HYPEROPIA: GEJALA, PENYEBAB & PERAWATAN

APA ITU HYPEROPIA ATAU MATA JAUH?

Hyperopia, juga dikenal sebagai mata jauh atau rabun dekat, adalah masalah penglihatan umum yang membuatnya sulit untuk fokus atau melihat objek dari dekat. Namun, ini tidak memengaruhi kemampuan Anda untuk melihat objek di kejauhan.

Hyperopia, atau hypermetropia, cukup umum pada anak-anak dan orang dewasa dan dapat diobati dengan mudah dengan lensa korektif.

MENGAPA KITA MENDERITA HYPEROPIA?

Kebanyakan orang yang menderita hyperopia, atau rabun dekat mewarisi kondisi tersebut. Jadi hal umum, terdapat kemungkinan seseorang dalam keluarga menderita kondisi ini.

Anda juga bisa menderita rabun dekat karena kondisi medis seperti diabetes, sindrom mata kecil (microphthalmia), kanker di sekitar mata dan masalah pembuluh darah di sekitar mata Anda. Ini cukup langka, dan hanya menyebabkan sebagian kecil penderita hyperopia.

SIAPA YANG TERDAMPAK HYPEROPIA?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini adalah kondisi mata yang umum, yang dapat mempengaruhi Anda pada usia berapa pun. Namun, ada kemungkinan akan mulai mengalami gejala hyperopia seiring bertambahnya usia, dengan sebagian besar gejala Anda dan paling terlihat setelah usia 40 tahun.

Hal ini dapat menyebabkan kebingungan karena kondisi lain yang disebut presbyopia juga mempengaruhi orang-orang saat mereka menua dan berbagi gejala yang sama dengan hyperopia.

Hal ini juga dapat mempengaruhi bayi baru lahir dan anak kecil, tetapi penglihatan mereka secara alami mengoreksi dirinya sendiri saat mereka tumbuh dewasa.
 

GEJALA HYPEROPIA

Hyperopia memiliki beberapa tanda yang jelas yang harus Anda perhatikan, terutama saat Anda tumbuh dewasa. Ini termasuk:

  • Kesulitan membaca, karena kata-kata menjadi buram
  • Perlu menyipitkan mata untuk melihat lebih baik ketika melihat detail dan dekat
  • Terasa sakit atau terbakar di sekitar mata Anda
  • Sakit kepala setelah Anda membaca atau harus fokus pada sesuatu yang dekat dengan wajah Anda untuk waktu yang lama (seperti menjahit, merajut, menggambar, dan lain-lain)

Namun, beberapa orang yang mengidap hyperopia tidak akan memiliki gejala yang hampir tidak kentara. Bahkan ketegangan mata dan rasa lelah bisa menjadi indikator yang Anda butuhkan untuk memeriksakan mata Anda. 

BAGAIMANA ANDA MERAWAT HYPEROPIA?

Solusi cepat dan mudah untuk rabun dekat adalah kacamata yang cocok dengan diagnosis Anda. Lensa cembung dalam kacamata Anda, yang tipis di tepi dan lebih tebal di tengah, membantu memulihkan penglihatan Anda dengan segera.  

Untuk mengetahui tingkat keparahan kondisi Anda, Anda dapat mengunjungi ahli optik yang akan menguji penglihatan Anda. Orang dengan hyperopia memiliki tanda plus (+) di depan nomor resep mereka, ini menunjukkan kekuatan lensa korektif mereka. 

Untuk lebih meningkatkan penglihatan Anda, Anda dapat memiliki lapisan anti-reflektif seperti Crizal ditambahkan ke lensa korektif Anda. Pelapis ini membantu mengurangi sakit kepala dan kelelahan mata yang disebabkan oleh pantulan dari layar komputer dan lampu siang hari. Lapisan ini juga melindungi lensa dari goresan dan noda, memastikan kacamata Anda bertahan lebih lama.

Jika Anda memiliki gaya hidup yang aktif atau pekerjaan diluar ruangan, lensa photochromic seperti Transitions memastikan mata Anda dilindungi dan penglihatan Anda tidak terhalang ketika pergi dari ruangan gelap ke sinar matahari yang cerah atau sebaliknya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai opsi perawatan, kunjungi ahli mata professional terdekat Anda.  

BERPIKIR MUNGKINKAH ANDA MEMILIKI HYPEROPIA?

Kunjungi toko optik terdekat Anda dan dapatkan tes mata hari ini

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

BAGAIMANA CARA KERJA MATA?

Mata membuat kita melihat dunia dan mereka memproses hingga 80% informasi yang diterima setiap hari. Temukan bagaimana mata bekerja..

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA