ASTIGMATISME: GEJALA, PENYEBAB, DAN SOLUSI

apa itu astigmatisme?

Di dunia digital saat ini, kita terpapar dengan kondisi yang jauh berbeda dari zaman nenek moyang kita - dan kini, pada gilirannya, dunia digital dapat memengaruhi penglihatan kita. Ini menjadi penyebab peningkatan jumlah orang yang menderita astigmatisme, yang dapat mengakibatkan penglihatan terdistorsi atau kabur. Bahkan, astigmatisme, salah satu penyakit optik yang paling umum di dunia saat ini mempengaruhi satu dari tiga orang dewasa Amerika Serikat.

Memahami Astigmatisme

Astigmatisme biasanya dikarenakan hasil dari kornea yang bengkok atau cacat, yang merupakan penutup transparan dari mata Anda. Jika kornea terdistorsi dengan cara apapun, itu dapat mempengaruhi penglihatan kita. Hal ini dapat mempengaruhi kita pada usia berapa pun, dengan penelitian terbaru menunjukkan bahwa astigmatisme dapat terjadi pada anak-anak semuda lima tahun.
 

Example of vision with astigmatism
Penglihatan dipengaruhi oleh astigmatisme (kiri) versus penglihatan normal (kanan)

Gejala Umum Astigmatisme

Astigmatisme dapat mempengaruhi kapan saja, jadi Anda perlu menyadari tanda-tanda bahwa Anda mungkin menderita karenanya. Gejala yang paling umum termasuk:

Ketika penglihatan mulai tampak kabur, entah dari cedera atau perkembangan yang tidak diketahui dari waktu ke waktu, kunjungan ke ahli optik diperlukan. Beberapa masalah penglihatan seperti ketegangan mata, bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti buta warna, mata malas, katarak atau astigmatisme, yang akan membutuhkan perawatan.

MENGUJI ASTIGMATISME

Tes astigmatisme bagian dari pemeriksaan mata yang komprehensif. Sadari perubahan apa pun dalam penglihatan Anda. Selain astigmatisme, berguna juga mendeteksi masalah penglihatan umum. Jika Anda melihat ada perubahan dalam penglihatan Anda, kunjungi ahli perawatan mata Anda untuk pemeriksaan mata yang komprehensif.

Apakah Astigmatisme Aisa Berkurang?

Tidak ada laporan obat yang diketahui untuk astigmatisme. Namun ada perawatan yang dapat membantu untuk memperbaiki gangguan penglihatan yang disebabkan oleh astigmatisme. Dua perawatan untuk tingkat astigmatisme umum adalah:

Jika Anda memiliki astigmatisme, kacamata resep dengan koreksi adalah solusi yang paling umum. Selain itu, lensa dengan lapisan khusus seperti Crizal dapat meningkatkan penglihatan Anda serta mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi tersebut. Ini termasuk sakit mata dan sakit kepala. Ini adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengelola astigmatisme Anda.

Pilihan umum lainnya adalah menggunakan bedah refraktif. Pembedahan laser ini mengubah bentuk kornea Anda tetapi terdapat risiko yang terkait dengan sebagian besar operasi.

Setelah didiagnosis, astigmatisme harus diobati sesegera mungkin. Selain perawatan, kunjungan rutin ke ahli optik juga diperlukan. Astigmatisme dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, sehingga perlu diresepkan untuk dimodifikasi. Ikuti petunjuk ahli optik Anda setiap saat dan tetap waspada terhadap perubahan penglihatan yang harus Anda laporkan pada kunjungan tindak lanjut.

MENGALAMI PENGLIHATAN TERDISTROSI ATAU KABUR?

Kunjungi ahli kacamata terdekat Anda untuk pemeriksaan mata lengkap hari ini

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

BAGAIMANA CARA KERJA MATA?

Mata membuat kita melihat dunia dan mereka memproses hingga 80% informasi yang diterima setiap hari. Temukan bagaimana mata bekerja..

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA