KATARAK: GEJALA, PENYEBAB, PERAWATAN & PENCEGAHAN

APA ITU KATARAK?

Katarak adalah ketika lensa mata menjadi keruh. Ini adalah masalah umum yang sering terjadi di kemudian hari, dan meskipun dapat dimulai sebagai penyakit ringan, kemungkinan akan semakin memburuk seiring waktu. Kacamata resep untuk katarak dapat membantu pada tahap awal, tetapi operasi sering menjadi tambahan. Operasi katarak melibatkan pengangkatan lensa mata, dan meski mungkin terdengar menakutkan, ini adalah prosedur yang sangat umum dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Ada banyak gejala katarak, yang harus Anda perhatikan. Yaitu:

  • Penglihatan kabur - di mana sulit untuk fokus saat membaca atau melihat benda-benda di dekatnya.
  • Sensitivitas terhadap silau (misalnya, dari lampu depan).
  • Warna-warna cerah tampak kusam dan kurang semarak dari biasanya.
  • Ketika lebih banyak cahaya diperlukan untuk kegiatan dekat seperti menjahit atau membaca.

Katarak kadang-kadang disalahpahami sebagai pertumbuhan atau tumor, namun ini tidak terjadi dan banyak katarak bahkan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.
 

APA YANG MENYEBABKAN KATARAK?

Katarak sering dikaitkan dengan penuaan, biasanya terjadi pada orang di atas 40. Lensa mata terdiri dari protein, dan ketika protein ini mulai mengumpul, katarak terbentuk.

Selain penuaan, ada penyebab lain katarak, yang meliputi:

  • Cedera mata dan / atau operasi
  • Kegemukan
  • Hipertensi
  • Konsumsi alkohol tinggi
  • Terapi Penggantian Hormon (HRT)
  • Paparan tinggi terhadap sinar ultraviolet (misalnya, dari matahari).

Nutrisi yang buruk dan merokok juga dapat menyebabkan peningkatan risiko katarak.

MENCEGAH DAN PERAWATAN KATARAK

Dalam hal pencegahan, katarak adalah efek samping alami dari bertambahnya usia, namun, menjalani gaya hidup sehat dapat membantu. Diet dapat meningkatkan peluang menghindari katarak, tetapi bukan jaminan. Namun, makan diet seimbang bermanfaat, termasuk banyak minyak omega-3 yang sehat dari ikan, walnut, biji rami dan sayuran berdaun. Peningkatan asupan vitamin E - dari sereal, kacang-kacangan dan biji-bijian misalnya - dapat membantu.

Selain diet Anda, melindungi mata Anda dari matahari juga membantu mencegah atau setidaknya memperlambat timbulnya katarak. Lensa Photochromic berguna jika Anda bekerja di luar ruangan di bawah sinar matahari atau memiliki lapisan UV pada lensa Anda dapat menghalangi sinar UV yang berbahaya.

Para profesional medis juga menyarankan untuk berhenti merokok, yang dapat membantu mengurangi timbulnya katarak.

Cara terbaik menjaga kesehatan mata adalah melakukan pemeriksaan mata secara rutin dengan spesialis mata

Obat permanen adalah operasi, yang umum, cepat dan tidak rumit karena kemajuan dalam teknologi medis. Melibatkan melepas lensa mata yang gelap (katarak) dan menggantinya dengan sisipan plastik yang disebut lensa intraokular. Pasien kadang-kadang dapat mengalami perubahan dengan cepat, tetapi untuk yang lain mungkin diperlukan waktu hingga satu bulan sampai mereka memiliki penglihatan penuh lagi.

Seorang dokter akan memberikan saran perawatan setelah perawatan katarak, tetapi melibatkan penggunaan obat tetes mata, memakai pelindung mata di malam hari dan menghindari menggosok mata.

PERSYARATAN OPERASI PENGLIHATAN

Terkadang orang mungkin memerlukan kacamata resep untuk presbyopia (kerusakan penglihatan alami yang datang dengan penuaan) seperti Varilux lensa progresif Varilux setelah operasi katarak.

Dalam beberapa kasus, pasien mungkin mengalami sensitivitas terhadap cahaya, terutama ketika menggunakan layar komputer atau menonton TV, sehingga kacamata komputer seperti Eyezen dapat membantu menenangkan mata dan memberikan penglihatan yang nyaman.

APAKAH ANDA MUNGKIN MEMILIKI KATARAK?

Kunjungi spesialis perawatan mata terdekat untuk pemeriksaan mata hari ini

ARTIKEL TERKAIT

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA