Pusing atau Sakit Kepala di Mata dan Masalah Penglihatan

Bagaimana Hubungan Sakit Kepala dengan Masalah Penglihatan?

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala yang memengaruhi penglihatan Anda? Terkadang sakit kepala dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar mata Anda, meskipun sakit kepala itu tidak berkaitan dengan masalah penglihatan.

Di sisi lain, sakit kepala mungkin juga merupakan tanda bahwa mata Anda mengalami masalah sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan mata.

 

Sakit Kepala yang Menyebabkan Masalah Penglihatan

Sakit kepala terkadang dapat menyebabkan masalah penglihatan. Hal ini terutama berlaku untuk migrain dan sakit kepala cluster.

Sakit Kepala Migrain

Sakit kepala migrain dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat di bagian dalam dan di sekitar mata Anda. Biasanya penderita migrain akan mengalami aura yang sering muncul sebelum sakit kepala yang sebenarnya dan dapat mencakup gejala visual seperti lampu berkedip, munculnya pola pelangi, atau pola cahaya berkilauan zig-zag pada penglihatan .

Orang dengan migrain parah juga mungkin mengalami gejala berikut:

  • Mual

  • Muntah

  • Sensitivitas cahaya

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah sakit kepala parah yang terjadi dengan pola atau siklus periode tertentu. Sakit kepala jenis ini biasanya menyebabkan rasa sakit di sekitar mata. Rasa sakit juga sering menjalar ke leher hingga bahu.

 

Masalah Penglihatan yang Menyebabkan Sakit Kepala

Di sisi lain, masalah penglihatan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini sering terjadi terutama ketika Anda sedang bekerja terlalu keras atau memfokuskan penglihatan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Berikut beberapa masalah penglihatan yang dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala.

  1. Mata Tegang

    Terlalu banyak menggunakan otot mata Anda untuk melihat dengan fokus dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala. Masalah ini sering dialami oleh orang yang banyak beraktivitas di depan layar komputer atau perangkat digital lainnya.

    Menatap layar kecil di smartphone atau laptop dapat dengan mudah menyebabkan ketegangan mata. Hal ini dapat terjadi karena teks dan gambar di layar digital terdiri dari piksel dan tidak memiliki tepi yang jelas.

  2. Presbiopi

    Pada usia sekitar 40 tahun-an, orang akan mulai sulit untuk fokus melihat objek pada jarak dekat. Hal ini yang menyebabkan aktivitas seperti membaca atau memasukkan benang ke jarum menjadi lebih sulit. Ini adalah kondisi yang tidak dapat dihindari yang dikenal sebagai presbiopi.

    Pada orang yang mengalami presbiopi, sakit kepala bisa muncul ketika mereka mencoba untuk fokus melihat objek jarak dekat dalam jangka waktu yang cukup lama.

  3. Hipermetropi

    Orang dewasa dan anak-anak dengan rabun dekat (hipermetropi) akan sering mengalami sakit kepala bagian depan. Sakit kepala ini bisa muncul ketika Anda memandang objek secara dekat dengan waktu yang lama.

 

Lensa Blue UV Capture, Solusi Perlindungan Terdapat Sinar UV & Sinar Biru

 

 

Rekomendasi Produk Essilor untuk Menghindari Sakit Kepala karena Masalah Penglihatan

 

Crizal Blue UV Capture, perlindungan mata dari sinar biru berbahaya

Lensa Eyezen dirancang untuk hidup digital Anda untuk mencegah sinar biru berbahaya

Lensa Crizal Transitions, perlindungan mata terbaik dari sinar UV berbahaya yang cocok untuk kegiatan Indoor/Outdoor

 

Cara Mengurangi dan Mengatasi Rasa Sakit di Mata

Ada hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit kepala yang menjalar sampai ke bagian mata:

  • Jika menggunakan komputer atau laptop, posisikan layar Anda sejajar atau tepat di bawah mata, dengan jarak sejauh 50 cm

  • Lakukan pemeriksaan mata jika Anda merasakan gejala masalah penglihatan

  • Gunakan lensa yang tepat untuk gaya hidup Anda seperti Blue UV Capture jika Anda sering menggunakan perangkat digital atau Transitions jika Anda memiliki gaya hidup yang memerlukan Anda berada di dalam dan diluar ruangan

 

Jadi, itulah hubungan antara gangguan penglihatan dan sakit pada tubuh seperti nyeri leher, punggung, dan bahu. Sekarang Anda sudah tahu cara mencegahnya saat menghabiskan waktu yang lama di depan komputer. Yuk kurangi juga rasa sakit pada mata dengan lensa terbaik seperti Blue UV Capture dan Transitions. Klik di bawah ini dan temukan promo spesial untuk kesehatan mata Anda.

ARTIKEL TERKAIT

INGIN TAHU LEBIH LANJUT MENGENAI KETEGANGAN MATA

Ketegangan mata adalah gejala penglihatan umum dapat menyerang siapa saja. Pelajari bagaimana melindungi mata Anda sekarang!

Baca lebih lanjut

Semua Hal Seputar Pemeriksaan Mata

Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Informasi apa saja yang perlu Anda tanyakan?

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA