Presbyopia: Semua yang perlu anda ketahui

Apakah anda merasa kesulitan ketika membaca tulisan yang kecil? Apakah anda merasa kesulitan memfokuskan pandangan anda terhadap barang yang berjarak dekat? Rata rata orang yang tidak memiliki kesulitan atau masalah dengan pengelihatan akan mulai mengalami gejala gejala Presbyopia setelah mereka menganjak umur 40 tahun.

Presbyopia bisa menunjukan gejala gejala dalam berbagai bentuk dan itu membuat mendiagnosa Presbyopia lebih susah. Namun, pada saat Anda sudah berumur, gejala gejala ini bisa menjadi petunjuk kondisi mata Anda.

Ketahui lebih lanjut tentang tanda-tanda dan gejala gejala Presbyopia dan bagaimana cara menanganinya dengan berbagai solusi dibawah ini.

problem.jpg

Gejala

Ada tanda-tanda dan gejala gejala yang harus Anda perhatikan kalau Anda pikir Anda atau orang yang Anda kenal mungkin memiliki Presbyopia. Beberapa dari gejala gejala ini mungkin sudah mulai menganggu atau parah sehingga menggangu kegiatan sehari hari Anda. Apakah anda merasa bahwa hal ini sedang terjadi kepada anda?

 
 
Sign1.jpg

Solusi

Meskipun Presbyopia tidak dapat dihindari, ada banyak solusi yang tersedia sekarang. Setiap solusi punya keunggulan dan kekurangannya tersendiri, oleh karena itu sangat direkomendasikan agar anda mempertimbangkan kesehatan dan gaya hidup Anda ketika memilih solusi yang terbaik untuk Anda.

Presbyopia: Menguak mitos tentang Presbyopia

Mitos 1: Olahraga mata dapat mencegah Presbyopia.

Fakta: Presbyopia terjadi karena penuaan dan berkurangnya elastisitas pada lensa di mata, membuatnya menjadi lebih susah untuk fokus pada benda benda dekat. Hal ini terjadi kepada kebanyakan orang setelah umur 40 dan tidak ada latihan atau supplement untuk memperlambat atau mencegah proses ini.

Mitos 2: Presbyopia itu sama dengan rabun dekat (Hyperopia).

Fakta: Rabun dekat (Hyperopia), adalah kondisi kebalikan dari rabun jauh atau myopia. Hyperopia adalah orang yang kesulitan melihat benda dekat karena bola mata yang lebih pendek dari biasanya. Presbyopia adalah orang yang berkesulitan melihat benda dekat karena mata yang sudah menua dan berkurangnya kemampuan untuk fokus pada benda dekat.

Mitos 3: Saya bisa membeli kacamata baca jadi untuk membaca.

Fakta: Kacamata baca jadi biasanya hanya berukuran plus, memiliki power yang sama untuk kedua mata dan berkelipatan +0.50D. Jika kedua mata Anda berukuran beda, memiliki Astigmatism (silinder) atau rabun jauh (Mines), maka kacamata baca jadi tidak sesuai untuk Anda dan bisa menyebabkan penglihatan buram atau sakit kepala.

Mitos 4: Menggunakan lensa Progressive awal dapat menyebabkan Presbyopia lebih cepat.

Fakta: Lensa Progressive tidak memiliki garis yang jelas pada lensanya dan memberikan transisi yang lebih lembut ketika anda memindahkan fokus dari ukuran jarak jauh ke dekat, membantu mata Anda untuk berfokus pada benda jauh, menengah atau dekat. Penggunaan lensa Progressive akan membantu anda dengan penglihatan hal dekat atau jauh dengan jelas ketika dibutuhkan dan tidak akan menyebabkan Presbyopia lebih cepat.

Mitos 5: Presbyopia dan Myopia tidak akan terjadi bersamaan.

Fakta: Kebanyakan orang masih mengira bahwa jika mereka berabun dekat maka presbyopia tercegah karena mereka bisa baca ketika menglepaskan kacamatanya. Mereka tidak sadar kalau mereka sudah memiliki Presbyopia.

Miskonsepsi lain adalah Myopia akan "membaik" setelah mengalami Presbyopia. Beberapa orang merasa bahwa mereka bisa melihat jauh lebih jelas setelah mereka mengalami Presbyopia. Hal ini terjadi karena berkurangnya tensi pada lensa mata disebakan oleh kelemahan otot siliaris yang mengakibatkan penurunan Pseudomyopia atau Miopia palsu.

visit-expert-desktop.jpg

Kunjungi Ahli Kita

Lebih baik untuk melakukan konsultasi kepada ahli kacamata atau Optometrist agar bisa mendapatkan informasi lebihlengkap tentang Presbyopia dan solusi terbaik untuk kebutuhan anda.