PENGLIHATAN BURAM: GEJALA, PENYEBAB & PERAWATAN

APA ITU PENGLIHATAN BURAM?

Apakah anda merasakan buram atau tidak fokus ketika sedang melihat suatu benda? Sudah pasti jika masalah penglihatan membuat beraktifitas sehari-hari menjadi lebih sulit. Beberapa orang mengalami penglihatan buram ketika melihat benda-benda jauh seperti papan toko atau orang yang sedang berjalan kearah mereka. Beberapa orang juga mengalami penglihatan buram tetapi ketika melihat benda-benda dekat seperti melihat handphone atau membaca buku. Penglihatan buram terkadang mempengaruhi hanya satu mata, kadang-kadang keduanya, dan dapat dialami untuk waktu yang sebentar atau lama. Semua jenis penglihatan buram dapat menjadi pertanda penyakit yang belum diketahui oleh anda sendiri dan cara yang terbaik adalah selalu melakukan pemeriksaan mata ke dokter atau spesialis mata untuk mengetahui masalah yang ada lebih lanjut.

 

  • Causes of blurred vision

PENYEBAB PENGLIHATAN KABUR?

Penglihatan yang kabur dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penyakit, cacat mata, benda asing yang masuk kedalam mata, infeksi atau bahkan usia. Namun, jika Anda sudah mengalami kesulitan melihat, rasa sakit atau kehilangan penglihatan Anda sepenuhnya, segera cari pertolongan medis.

Penyebab paling umum dari penglihatan kabur adalah - Myopia (Rabun Jauh), Hyperopia (Rabun Dekat) dan Presbiopia (Rabun Dekat karena usia).

 

MYOPIA, HIPEROPIA DAN PRESBYOPIA

Myopia atau rabun jauh adalah kondisi yang dimana penglihatan objek pada jarak yang jauh menjadi buram. Penderita Myopia perlu usaha yang lebih ketika sedang membaca tulisan di papan atau layar pada jarak yang jauh, atau melihat objek dengan jelas pada saat mengemudi. Myopia disebabkan oleh cacat pada mata yang mempertahankan cahaya di bagian depan retina, dimana mata normal langsung pada retina. Cara untuk menangani Myopia adalah dengan kacamata beresep atau lensa kontak yang diberikan oleh dokter atau spesialis mata anda.

Hyperopia atau hypermetropia atau rabun dekat. Adalah kebalikan dari myopia, sehingga orang-orang dengan kondisi ini dapat melihat objek yang jauh tetapi sulit untuk melihat objek dekat. Hal tersebut terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tetap berada di belakang retina dan bukan di atasnya. Sebagian bayi terlahir dengan rabun jauh tetapi kondisinya akan berkurang saat mata mereka tumbuh. Sekali lagi, pemeriksaan mata akan dapat mendiagnosis kondisi ini.

Presbyopia adalah bagian dari penuaan alamiah bagi mayoritas orang. Mengacu pada kehilangan penglihatan mata yang datang saat semakin tua. Penuaan serat otot di sekitar mata dan lensa, yang sulit untuk fokus pada jarak dekat dan memengaruhi kemampuan membaca huruf kecil, sehingga kacamata baca dapat membantu.

PENYEBAB LAIN PENGLIHATAN BURAM

  • Infeksi mata - Bakteri, jamur atau virus lainnya dapat menyebabkan infeksi pada mata. Mereka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata lainnya seperti pembengkakan, mata berair, dan nyeri, serta penglihatan kabur.
  • Mata kering - Jika ketika anda berkedip penglihatan anda tidak buram lagi, mata kering bisa menjadi salah satu penyebabnya. Terkadang, kornea (film bening di atas bola mata) tidak dilumasi sebagaimana seharusnya. Hal ini disebabkan oleh banyak hal termasuk ketegangan mata, obat-obatan, atau kondisi medis. Obat tetes mata mungkin membantu dalam beberapa kasus.
  • Abrasi kornea - Goresan pada mata yang dapat disebabkan oleh benda asing yang masuk kedalam mata, lensa kontak yang kotor atau mengusap mata terlalu keras.
  • Neuritis optik - Ini adalah ketika serabut saraf yang membawa informasi ke mata menjadi meradang, sering dikaitkan dengan MS (multiple sclerosis)
  • Retinitis pigmentosa - Kumpulan kelainan genetik langka yang dapat menyebabkan kerusakan sel retina (jaringan tipis di bagian belakang mata). Hal ini dapat menyebabkan kesulitan melihat pada malam hari dan hilangnya penglihatan perifer (sisi).
  • Katarak - Lebih umum pada orang di atas 40, lensa mata menjadi keruh, membuatnya lebih sulit untuk melihat dengan jelas.
  • Retinopathy diabetik - Penyakit mata diabetes yang mempengaruhi retina yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.
  • Stroke - Salah satu tanda-tanda onset stroke dapat berupa perubahan penglihatan. Kadang-kadang setelah stroke, penglihatan mereka terganggu karena saraf yang membawa informasi ke mata telah rusak.

 

  • Blurred vision to healthy vision

CARA MENANGANI PENGLIHATAN BURAM

  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur
  • Gunakan kacamata sinar biru ketika sedang bekerja atau menonton seperti Blue UV Capture atau Eyezen
  • Cuci tangan Anda saat memegang lensa kontak
  • Gunakan kacamata pelindung pada saat melakukan kerajinan tangan, menangani bahan kimia atau olahraga
  • Kenakan kacamata hitam atau lensa Transitions saat di bawah sinar matahari
  • Vitamin C, E, zinc dan asam lemak omega 3 baik untuk kesehatan mata. Makanan seperti tiram, babi, ikan, sayuran berdaun seperti kale, jus jeruk, kacang-kacangan dan telur.
  • Hindari waktu lama di depan komputer atau layar. Pastikan Anda memiliki meja kerja dan peralatannya yang tersusun baik dan beristirahat secara teratur. Lihat kejauhan setiap 20 menit atau lebih, keluar dari jendela atau ke suatu tempat yang jauh selama 20 detik.

 

Menjaga mata Anda adalah bagian penting dari kesehatan, baik Anda mengalami penglihatan kabur atau tidak. Sama pentingnya dengan pergi untuk pemeriksaan medis lainnya atau pergi ke dokter gigi. Kunjungi spesialis mata Anda hari ini.

MENGALAMI PENGLIHATAN KABUR?

Periksa dengan spesialis mata hari ini untuk mencari tahu apakah Anda memerlukan kacamata baru

ARTIKEL TERKAIT

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA