KERATOCONUS: GEJALA, PENYALAHGUNAAN & PERAWATAN

APA ITU KERATOCONUS?

Keratoconus terjadi ketika kornea (lapisan transparan di depan mata) menjadi terdistorsi, menonjol keluar dan berubah dari bentuk bola normal ke lebih dari bentuk kerucut.

Keratoconus

APA YANG MENYEBABKAN KERATOCONUS?

Ada banyak penyebab keratoconus. Dua penyebab paling umum dari kondisi ini termasuk predisposisi genetik, sehingga umum untuk beberapa anggota keluarga terpengaruh, dan terlalu banyak terkena sinar UV.

Keratoconus mempengaruhi penglihatan Anda karena kolagen (bit-bit protein dalam bentuk serat) yang menahan kornea di tempat menjadi lemah, menghasilkan bentuk kornea berubah karena strukturnya tidak lagi cukup kuat untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Penurunan antioksidan dalam kornea dapat memperburuk masalah ini; peran yang biasa dari antioksidan ini adalah menjaga serat kolagen, melindungi terhadap kerusakan sel dan menjaga kesehatan mata, tetapi jika tingkat antioksidan rendah, kolagen tidak terlindungi dan menjadi lemah.

APA SAJA GEJALA KERATOCONUS?

Ada beberapa gejala keratoconus yang dapat Anda perhatikan, termasuk:

  • Penglihatan kabur atau penglihatan ganda (terutama ketika hanya dalam satu mata)
  • Distorsi objek dalam penglihatan Anda (baik dekat maupun jauh), termasuk gambar hantu ganda atau tiga
  • Halos (lingkaran terang yang muncul di sekitar sumber cahaya), silau atau lampu melesat
  • Mata bengkak
  • Mata merah atau pegal
  • Sensitivitas cahaya
  • Sakit kepala
  • Ketegangan mata
  • Ketidakmampuan memakai lensa kontak

Jika Anda menemukan diri Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala ini, itu bisa berarti Anda memiliki keratoconus.
 

X
i How can we help?
X

BAGAIMANA ANDA MENDETEKSI KERATOCONUS?

Keratoconus sering terdapat dalam keluarga: kira-kira satu dari 10 penderita keratoconus akan memiliki induk biologis dengan keratoconus. Oleh karena itu, jika salah satu dari orang tua Anda memilikinya, Anda mungkin menjadi kandidat yang memiliki kondisi tersebut.

Oleh karena itu, ide yang baik untuk menyebutkan terjadinya keratoconus dalam keluarga Anda kepada spesialis perawatan mata Anda, yang kemudian akan dapat mencari tanda-tanda dan gejala keratoconus tertentu. Sama halnya, jika Anda menderita keratoconus dan memiliki anak sendiri, Anda harus memerhatikan mata anak-anak Anda secara teratur, sedari dini saat usia 10 tahun.

BAGAIMANA ANDA MENDAPATKAN KERATOCONUS?

Untungnya, ada banyak pilihan perawatan keratoconus yang tersedia, dengan tingkat keparahan perawatan tergantung pada seberapa serius kondisinya. Jika Anda hanya memiliki keratoconus ringan, misalnya, kacamata resep mungkin semua yang Anda butuhkan untuk memperbaiki penglihatan Anda. Hal ini juga perlu dicatat bahwa jika berpikir Anda memiliki keratoconus, Anda harus menghindari menggosok mata Anda, karena gesekan konstan lebih lanjut dapat merusak jaringan kornea.

Dalam kasus yang parah, ketika kacamata resep tidak dapat mengatasi masalah, penderita keratoconus dapat menjalani transplantasi kornea. Prosedur bedah ini mengharuskan semua atau sebagian kornea untuk diganti dengan jaringan kornea dari donor, tetapi untuk kebanyakan orang dengan keratoconus, ini tidak diperlukan.

Seperti halnya masalah penglihatan apa pun, langkah pertama yang harus diambil jika Anda berpikir Anda memiliki keratoconus adalah mengunjungi spesialis perawatan mata Anda. Mereka akan dapat mendiagnosis masalah dan merekomendasikan perawatan yang tepat untuk Anda.

MENGALAMI SATU ATAU LEBIH BANYAK GEJALA?

Kunjungi spesialis perawatan mata terdekat Anda untuk mendapatkan saran dan rekomendasi sekarang

ARTIKEL TERKAIT

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA