Mata Malas (Amblyopia): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Apa itu Mata Malas (Amblyopia)?

Mata malas (la) atau yang dalam istilah medis disebut amblyopia adalah kondisi penurunan penglihatan pada satu mata yang disebabkan oleh perkembangan penglihatan yang abnormal pada usia dini. Meskipun dimungkinkan, kasus amblyopia pada kedua mata jarang terjadi.

Kondisi ini umumnya muncul dan berkembang sejak lahir hingga usia 7 tahun. Karena itu, amblyopia menjadi salah satu penyebab utama dari penurunan kemampuan penglihatan pada anak-anak.

Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu mencegah masalah jangka panjang dengan penglihatan anak Anda. Simak beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang amblyopia pada pembahasan di bawah ini!

mata malas

Lensa Crizal Prevencia, Solusi Perlindungan Terbaik Melawan Sinar UV dan Sinar Biru!

 

MALAS MATA PADA ANAK

Mata malas pada anak biasanya berkembang saat usia sekitar empat tahun.

Terjadi saat ada pengurangan jumlah cahaya yang masuk ke satu mata yang menghasilkan kualitas penglihatan berbeda, karena yang satu lebih lemah daripada yang lain. Seiring waktu, otak dapat 'belajar' untuk mengabaikan gambar yang diterima dari mata yang lebih lemah, dan hanya menerima gambar dari mata yang lebih kuat.

 

Beginilah gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan mata Anda. Yuk, lihat videonya

 

Crizal Prevencia, perlindungan terbaik melawan sinar UV dan sinar biru

Crizal Sapphire UV, solusi penglihatan jernih dan superior

Lensa Optifog UV dirancang untuk penglihatan sempurna bebas embun

 

Penyebab Mata Malas

Sampai saat ini penyebab utama dari amblyopia masih sulit untuk diketahui. Namun terkadang, beberapa kondisi atau masalah mata lainnya dapat menjadi penyebab dari timbulnya amblyopia.
Dalam kondisi normal, otak manusia menggunakan sinyal saraf dari kedua mata untuk melihat. Namun jika terdapat kondisi mata yang membuat penglihatan pada salah satu mata menjadi lebih buruk, maka otak akan ‘menghentikan’ sinyal dari mata yang lebih lemah tersebut, dan hanya akan mengandalkan satu mata lainnya untuk melihat.

Beberapa kondisi atau masalah mata yang mungkin menyebabkan amblyopia antara lain:

1. Kelainan Refraksi (Refractive Errors)

Kelainan refraksi meliputi beberapa masalah penglihatan umum seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Biasanya, masalah ini mudah diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak. Tetapi jika tidak diobati, otak mungkin mulai lebih mengandalkan mata dengan penglihatan yang lebih kuat.

2. Strabismus

Biasanya, kedua mata akan bergerak ke arah yang sama untuk melihat. Tetapi pada anak-anak dengan strabismus, mata menjadi tidak sejajar. Satu mata mungkin mengarah masuk, keluar, naik, atau turun.

3. Katarak Kongenital

katarak kongenital pada satu mata dapat membuat penglihatan anak di mata tersebut tampak keruh, sehingga memaksa mata yang lain untuk bekerja lebih keras.

 

Gejala Mata Malas

Beberapa gejala dari kondisi mata malas meliputi:

  1. Mata yang mengarah ke dalam atau ke luar

  2. Arah gerak mata yang tidak sama

  3. Persepsi kedalaman yang buruk

  4. Mata menyipit atau terpejam

 

Cara Mengatasi Mata Malas

Jika ada masalah penglihatan yang menyebabkan amblyopia, maka biasanya masalah penglihatan tersebut perlu ditangani terlebih dahulu. Misalnya, ahli mata mungkin merekomendasikan kacamata atau lensa kontak (untuk anak-anak yang rabun jauh atau rabun dekat) atau operasi (untuk anak-anak dengan katarak).

Langkah selanjutnya adalah melatih kembali otak dan memaksanya untuk menggunakan mata yang lebih lemah. Semakin banyak otak menggunakannya, maka mata dan penglihatan akan semakin kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan:

1. Mengenakan penutup mata pada mata yang lebih kuat

Dengan menutupi mata dengan penutup mata, otak akan dipaksa menggunakan mata yang lebih lemah untuk melihat. Beberapa anak hanya perlu memakai penutup mata selama 2 jam sehari, sementara yang lain mungkin perlu memakainya setiap kali mereka bangun.

2. Menggunakan obat tetes mata khusus di mata yang lebih kuat

Tetesan obat atropin sekali sehari dapat mengaburkan penglihatan dekat untuk sementara, yang memaksa otak untuk menggunakan mata yang lebih lemah. Untuk beberapa anak, perawatan ini juga berfungsi sebagai penutup mata, dan beberapa orang tua merasa lebih mudah menggunakannya.

Setelah anak Anda memulai perawatan tersebut, penglihatan mereka mungkin mulai membaik dalam beberapa minggu. Tetapi, mungkin akan dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, anak Anda mungkin masih perlu menerapkan perawatan ini dari waktu ke waktu untuk menghentikan ambliopia datang kembali.

Semakin dini perawatan amblyopia dilakukan, maka akan semakin baik. Anak-anak yang tumbuh tanpa pengobatan mungkin memiliki masalah penglihatan seumur hidup. Selain itu, pengobatan mata malas biasanya kurang efektif pada orang dewasa.

 

ARTIKEL TERKAIT

FOKUS GEJALA PENGLIHATAN: STRABISMUS

Strabismus, juga dikenal sebagai cross-eye atau juling dapat menyebabkan ambliopia. Pelajari bagaimana Anda dapat mencegah atau mengobatinya.

Baca lebih lanjut

Semua Hal Seputar Pemeriksaan Mata

Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Informasi apa saja yang perlu Anda tanyakan?

Baca lebih lanjut

Macam-Macam Masalah Penglihatan

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari juga cara merawat mata agar penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA