DEGENERASI MAKULA TERKAIT USIA (AMD)

SEMUA YANG ANDA BUTUHKAN UNTUK MENGETAHUI AMD

Penuaan, bagian yang tak terhindarkan dari siklus kehidupan, memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Efek penuaan pada mata bisa dimulai sejak 40 tahun. Satu dari tiga orang di atas usia 70 mengalami gejala degenerasi makula terkait usia, juga dikenal sebagai AMD.

APA ITU AMD?

Degenerasi makula terkait usia terjadi ketika makula, yang merupakan daerah pusat retina yang bertanggung jawab untuk persepsi visual, mulai memburuk. Kerusakan ini diyakini disebabkan oleh kurangnya oksigen ke sel-sel mata, sebagai hasilnya mulai mengembangkan sejenis protein. Protein ini dikenal sebagai faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF) dan prosesnya mendorong pertumbuhan pembuluh darah baru di daerah retina di mana seharusnya tidak ada.

Makula sangat penting untuk penglihatan sehari-hari karena itu mengatur kemampuan seseorang untuk membaca, mengenali wajah, melihat layar komputer, mengoperasikan kendaraan bermotor dan setiap sumber visual hiburan lainnya seperti menonton telepenglihatan atau bermain video game.

Gejala AMD termasuk:

  • Penglihatan buram -  ketidakmampuan untuk membedakan antara objek dalam tampilan
  • Buta warna - peredupan warna-warna cerah ke nada yang disamarkan
  • Penglihatan terdistorsi - garis lurus tampak bergelombang 
  • Titik buta - titik yang hilang pada wajah atau objek penglihatan
  • Sensitivitas cahaya - cahaya terang dapat menyebabkan rasa sakit

Ada dua jenis AMD:

  1. Kering (non-neovascular) - dengan sekitar 85 hingga 90 persen pasien yang didiagnosis, AMD terdiri dari dua jenis. Didiagnosa pada tahap awal penyakit, AMD kering terjadi ketika makula mulai menipis atau endapan pigmen mulai muncul pada retina yang mengganggu penglihatan (titik buta) atau keduanya. Endapan ini dipandang sebagai bintik-bintik kekuningan (secara medis disebut sebagai drusen) dan merupakan tanda-tanda akumulasi jaringan yang memburuk.
  2. Basah (neovascular) - terjadi dengan perkembangan AMD kering. Pada tahap degenerasi yang lebih lanjut, AMD basah adalah pertumbuhan pembuluh darah baru di bawah retina yang mengeluarkan darah atau cairan. Kebocoran ini dapat berkembang menjadi gangguan penglihatan yang lebih serius, menyebabkan kerusakan permanen. Ketika sel-sel retina rusak (oleh terus membangun pembuluh darah atau cahaya) mereka mati, meninggalkan titik-titik buta dalam penglihatan sentral.
     

SIAPA YANG MUDAH TERKENA AMD?

Degenerasi makula mempengaruhi semua orang. Karena populasi dunia terus bertambah, jumlah orang yang terkena AMD akan meningkat.

Diduga menjadi penyakit keturunan, mereka dengan gangguan mata degeneratif dalam sejarah keluarga mereka mungkin lebih rentan terhadap AMD. Wanita juga lebih rentan terhadap penyakit sama halnya perokok, pengguna narkoba berat, orang dengan tekanan darah tinggi, orang gemuk atau mereka yang memiliki mata berwarna cerah.

APAKAH ADA PERLAKUAN UNTUK AMD?

Saat ini tidak ada obat yang didokumentasikan untuk degenerasi terkait usia. Namun demikian, ada perawatan di tempat yang dapat memperlambat perkembangan AMD; AMD kering dikecualikan, meskipun ada uji klinis sedang berlangsung. Studi telah menunjukkan bahwa suplemen gizi tinggi vitamin antioksidan dapat mengurangi risiko AMD kering berkembang menjadi AMD basah yang lebih parah.

Di luar uji klinis, pencegahan yang paling menguntungkan untuk mengeringkan AMD adalah diet sehat, olahraga teratur, dan perlindungan untuk mata terhadap sinar UV yang berbahaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala dan perawatan AMD, kunjungi mata profesional terdekat Anda.

ADA PERTANYAAN MENGENAI AMD?

Kunjungi mata profesional terdekat Anda untuk mempelajari tentang gejala dan perawatan

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA