GLAUKOMA: GEJALA, PENYEBAB, PERAWATAN & PENCEGAHAN

SANG PENCURI PENGLIHATAN: GLAUKOMA

Salah satu penyebab utama kebutaan ireversibel di seluruh dunia, Glaukoma dapat menyerang siapa saja, dan disebut sebagai 'pencuri penglihatan' karena fakta tersebut asimptomatik (tidak menimbulkan gejala) pada tahap awal, dan bahkan kerugian berikutnya penglihatan tepi dengan mudah melewati tanpa disadari.

Setelah kerusakan telah terjadi, tidak dapat dibatalkan, itulah sebabnya membangun kesadaran untuk mendorong orang melakukan pemeriksaan mata rutin yang menyaring glaukoma, adalah wajib. Seberapa teratur pemeriksaan mata ini perlu ditentukan oleh beberapa faktor termasuk usia, ras dan riwayat keluarga dari penyakit tersebut.

APA ITU GLAUKOMA?

Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kebutaan permanen dengan merusak saraf mata Anda. Kerusakan ini terjadi karena peningkatan tekanan di mata Anda, yang disebabkan oleh penumpukan cairan.

GEJALA GLAUKOMA

Kebanyakan penderita glaukoma tidak mengalami rasa sakit dan hampir tidak ada gejala. Mereka hanya sadar penyakit ini begitu mereka melihat titik buta pada penglihatan tepi mereka. Namun, ada beberapa gejala, yang mungkin merupakan indikasi glaukoma, jadi sangat baik untuk memperhatikannya. Yaitu:

  • Glaukoma dapat menunjukkan beberapa gejala awal termasuk sakit parah di mata atau dahi
  • Ada beberapa kasus mata memerah
  • Penderita juga mengeluhkan penglihatan yang menurun atau kabur
  • Beberapa pasien glaukoma melihat pelangi atau lingkaran cahaya di sekitar cahaya terang
  • Penderita juga bisa mengalami mual dan muntah

Penderita glaukoma biasanya menderita sensitivitas cahaya yang menyakitkan atau fotofobia. Ini terutama disebabkan oleh peningkatan tekanan di mata. Pelapis Crizal untuk lensa Anda dapat membantu menghilangkan silau dan menenangkan mata Anda, membantu meringankan ketidaknyamanan mata.

PILIHAN PENGOBATAN UNTUK GLAUKOMA

Ada berbagai pilihan perawatan untuk penderita glaukoma, tergantung pada jenis atau tingkat keparahan penyakit Anda.

  1. Tetes Mata - ini digunakan untuk menurunkan tekanan di mata Anda, dan biasanya merupakan upaya pertama untuk mengendalikan onset glaukoma. Seringkali, kombinasi beberapa tetes mata diperlukan.
  2. Terapi Laser - perawatan ini bervariasi tergantung pada tingkat keparahan penderitaan dan bertujuan untuk mengurangi tekanan di mata Anda.
  3. Pembedahan - ketika semua opsi gagal, operasi diperlukan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma dan mengembalikan penglihatan.

APAKAH PROGNOSIS UNTUK GLAUKOMA?

Prognosis sangat bergantung pada bagaimana awal penyakit dideteksi. Diagnosis dini, dibuat sebelum kerusakan saraf optik yang signifikan terjadi, penawaran prognosis umumnya positif. Diagnosis tertunda berarti tindakan terapeutik yang lebih agresif dan kehilangan penglihatan di masa depan hampir tidak bisa dihindari.

Cara terbaiknya, mereka yang diagnosis glaukoma perlu menyadari bahwa itu adalah penyakit seumur hidup, dan harus patuh total dengan resep obat yang diresepkan dan kunjungan rutin ke dokter mata adalah mutlak diwajibkan.

KHAWATIR TENTANG GLAUKOMA?

Kunjungi spesialis perawatan mata terdekat Anda hari ini untuk mencari tahu tentang glaukoma

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA