mata, dan kemampuan lensa untuk membiaskan cahaya.

Rabun jauh (masalah dengan melihat objek dari dekat) adalah bilangan positif, atau satu tanpa tanda plus atau minus. Jika angka tersebut negatif, ini menunjukkan rabun dekat (ketidakmampuan untuk melihat objek dengan jelas pada jarak tertentu).

Dioptri adalah unit pengukuran yang digunakan untuk menentukan daya optik lensa, serta kelengkungannya, yang keduanya didasarkan pada rumus ilmiah yang menentukan panjang fokus, atau kemampuan mata untuk fokus. Nomor korektif ini, jika besar, berarti rabun dekat atau rabun jauh Anda membutuhkan lebih banyak koreksi. Jika Anda melihat SPH, ini memberitahu Anda bahwa angkanya sperikal --- sama di semua pengukuran mata. Sebagai contoh, jika OD Anda memiliki SPH -7,25, maka ini berarti mata kanan Anda membutuhkan 7,25 dioptri koreksi karena mata ini rabun dekat. Lensa yang cekung (permukaan melengkung ke dalam) dibuat untuk memperbaikinya. Lensa cembung (permukaan melengkung ke arah luar) digunakan untuk mengoreksi hyperopia, atau rabun jauh, dan presbiopia, kondisi yang datang dengan usia lanjut dimana orang dewasa membutuhkan lensa korektif untuk membaca karena pengurangan elastisitas di mata.

Selanjutnya, akronim CYL mengacu pada silinder mata, dan merupakan angka koreksi yang diperlukan untuk orang-orang dengan astigmatisme, yang berarti baik kornea di depan mata salah bentuk atau lensa di bagian belakang mata tidak melengkung dan berubah. Arah cahaya dengan benar, atau keduanya. Ini menghasilkan penglihatan kabur jika tidak dikoreksi dengan kacamata resep. Dengan demikian, CYL menambahkan item koreksi tambahan untuk mengubah ini.

Ada juga angka yang merujuk pada tempat di mata di mana astigmatisme atau perbedaan dalam pembiasannya. Ini disebut Axis. Ini adalah angka antara 0 dan 180 dengan 90 adalah garis lokasi vertikal di mata dan 180 garis horizontal. Nilai pengukuran lain adalah prisma, yang mungkin juga ada pada resep Anda yang digunakan untuk mengoreksi penyelarasan mata. Namun ini jarang terjadi.

Terakhir, pengukuran ADD mungkin muncul pada resep bifocal untuk memperbaiki presbyopia daripada meresepkan kacamata baca terpisah. Lensa bifocal akan memiliki dua penggambaran atau bagian pada lensa: satu untuk penglihatan dekat dan satu untuk penglihatan jarak Lensa progresif, di sisi lain, membuat pergeseran gradien pada lensa. Jenis lensa ini membutuhkan waktu untuk terbiasa, tetapi banyak pasien mengalami kenyamanan yang lebih baik.

RESP UNTUK KONTAK LENSA

Penting untuk diingat bahwa karena lensa kontak berada tepat di mata, mereka harus dipasang dengan benar oleh seorang profesional. Pengukuran akan memiliki beberapa akronim yang sama, tetapi akan didasarkan pada koreksi beberapa inci dari mata pemakainya. Reaksi yang buruk terhadap komponen lensa yang berbeda dapat dicatat dalam proses pemasangan dan resep juga cenderung mencerminkan material dan panjang pedoman keausan. Pemasangan dan pengukuran khusus akan mencerminkan hal ini pada resep lensa kontak karena setiap pasien berbeda seperti dalam hal kenyaman lensa (atau tidak) dan gaya hidup yang bervariasi.

Jika Anda masih kesulitan menafsirkan resep Anda, jangan mencoba menebak dan berbicaralah dengan seorang profesional.

PERTANYAAN TENTANG RESEP MATA ANDA?

Tanyakan pada klinik mata terdekat Anda hari ini.

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA