SINDROM MATA KERING: GEJALA, PENYEBAB, DAN PERAWATAN

MENGAPA ANDA TERINFEKSI MATA KERING?

Mata kering adalah gejala sangat umum yang mempengaruhi sebanyak 337 juta orang di seluruh dunia. Perasaan gatal tidak nyaman yang akan Anda rasakan di mata setelah menatap layar komputer untuk waktu yang lama tanpa berkedip. Anda juga bisa merasakan perasaan yang aneh di mata Anda saat menatap atau fokus pada sesuatu dan lupa berkedip sesering yang seharusnya.

Hampir setiap orang mungkin menderita atau akan menderita mata kering di beberapa titik dalam hidup mereka. Namun, ada beberapa kasus di mana mata kering adalah gejala dari masalah penglihatan yang lebih serius.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita memahami lebih banyak tentang mata kering dan bagaimana hal itu memengaruhi Anda.

 

APA PENYEBAB MATA KERING?

Mata kering disebabkan oleh mata yang tidak punya cukup pelumas atau air mata untuk menjaganya tetap lembab. Kurangnya lubrikasi inilah yang menyebabkan perasaan tidak nyaman atau mata kering.

Banyak alasan mengapa mata Anda tidak menghasilkan cukup banyak air mata, tetapi paling umum adalah:

  • Masalah penglihatan tertentu mengakibatkan mata kering sebagai gejala
  • Menghabiskan waktu lama di depan layar adalah penyebab umum mata kering
  • Kondisi berangin, AC atau pemanas dapat membuat mata Anda kering
  • Mengenakan lensa kontak untuk waktu yang lama
  • Sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu

GEJALA SINDROM MATA KERING

Anda mungkin mengalaminya sedikit berbeda dari orang lain, berikut adalah daftar gejala sederhana yang menjelaskan bagaimana mata kering dapat mempengaruhi Anda.

  • Mata merah atau meradang (bengkak)
  • Sensasi terbakar di permukaan mata
  • Mata lelah, mata yang merasa seolah-olah ingin tetap tertutup untuk jangka waktu yang lama
  • Gatal yang konsisten
  • Mata sering terasa terlalu kering
  • Penglihatan kabur, objek tampak tidak fokus
  • Fotofobia, sensitivitas terhadap cahaya terang
  • Mata berair, pembuluh dapat memproduksi air mata berlebihan, tetapi tidak cukup lama untuk memperbaiki rasa kering
  • Sensasi yang tidak nyaman, ketika Anda merasa ada sesuatu di mata Anda, meskipun tidak ada apa pun di sana

BAHAYA MATA KERING

Ketika diabaikan, konsekuensi dari mata kering sangat tidak nyaman. Contohnya termasuk jaringan parut di permukaan mata atau peradangan intens (pembengkakan).

Profesi tertentu membuat gejala mata kering sulit dihindari. Profesi yang membutuhkan waktu lama menatap layar komputer atau ponsel, atau ahli bedah yang diminta untuk memegang garis pandang mereka tanpa berkedip. Disarankan untuk sering beristirahat melihat layar Anda, untuk menghindari mata kering.

 

CARA MENYEMBUHKAN MATA KERING

Ketika mata kering, pertimbangkan dua pilihan ini; pencegahan dan pengobatan. Jika Anda ingin menghindari mata kering, maka lebih baik fokus mencegah mata kering melalui beberapa teknik sederhana.

  • Mengenakan kacamata komputer atau lensa khusus yang membantu mencegah mata kering dari menatap layar komputer terlalu lama. Lensa Eyezen menyaring sinar biru dari layar dan mengurangi ketidaknyamanan.
  • Beristirahat secara teratur saat bekerja di depan komputer atau di depan layar untuk mengistirahatkan mata selama beberapa menit.
  • Latihan mata sederhana dapat membantu mencegah mata kering. Bergantian memejamkan mata dengan perlahan kemudian pejamkan secara kuat. Lakukan sekitar 20 kali sehari untuk perbanyak kedipan, yang secara otomatis akan menghasilkan air mata di mata Anda.

Jika Anda sudah menderita mata kering, ada opsi perawatan yang perlu dipertimbangkan untuk memberi Anda bantuan yang sangat dibutuhkan.

  • Tetes mata atau air mata buatan melumasi mata dengan cara alami, tanpa obat. Tersedia di sebagian besar toko dan apotek, ini adalah cara yang sederhana dan efektif untuk memberikan bantuan segera.
  • Ukuran yang lebih invasif dan ekstrem adalah operasi korektif. Ini untuk kasus-kasus ekstrim dan tidak boleh dipertimbangkan tanpa berkonsultasi dengan profesional medis.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang mencegah mata kering atau mengobati kondisi tersebut, kami sarankan untuk mengunjungi ahli mata professional terdekat Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

MENDERITA MATA KERING?

Kunjungi toko optik terdekat Anda hari ini untuk mempelajari solusi yang tersedia bagi Anda

ARTIKEL TERKAIT

KETEGANGAN MATA

Ketegangan mata adalah gejala penglihatan umum dapat menyerang siapa saja. Pelajari bagaimana melindungi mata terhadapnya.

Baca lebih lanjut

GEJALA PENGLIHATAN FOKUS: PENGLIHATAN KABUR

Penglihatan kabur merupakan gejala yang sangat berbeda dari berbagai kondisi mata dan penyakit.

Baca lebih lajut

KONDISI MATA: SINDROM PENGLIHATAN KOMPUTER

Terlalu banyak waktu di depan layar dapat memengaruhi mata Anda dan menyebabkan sindrom penglihatan komputer.

Pelajari lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA