BAGAIMANA CARA MENANGANI SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER (CVS)

APA ITU SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER?

Sindrom Penglihatan Komputer (CVS), biasa disebut sebagai mata tegang digital, adalah suatu kondisi yang dapat terjadi ketika menggunakan komputer dan perangkat lain dengan layar digital untuk jangka waktu yang lama. Ini dapat menyebabkan penglihatan kabur atau iritasi mata, merupakan gejala CVS.

Bahkan jika seseorang menggunakan layar hanya dua jam setiap hari, mereka dapat mengalami kondisi ini. Bahkan, antara 50 persen hingga 90 persen individu yang pekerjaannya melibatkan komputer, mengalami gejala ketegangan mata digital. Bentuk mata ini disebabkan oleh cahaya terang (atau cahaya biru) dari layar dan karena mata Anda harus terus-menerus fokus dan memfokuskan kembali saat Anda membaca sesuatu di monitor.

  • Computer Vision Syndrome Symptoms

APA SAJA GEJALA DAN EFEK DARI CVS?

Sindrom penglihatan komputer memiliki banyak gejala, dan penderita mungkin tidak mengalami semuanya sekaligus. Yang paling umum adalah perubahan pada penglihatan yang meliputi:

  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Iritasi mata
  • Mata merah atau kering
  • Nyeri leher atau punggung
  • Sakit kepala

Jenis gejala yang dialami akan tergantung pada masing-masing orang, terutama dalam hal kondisi mata yang sudah ada sebelumnya, jumlah waktu yang mereka habiskan di komputer dan apakah mereka memiliki masalah yang tidak didiagnosis dengan penglihatan mereka.

Misalnya, beberapa orang dengan rabun jauh (melihat benda-benda di kejauhan lebih jelas daripada objek dekat) atau astigmatisme (kondisi penglihatan umum yang menyebabkan penglihatan kabur.) Mungkin tidak memakai kacamata atau lensa yang benar, mungkin secara tidak sengaja meningkatkan sindrom penglihatan komputer. Gejala Sindrom Penglihatan Komputer juga dapat menjadi lebih jelas seiring pertambahan usia - dan kemampuan Anda untuk fokus pada objek di dekatnya mulai memburuk. Ini disebut presbyopia.

Fortunately, most of these symptoms are only temporary and once the individual spends adequate time away from the computer, they will stop. For some people, however, symptoms can continue even after they’ve stepped away from the screen: vision can remain blurred and headaches can persist. If this is the case, the individual should take steps towards reducing digital eye strain as much as they can.
 

  • Computer Vision Syndrome & Work

BAGAIMANA ANDA DAPAT MERAWAT CVS?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi efek CVS pada mata dan tubuh Anda, dengan cukup sederhana yang dilakukan dengan segera.

Postur tubuh penting ketika duduk di depan komputer untuk jangka waktu yang lama. Untuk menghindari ketegangan mata dan leher Anda, monitor Anda idealnya harus terletak sedikit di bawah tingkat mata dan antara 20-28 inci dari wajah Anda. Pertimbangkan membeli pemegang dokumen yang berdiri sehingga kertas Anda berada pada level yang sama dengan monitor Anda.

Anda ingin agar ruang kerja Anda cukup terang, tetapi tidak terlalu terang. Cahaya alami lebih disukai selama Anda memastikan Anda tidak mendapatkan silau pada layar Anda dari jendela terdekat, karena ini dapat membuat Anda strabismus, menyebabkan ketegangan pada mata Anda. Lampu meja bisa menjadi sumber cahaya yang baik karena Anda dapat mengarahkan sinar ke arah yang tepat yang Anda inginkan. Di komputer Anda, gunakan filter anti-silau (panel jelas yang secara fisik ditempatkan di atas monitor Anda) dapat membantu mengurangi jumlah silau yang Anda dapatkan dari layar Anda.

  • Computer Glasses for CVS

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memastikan Anda memberi sedikit istirahat pada mata Anda sepanjang hari. Sebagai aturan umum, pikirkan 20-20-20: berpalinglah dari layar setiap 20 menit, berfokus pada sesuatu yang kira-kira 20 kaki jauhnya selama sekitar 20 detik. Ini memungkinkan mata Anda untuk beristirahat dan menyesuaikan kembali. Anda juga dapat menggunakan obat tetes mata atau semprotan mata untuk membantu menyegarkan kembali mata ketika kering.

Sehingga, kacamata komputer bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi silau dan menghindari ketegangan mata digital. Kacamata seperti Eyezen memiliki lensa khusus, yang benar-benar dapat membantu menyaring cahaya biru, sehingga Anda dapat terus melihat layar dengan sorotan minimal yang masuk ke mata Anda.

Jika tidak ada yang membantu dan Anda terus menderita Sindrom Penglihatan Komputer, kunjungi ahli kacamata Anda. Anda mungkin memiliki kondisi mata yang tidak terdiagnosis yang perlu ditangani atau mungkin membutuhkan resep yang berbeda untuk kacamata atau lensa kontak Anda.

MENGHABISKAN BANYAK WAKTU DI DEPAN LAYAR?

Kunjungi ahli kacamata terdekat dan mulailah melindungi mata Anda hari ini

ARTIKEL TERKAIT

KETEGANGAN MATA

Ketegangan mata adalah gejala penglihatan umum dapat menyerang siapa saja. Pelajari bagaimana melindungi mata terhadapnya.

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA