SAKIT KEPALA ATAU MIGRAINE: SIGNAL DARI MASALAH PENGLIHATAN

SAKIT KEPALA, LEHER DAN BAHU

Ketegangan otot bisa menjadi cukup buruk dengan sendirinya, tetapi mengalami ketegangan di leher, bahu atau punggung atas juga bisa dikaitkan dengan masalah dengan penglihatan Anda. Otot-otot yang tegang menekan saraf mata yang terletak di belakang leher Anda, dan aliran darah ke mata Anda menjadi terbatas. Yang dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain, serta berdenyut di sekitar pelipis, mual, muntah, dan penglihatan kabur.

HUBUNGAN ANTARA PENGLIHATAN DAN NYERI

Jika Anda menderita sakit kepala atau migrain (jenis sakit kepala parah yang mencakup gejala seperti kilatan terang di penglihatan Anda, garis bergelombang atau kebutaan sementara) secara teratur, mungkin ada hubungan antara rasa sakit yang Anda alami di kepala dan penglihatan. Banyak kondisi mata (yang berkembang dengan masalah penglihatan) memaksa otot-otot mata bekerja terlalu keras, dengan ketegangan ini mengakibatkan sakit kepala atau migrain yang ekstrim, meskipun penyebab sakit kepala dapat bervariasi dijenis dan intensitasnya.

Dengan migrain okular (juga disebut migrain visual, migrain retina atau migrain monokular), kehilangan penglihatan dapat secara singkat terjadi hanya pada satu mata baik selama atau setelah migrain. Migren visual ini bisa sangat menyakitkan dan sering disertai dengan sensasi berdenyut di kepala. Gejala termasuk mual, muntah dan kepekaan terhadap cahaya ketika mengalami migrain okular. Rasa sakit ini dapat meningkat ketika bergerak, jadi sebaiknya berbaring sampai migrain berhenti.

Apa pun yang menyebabkan otot mata Anda menjadi tegang dapat menyebabkan rasa sakit bagi Anda di tempat lain. Kondisi mata lainnya seperti astigmatisme (kondisi penglihatan umum yang menyebabkan penglihatan kabur), hyperopia (rabun jauh) dan presbyopia (ketidakmampuan untuk fokus pada objek dekat) dapat mengakibatkan ketegangan mata karena mata berjuang untuk melihat objek dengan jelas. Kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit adalah glaukoma, yang terjadi karena penumpukan tekanan di mata, sehingga kehilangan penglihatan.

Nyeri leher dan bahu dapat dikaitkan dengan masalah dengan penglihatan Anda jika bekerja di komputer untuk jangka waktu yang lama. Sering disebut sebagai sindrom penglihatan komputer (CVS) atau ketegangan mata, digital, individu yang tidak memiliki postur yang benar ketika duduk di depan layar dapat mengalami rasa sakit di punggung, bahu dan leher. Mereka juga mendapatkan masalah penglihatan karena posisi dan silau monitor komputer mereka.
 

BAGAIMANA MENCEGAH NYERI

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah jenis nyeri leher, bahu dan punggung yang dapat menyebabkan masalah penglihatan. Mengidentifikasi penyebab sakit kepala dapat membantu, seperti halnya memeriksa cara saat Anda duduk bekerja.

Jika, misalnya, Anda menghabiskan berjam-jam seharian duduk di depan komputer, cobalah evaluasi cara Anda bekerja dan cara Anda duduk. Anda dapat bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengevaluasi diri Anda:

  • Apakah Anda membungkuk di atas keyboard Anda?
  • Apakah Anda duduk terlalu dekat dengan layar Anda?
  • Apakah monitor Anda ditempatkan pada ketinggian yang tepat?
  • Apakah keyboard Anda dalam posisi di mana Anda dapat meraihnya dengan nyaman?

Ada juga hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan mata di tubuh Anda.

  • IIdealnya, Anda ingin monitor Anda setinggi mata atau tepat di bawah, dengan layar tidak lebih dekat ke mata Anda daripada 20 inci (atau sepanjang lengan).
  • Jika Anda memiliki monitor yang lebih besar, Anda harus menyesuaikan posisi Anda sehingga Anda duduk lebih jauh dari layar.
  • Jika Anda mengenakan kacamata bifokal, Anda harus menurunkan monitor Anda, sehingga Anda tidak perlu menengadah ke atas untuk melihatnya dengan benar. Anda juga dapat beralih ke lensa multifokal atau progresif seperti Varilux untuk efek yang sama.
  • Pastikan Anda tidak berusaha mencapai tombol di keyboard atau membungkuk untuk mengetik; kedua posisi ini dapat menyebabkan sakit punggung dan leher, yang pada gilirannya dapat memicu sakit kepala atau migrain.

Kabar baiknya adalah bahwa dalam banyak kasus, sakit kepala dapat diobati dengan kacamata resep untuk memperbaiki penglihatan Anda, setelah itu rasa sakit akan mulai berkurang. Untuk migrain, berbaring di ruangan gelap yang tenang dapat membantu meringankan gejalanya. Jika gejala-gejala ini selalu muncul, Anda harus memeriksakan mata secepat mungkin jika Anda memiliki masalah penglihatan yang tidak terdiagnosis yang memerlukan perawatan.

Jika Anda belum memeriksakan mata Anda baru-baru ini, penting bagi Anda untuk mengunjungi spesialis perawatan mata Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi mata yang tidak terdiagnosis atau jika Anda memerlukan kacamata.

SERING MERASAKAN SAKIT KEPALA?

Kunjungi spesialis perawatan mata terdekat Anda hari ini dan periksa apakah ini terkait dengan penglihatan Anda

ARTIKEL TERKAIT

KETEGANGAN MATA

Ketegangan mata adalah gejala penglihatan umum dapat menyerang siapa saja. Pelajari bagaimana melindungi mata terhadapnya.

Baca lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA