MASALAH PENGLIHATAN MALAM: GEJALA, PENYEBAB & KOREKSI

MENGHIDUPKAN LAMPU SOROT SAAT PENGLIHATAN MALAM BURUK

Penglihatan malam yang buruk atau rabun senja (dan jika Anda ingin mengesankan teman-teman Anda dengan istilah medis - Nyctalopia) merujuk pada kesulitan yang lebih normal daripada melihat dalam cahaya redup atau di malam hari. Kesulitan melihat dalam kegelapan juga cenderung lebih terlihat ketika berpindah dari area yang terang ke area yang sedikit terang, dan sebaliknya. Kebanyakan orang melaporkan pertama kali melihat masalah ini saat mengemudi di malam hari.

BAGAIMANA MENGETAHUINYA?

Jika Anda memperhatikan gejala-gejala tersebut dan berpikir Anda mungkin memiliki penglihatan malam yang buruk, segera konsultasikan dengan dokter mata. Pemeriksaan mata Anda yang biasa tidak akan mengungkap penglihatan malam yang buruk, jadi perlu untuk melakukan pemeriksaan.

Pengujian kebutaan di malam hari melalui proses sederhana di mana dokter Anda akan menggunakan obat tetes mata untuk menyebabkan pelebaran dan kemudian memeriksa mata Anda dengan Slit Lamp (mikroskop dengan cahaya terang di atasnya). Setelah itu, ada serangkaian pengujian yang mendeteksi pengidentifikasi utama kebutaan di malam hari.

PENGLIHATAN MALAM YANG BURUK DAN USIA

Penglihatan malam yang buruk dipandang sebagai masalah "usia lanjut". Meskipun cenderung mempengaruhi orang-orang dengan bertambahnya usia mereka, namun dapat mempengaruhi siapa pun pada usia berapa pun. Tetapi, sebagian besar penderita kehilangan penglihatan yang signifikan pada malam hari setelah tahun ke-40 mereka.

Dan hal-hal dapat berubah relatif cepat, misalnya, saat berusia 50 tahun mungkin membutuhkan dua kali lebih banyak cahaya untuk melihat seperti saat berusia 30 tahun. Selain itu, penglihatan malam yang buruk terkadang merupakan gejala kondisi mendasar, jadi mungkin saja bisa terjadi pada siapa saja, segala usia, bahkan anak-anak.
 

APAKAH PENGLIHATAN MALAM BURUK BERBAHAYA?

Kesulitan ketika mengemudi di malam hari adalah masalah utama dengan penglihatan malam yang buruk, karena kemampuan pengemudi untuk bereaksi secara tepat waktu dan masuk akal tergantung pada seberapa baik mereka dapat melihat. Penglihatan yang normal terbatas di malam hari, jadi rabun senja dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan secara signifikan.

Balok tinggi, lampu tambahan, dan lampu kabut yang dirancang untuk membantu Anda saat berkendara di malam hari, dapat membantu penglihatan malam yang buruk dalam risiko kecelakaan lebih lanjut karena silau yang ditimbulkannya.

5 PENYEBAB KEBUTAAN DI MALAM HARI

Beberapa penyebab dapat diobati, membutuhkan perubahan gaya hidup, intervensi medis atau bedah, sementara beberapa lainnya tidak.

KURANGNYA VITAMIN A

Jika Anda sudah mendapatkan cukup vitamin A dalam diet Anda, maka mengonsumsi lebih banyak lagi tidak akan menyembuhkan penglihatan malam Anda yang buruk. Namun, jika Anda memiliki kekurangan vitamin A maka Anda dapat menganggap itu sebagai penyebab pasti kebutaan di malam hari Anda.

Perawatan yang disarankan: Makan wortel dan sayuran berdaun atau minum suplemen vitamin.

TIDAK CUKUP ZINC

Vitamin A membutuhkan Zinc untuk berkinerja lebih baik, jadi Anda harus mengambil jumlah yang tepat untuk mengonsumsinya.

Perawatan yang disarankan: Dapatkan Zinc dari daging sapi, unggas, dan kacang-kacangan.

KATARAK

Disebabkan oleh puing-puing yang menumpuk karena pertumbuhan dan kematian sel-sel di lensa mata. Katarak perlahan mengaburkan lensa dan penglihatan Anda, mendistorsi cahaya yang masuk ke mata Anda. Anda dapat melihat 'lingkaran cahaya' di sekitar lampu dan 'starburst' atau memiliki pandangan buram.

Perawatan yang disarankan: Operasi katarak.

TERLALU LAMA TERKENA SINAR MATAHARI

Terlalu lama terkena paparan sinar matahari meningkatkan risiko pengembangan katarak dan, oleh karena itu, merupakan penyebab utama penglihatan malam yang buruk.

Perawatan yang disarankan: Lensa photochromic atau lapisan anti-silau dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Diabetes

Penyakit ini membuat Anda rentan terhadap masalah penglihatan pada malam hari. Gula darah tinggi merusak pembuluh darah dan saraf di mata Anda dari waktu ke waktu menyebabkan kondisi yang disebut Retinopathy.

Perawatan yang disarankan: Pengobatan diabetes tradisional.

Namun, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, sehingga diet yang sehat dapat mencegah timbulnya diabetes.

Saran terbaik, secara umum, adalah waspada dan bertanggung jawab dan pastikan bahwa Anda memiliki pemeriksaan mata setidaknya setiap tahun. Segera temui dokter Anda jika Anda melihat perubahan pada penglihatan Anda.

MEMILIIKI MASALAH SAAT MELIHAT DI MALAM?

Kunjungi spesialis mata terdekat Anda untuk pemeriksaan mata hari ini

ARTIKEL TERKAIT

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA