STRABISMUS: GEJALA, PENYEBAB, DAN PERAWATAN

APA ITU STRABISMUS?

Mempengaruhi sekitar dua persen anak-anak secara global, Strabismus atau Esotropia, yang lebih dikenal sebagai mata juling, adalah kondisi mata yang paling sering terjadi pada bayi. Kondisi ini menyebabkan ketidaksejajaran mata - dimana satu mata terlihat lurus ke depan dan mata yang lain melihat ke atas, ke bawah, ke kiri atau ke kanan.

APA YANG MENYEBABKAN STRABISMUS?

Strabismus terjadi ketika enam otot di sekitar mata Anda tidak berfungsi dalam koordinasi sempurna. Disebabkan oleh:

  • Disfungsi otot
  • Rabun jauh
  • Masalah di otak
  • Trauma di sekitar wilayah mata, seperti tertabrak di wajah
  • Infeksi

Genetika dapat memainkan beberapa peran, karena orang tua dengan strabismus memiliki kemungkinan lebih tinggi memiliki anak dengan kondisi yang sama.

GEJALA UMUM STRABISMUS

Kondisi mata ini dapat mempengaruhi penglihatan kita dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi banyak orang. Beberapa gejala umum termasuk:

Selain masalah terkait penglihatan, mengatasi strabismus dapat menyebabkan masalah harga diri yang rendah. Pemeriksaan rutin oleh dokter mata dapat mendeteksi strabismus lebih awal dan memberikan bantuan dalam menentukan pilihan terbaik untuk perawatan.

 

MEMILIKI STRABISMUS?

Orang dengan strabismus, mata tidak dapat fokus pada satu titik atau objek. Oleh karena itu otak tidak dapat menggabungkan dua gambar yang dihasilkan oleh mata untuk membentuk gambar 3 dimensi yang normal.

Alih-alih mencoba memproses dua gambar yang berbeda, otak mengabaikan gambar yang dikirim dari mata yang lebih sejajar. Ini adalah masalah karena mata dimaksudkan untuk bekerja bersama untuk mendapatkan penglihatan yang lebih akurat. Inilah sebabnya mengapa orang yang menderita strabismus sering memiliki masalah dengan persepsi kedalaman dan masalah koordinasi.

 

PERAWATAN APA UNTUK STRABISMUS?

Perawatan Strabismus bertujuan untuk meningkatkan keselarasan mata agar penglihatan meningkat. Pilihan perawatan bervariasi, tetapi sering melibatkan kacamata, latihan mata, dan operasi otot mata.

Meskipun operasi sering kali merupakan pengobatan yang umum, terapi penglihatan dengan kacamata korektif dan latihan mata yang konsisten, telah terbukti berhasil dalam mengoreksi mata juling.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strabismus dan jika perawatan bedah diperlukan, kunjungi dokter mata terdekat Anda.

PEMERIKSAAN RUTIN DAPAT MENDETEKSI STRABISMUS DINI

Kunjungi toko optik terdekat Anda hari ini

ARTIKEL TERKAIT

KONDISI MATA FOKUS: AMBLYOPIA / MATA MALAS

Orang yang menderita strabismus atau mata juling terkadang bisa berkembang menjadi amblyopia, juga dikenal sebagai mata malas.

Belajarlah lagi

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

TAHUKAH ANDA USIA MEMPENGARUHI PENGLIHATAN?

Tergantung pada usia, berbagai gejala, kondisi, dan penyakit dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Pelajari lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA