AMBLYOPIA, MATA MALAS: GEJALA, PENYEBAB & PERAWATAN

APA ITU AMBLYOPIA?

Mata malas (Amblyopia) cenderung mempengaruhi anak-anak, dan biasanya mudah diobati. Jika dibiarkan tidak terkoreksi, bagaimanapun, itu secara permanen dapat mempengaruhi penglihatan.

MALAS MATA PADA ANAK

Mata malas biasanya berkembang saat usia sekitar empat tahun.

Terjadi saat ada pengurangan jumlah cahaya yang masuk ke satu mata yang menghasilkan kualitas penglihatan berbeda, karena yang satu lebih lemah daripada yang lain. Seiring waktu, otak dapat 'belajar' untuk mengabaikan gambar yang diterima dari mata yang lebih lemah, dan hanya menerima gambar dari mata yang lebih kuat.

MENGAPA DAPAT TERJADI?

Hasil dari mata malas dari kondisi lain yang mempengaruhi penglihatan:

Strabismus: Masalah dengan otot mata yang menyebabkan ketidaksejajaran mata.

Keparahan yang panjang atau pendek: Ketidakmampuan satu mata untuk fokus dengan benar dapat memaksa mata yang lebih kuat untuk bekerja lebih keras, dan yang lain menjadi 'malas'.

Katarak kongenital: Biasanya hadir saat lahir, katarak kongenital pada satu mata dapat membuat penglihatan anak di mata itu tampak keruh, memaksa yang lain untuk bekerja lebih keras.

Bagaimana mengetahui hal tersebut? Tidak ada gejala khusus untuk mata malas, tetapi anak-anak cenderung melihat kurang jelas dengan mata yang terkena. Orangtua mungkin memperhatikan seorang anak memegang kepalanya pada suatu sudut untuk melihat objek yang jauh. Anak-anak mungkin berulang kali menutupi satu mata, atau mengembangkan kebiasaan menyipitkan mata.

Perawatan: Mata malas biasanya sederhana untuk diobati, tetapi dapat memakan waktu. Jika tidak ditangani, penglihatan dapat membahayakan secara permanen. Amblyopia dapat didiagnosis dari sekitar usia lima atau enam tahun. Masalah mendasar yang perlu diperhatikan - misalnya, kacamata dengan resep dapat memperbaiki fokus mata yang lebih lemah. Mata yang lebih baik mungkin perlu ditutupi oleh tempelan untuk sementara waktu, untuk memperkuat mata yang terkena. Kunjungi spesialis mata Anda jika Anda menduga anak memiliki mata yang malas.

PEMERIKSAAN MATA RUTIN MENDETEKSI MATA MALAS LEBIH AWAL

Hubungi ahli mata professional terdekat untuk mengatur pemeriksaan mata sekarang

ARTIKEL TERKAIT

FOKUS GEJALA PENGLIHATAN: STRABISMUS

Strabismus, juga dikenal sebagai cross-eye atau juling dapat menyebabkan ambliopia. Pelajari bagaimana Anda dapat mencegah atau mengobatinya.

Baca lebih lajut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA