KONJUNGTIVITIS, MATA MERAH: GEJALA, PENYEBAB & PERAWATAN

APAKAH KONJUNGTIVITAS?

Konjungtivitis atau mata merah adalah penyakit umum yang terjadi akibat peradangan pada bagian mata yang membuat putih mata berubah warna. Saat mengalami konjungtivitis, mata akan terlihat merah bahkan disertai dengan rasa gatal atau berair. Selain itu, kondisi mata merah dapat menular melalui kontak langsung dengan penderitanya atau kontak dengan benda yang disentuh.

 

Ingin tahu kacamata sempurna yang dapat mencegah mata merah? Lensa Sapphire UV solusinya!

Perlindungan terbaik melawan debu dan noda.Yuk, lihat videonya!  

 

 
 

Lensa Sapphire UV, Solusi Penglihatan Tetap Sehat Bebas dari Debu dan Noda!

 

PENYEBAB DAN JENIS KONJUNGTIVITIS

Ada banyak penyebab mata merah, baik melalui reaksi alergi atau infeksi bakteri atau virus. Berikut uraiannya:

  • Konjungtivitis alergi biasanya musiman, dan peradangan disebabkan dari iritasi luar seperti serbuk sari, bulu binatang (serpihan kulit), atau debu. Mata bisa terasa gatal atau bengkak dan kadang kering.

  • Konjungtivitis bakteri sering disebabkan ketika bakteri bertemu mata dari tangan yang tidak dicuci atau permukaan yang tidak bersih. Peradangan dari konjungtivitis bakteri bisa sangat menyakitkan dan mata bisa mulai mengeluarkan nanah (cairan kuning). Infeksi bakteri pada mata harus segera diobati.

  • Virus konjungtivitis sangat menular dan mudah menyebar di antara orang-orang ketika berada di area publik yang besar seperti sekolah atau bandara. Virus konjungtivitis paling sering diikuti oleh pilek dan dapat menyebabkan rasa gatal yang parah atau bahkan cairan yang kental dan jernih. Setiap infeksi virus harus segera ditangani oleh dokter, tetapi dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari.

 

Klik di sini untuk menemukan optik terdekat dan dapatkan penawaran menarik 

 

 

Yuk lindungi mata Anda dari noda dan debu yang dapat menyebabkan mata merah.

Cek produk di bawah ini dan jaga kesehatan mata Anda.

 

 

 

Crizal Sapphire UV, solusi perlawanan terbaik melawan debu dan noda untuk penglihatan sempurna

 

 

 

GEJALA KONJUNGTIVITIS

Secara umum, gejala konjungtivitis berbeda-beda tergantung dari penyebab dan jenisnya. Berikut adalah beberapa gejala yang umum dirasakan penderitanya.

  • Mata berubah warna menjadi kemerahan atau merah muda di satu atau kedua mata karena pembuluh darah kecil yang terdapat pada konjungtiva mengalami peradangan.

  • Terjadinya pembengkakan akibat peradangan mata

  • Peningkatan produksi air mata

  • Mata terasa perih dan gatal

  • Mata akan lebih sensitif terhadap cahaya dan terasa tidak nyaman

  • Mata juga dapat mengeluarkan cairan yang mengeras pada malam hari, sehingga menyulitkan Anda untuk membuka mata di pagi hari.

  • Mata terasa berpasir

Namun, apabila Anda mengalami gejala konjungtivitis yang cukup serius, sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Perawatan yang tepat akan membantu penyembuhan yang cepat.

 

MENANGANI KONJUNGTIVIVTIS

Ketika mata mulai meradang akibat dari virus atau bakteri mata merah, maka Anda harus menghubungi dokter sesegera mungkin. Tetapi, gejala mata merah akan hilang dalam beberapa hari dan tidak membutuhkan waktu lebih dari satu minggu. Jika gejalanya menetap lebih dari satu minggu, segera cari pertolongan medis untuk antibiotik.

Ada beberapa perawatan di rumah yang membantu meringankan gejala mata merah seperti kompres hangat di area mata, meminum ibuprofen untuk nyeri, dan pembengkakan atau menggunakan tetes mata untuk melumasi permukaan dari mata. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lensa yang dapat melindungi mata dari debu dan kotoran, seperti lensa Crizal Sapphire UV.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengobatan dan pencegahan konjungtivitis, kunjungi dokter mata terdekat Anda.

 

Klik di sini untuk menemukan optik terdekat

dan dapatkan penawaran menarik

 

 

 

PENCEGAHAN KONJUNGTIVITIS

Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi mata merah. Apalagi virus mudah menyebar melalui pertukaran langsung cairan tubuh atau kontak tangan ke tangan, sehingga kebanyakan anak rentan terhadap infeksi mata merah. Berikut adalah beberapa tips sederhana tentang cara mencegah penyebaran konjungtivitis:

  • Cuci tangan dengan baik. Umumnya, anak-anak jarang mencuci tangan mereka secara teratur dan cenderung suka menyentuh apa saja. Apalagi jika anak-anak berada dalam jarak dekat seperti di kelas, menghentikan penyebaran mata merah dapat terasa seperti prestasi yang mustahil.

  • Gunakan pembersih tangan. Pembersih tangan sangat membantu untuk mengurangi penyebaran bakteri yang menyebabkan mata merah. Selain itu, berlatihlah menutupi hidung dan mulut saat bersin atau batuk. Hindari juga menyentuh area mata terutama dengan tangan yang kotor. 

  • Disarankan untuk membersihkan dan menyimpan lensa kontak dengan benar dan menghindari penggunaan riasan mata ketika mata terinfeksi. 

  • Membersihkan sprei dan handuk secara teratur. 

  • Lindungi area mata dengan menghindari bahan kimia yang keras atau memakai kacamata ketika berada di hadapan bahan kimia.. 

  • Penderita alergi harus memiliki antihistamin di tangan (obat pencegahan alergi) untuk mencegah gejala mata merah sebelum musim alergi dimulai.

ARTIKEL TERKAIT

TAHUKAN ANDA, PENGLIHATAN DAPAT MEMBURUK DENGAN BERTAMBAHNYA USIA?

Penglihatan Anda bergantung pada usia, gejala, kondisi, dan penyakit yang anda tahu atau tidak tahu.

Pelajari lebih lanjut

Macam-Macam Masalah Penglihatan

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari juga cara merawat mata agar penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

Semua Hal Seputar Pemeriksaan Mata

Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Informasi apa saja yang perlu Anda tanyakan?

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA