PRESBYOPIA: GEJALA, PENYEBAB, DAN PERAWATAN

Apakah Presbyopia?

Tulisan kecil menjadi sulit dibaca karena tampak buram. Hal ini merupakan gejala presbyopia dan didokumentasikan sebagai efek samping penuaan yang tak terhindarkan bagi mayoritas orang dewasa. Bahkan mereka yang belum mengalami masalah penglihatan apa pun dalam hidupnya mungkin akan mulai memperhatikan gejala presbyopia saat kita mendekati usia 40-an. 
Presbyopia dapat bermanifestasi dalam banyak cara, yang sering membuat diagnosis agak sulit. Namun, seiring bertambahnya usia, ada kemungkinan bahwa gejala-gejala ini mungkin merupakan tanda kondisi mata.

  • What is presbyopia

Berikut beberapa gejala umum dari presbyopia yang dapat Anda perhatikan:

  • Ketegangan mata atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat 
  • Kesulitan membaca tulisan kecil atau teks
  • Kelelahan mata saat serius fokus pada teks atau benda
  • Membutuhkan cahaya yang lebih terang agar bisa membaca 
  • Tidak bisa fokus pada teks dari dekat
  • Kesulitan berfokus pada objek yang dekat dengan Anda
  • Menyipitkan mata

Apa Penyebab Presbyopia?

Tidak seperti kondisi seperti mata jauh, mata dekat atau astigmatisme, presbyopia adalah masalah yang tak terelakkan yang diprediksi akan mempengaruhi lebih dari 1,4 miliar orang pada tahun 2020.

Karena lensa alami mata kehilangan fleksibilitas, kerapatannya berubah. Kurangnya fleksibilitas ini memberikan beban tambahan pada otot-otot sekitarnya sehingga membuat beberapa item sulit untuk dilihat. Terutama dalam pencahayaan redup di mana mata lebih tegang. Hal ini mengakibatkan kesulitan membaca teks kecil dan bahkan bisa menyebabkan sakit kepala.

Ketika gejala-gejala ini mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, kunjungi ahli mata professional untuk mencari tahu pilihan yang terbaik untuk Anda.

Bifocals? Multifocals?
Bagaimana Cara Terbaik Untuk Memperlakukan Presbyopia?

Kondisi ini dapat dikoreksi dengan kacamata resep, lensa kontak, atau operasi. Disarankan untuk menghindari over power ukuran kacamata bacanya karena ukuran reflaksi mungkin tidak sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Untuk membantu meringankan beberapa gejala, lensa progresif seperti Varilux sering menjadi pilihan pertama bagi pasien dengan presbyopia. Lensa multifokal, memberikan penglihatan yang lebih jelas saat melihat objek dekat, jauh dan jarak menengah. Lensa bifocal, mengoreksi kesalahan penglihatan jauh dan dekat, tetapi sering menyebabkan ketidaknyamanan karena garis terlihat di tengah-tengah lensa.

Untuk penglihatan yang paling nyaman, penderita presbyopia sering menggunakan lensa photochromic seperti Transitions, yang secara otomatis menyesuaikan dengan warna yang lebih gelap ketika berada di bawah sinar matahari langsung. Dikombinasikan dengan lensa progresif, memberikan penderita presbyopia penglihatan yang jelas dan tanpa hambatan. Pasien juga dapat meminta lapisan anti-pantulan seperti Crizal untuk meredakan ketegangan mata, kelemahan lain dari presbyopia.

Selain kacamata resep, ada pilihan lain untuk orang yang menderita presbyopia. Lensa kontak adalah pilihan korektif yang meniru kacamata resep dalam daya bias dan tujuan tetapi ditempatkan langsung pada mata.

Solusi yang lebih permanen untuk presbyopia bisa melalui operasi tetapi tentu terdapat masalah pasca operasi. Mereka yang menderita presbyopia dapat melakukan operasi untuk mencapai monopenglihatanon. Operasi LASIK adalah operasi yang dilakukan oleh dokter mata yang membentuk ulang kornea satu mata untuk memperbaiki penglihatan jarak jauh saat mengoreksi kornea lainnya untuk penglihatan berpandangan jauh ke depan.

Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan profesional sebelum membuat keputusan mengenai kesehatan mata Anda, terutama jika melibatkan operasi atau prosedur dan tentu risikonya. Solusi non-bedah seperti lensa korektif bebas risiko dan efektif mengelola gejala presbyopia.

APAKAH ANDA MUNGKIN MENDERITA PRESBYOPIA?

Kunjungi ahli optik Anda hari ini untuk mencari tahu

ARTIKEL TERKAIT

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA