Mata Tegang: Gejala, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Apa itu Mata Tegang?

Mata tegang (juga sering disebut asthenopia) adalah istial yang biasa digunakan untuk menggambarkan beberapa gejala yang dialami ketika mata telalu lelah.

Gejala umum mata tegang yang biasa dirasakan meliputi:

  • Kelelahan mata (mata lelah)

  • Sakit kepala

  • Penglihatan kabur atau ganda

  • Mata perih

  • Mata merah

  • Mata berkedut

  • Merasa tidak nyaman di sekitar mata

 

Lensa Eyezen, Perlindungan Terbaik dari Layar Digital!

 

Tidak hanya dalam sakit mata; ketika otot-otot dikepal terlalu banyak tegang, ketidaknyamanan juga bisa dirasakan di wajah, rahang dan pelipis. Semua gejala ini dapat menyebabkan kelelahan umum, penurunan produktivitas dan peningkatan kesalahan yang dilakukan di tempat kerja.

Meskipun ketegangan mata bisa tidak nyaman dan menjengkelkan, kabar baiknya adalah itu tidak permanen atau serius; ketegangan mata akan hilang begitu Anda membiarkan mata Anda beristirahat.

 

Apa Saja Penyebab Mata Tegang?

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari ketegangan mata. Beberapa diantaranya seperti:

  • Menatap layar komputer selama berjam-jam

  • Membaca untuk waktu yang lama

  • Berkendara terlalu lama tanpa istirahat

Untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer setiap hari, 50 hingga 90 persen dari mereka akan mengalami ketegangan mata (atau masalah penglihatan lain) sebagai akibat langsung dari menatap layar digital.

Gejala ketegangan mata dapat memburuk pada orang yang memiliki kondisi atau masalah penglihatan lain seperti astigmatisme, miopi (rabun jauh) atau (rabun dekat).

Seringkali, tanda-tanda ketegangan mata dapat mengisyaratkan adanya masalah penglihatan lain, jadi disarankan untuk memeriksakan mata Anda secara teratur.

Perlu diperhatikan bahwa obat-obatan tertentu juga dapat menghasilkan mata kering, yang merupakan salah satu gejala utama ketegangan mata. Maka baiknya Anda memeriksa label obat yang dikonsumsi dapat menimbulkan ketegangan mata sebagai efek samping.

 

Mata Tegang Karena Layar Digital Gadget

 

Bagaimana Cara Mengatasi Ketegangan Mata?

Hal utama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi mata tegang adalah membiarkan mata Anda beristirahat sejenak ketika sedang melakukan aktivitas yang memerlukan fokus tinggi. Jika Anda menggunakan layar komputer atau membaca buku, ikuti aturan 20-20, mengalihkan pandangan setiap 20 menit selama 20 detik.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengindari mata tegang, seperti:

  1. Mengatur tingkat keterangan layar monitor gadget agar setara dengan keterangan cahaya di ruangan

  2. Menyesuaikan ukuran dan jenis font di komputer agar dapat terlihat dengan jelas

  3. Hindari duduk di depan atau belakang jendela ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan penglihatan yang fokus

  4. Hindari membaca atau menatap layar monitor dalam ruangan yang gelap atau redup

Hal penting lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi ahli kacamata atau dokter mata untuk memeriksakan kondisi mata. Anda mungkin memiliki kondisi mata yang belum terdiagnosis sebelumnya, atau juga Anda perlu memperbarui resep kacamata Anda.

Mata tegang juga dapat dihindari dengan menggunakan kacamata dengan lensa khusus yang dapat menyaring cahaya terang dari layar komputer, seperti lensa Eyezen.

Eyezen merupakan solusi lensa kacamata yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi ketegangan mata ketika menggunakan gadget. Selain itu, Eyezen juga dapat menghalai paparan radiasi sinar biru dari layar digital yang berbahaya bagi mata.

 

 

Produk Lensa Kacamata Terbaik untuk Menghindari Mata Tegang

 

Crizal Blue UV Capture, perlindungan mata dari sinar biru berbahaya

Lensa Eyezen dirancang untuk hidup digital Anda

Lensa Varilux Digitime, pilihan terbaik untuk kegiatan digital Anda

 

Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membiarkan mata Anda beristirahat secara teratur. Jika Anda menggunakan layar komputer atau membaca buku, ikuti aturan 20-20-20 dan lihat jauh dari layar atau halaman setiap 20 menit selama sekitar 20 detik. Pastikan Anda melihat sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki, memberi Anda kesempatan untuk beristirahat sebelum kembali ke pekerjaan atau membaca.

Ada beberapa penyesuaian yang dapat Anda lakukan pada komputer Anda untuk membantu memerangi ketegangan mata.

  • Pertama-tama, lihat pengaturan tampilan monitor Anda. Pastikan kecerahan layar Anda tidak terlalu terang atau terlalu redup: Anda harus berusaha menjadikan tingkat cahaya yang sama ke seluruh ruang kerja atau ruangan Anda. 

  • Anda juga harus menyesuaikan ukuran dan jenis font komputer jika diperlukan, jadi Anda tidak akan berusaha keras untuk membaca teks yang kecil atau tidak terbaca.

  • Ketika memikirkan tentang kubikel Anda, pertimbangkan jenis-jenis cahaya yang Anda hadapi, baik alami maupun buatan. Jika memungkinkan, pastikan Anda tidak duduk tepat di belakang atau di depan jendela, karena ini akan mengurangi silau dari sinar matahari yang masuk. Jika diperlukan, tutup semua tirai untuk manghalau cahaya yang masuk.

  • Anda juga harus memeriksa jenis bola lampu apa yang digunakan di ruangan. Pencahayaan kantor berpijar yang khas terlalu kasar bagi kebanyakan orang, dengan lampu intensitas rendah sebagai pilihan yang jauh lebih baik untuk mengurangi silau.

Hal penting lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi ahli kacamata atau dokter mata untuk memeriksakan mata Anda. Anda mungkin memiliki kondisi mata yang tidak terdiagnosis, atau Anda mungkin salah resep, dan memecahkan masalah ini akan secara signifikan mengurangi gejala ketegangan mata.

Mungkin ada baiknya mempertimbangkan lensa khusus yang dapat menyaring cahaya terang dari layar komputer, seperti lensa Eyezen, yang ideal untuk orang yang terhubung secara digital.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa walaupun ketegangan mata membuat frustrasi - terutama ketika itu mulai mempengaruhi pekerjaan Anda - itu hanya sementara. Namun, dengan merawat mata Anda, termasuk memberikan perhatian yang tepat ke kubikel Anda dan kebiasaan kerja, ketegangan mata dapat dihindari.

 

ARTIKEL TERKAIT

GEJALA PENGLIHATAN FOKUS: PENGLIHATAN KABUR

Penglihatan kabur merupakan gejala yang sangat berbeda dari berbagai kondisi mata dan penyakit.

Baca lebih lajut

Semua Hal Seputar Pemeriksaan Mata

Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Informasi apa saja yang perlu Anda tanyakan?

Baca lebih lanjut

Macam-Macam Masalah Penglihatan

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari juga cara merawat mata agar penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA