MEMILIH BINGKAI YANG SEMPURNA UNTUK KACAMATA ANDA

Mendapatkan sepasang kacamata semudah memilih salah satu dari pajangan di optik. Namun, ini tidak berarti Anda akan memilih yang tepat untuk Anda. Ada sejumlah faktor yang ingin Anda pertimbangkan saat berbelanja kacamata.

MENGAPA MEMILIH BINGKAI KACAMATA YANG TEPAT PENTING?

Anda akan mengenakan kacamata untuk menjadi bagian dari hari yang lebih baik dan itu membantu jika kacamata Anda nyaman dan bergaya. Anda tentu tidak ingin bingkai cantik yang sangat membebani jembatan hidung Anda atau bagian belakang telinga Anda, tetapi Anda juga tidak ingin kacamatanya tidak enak dilihat - tidak peduli betapa nyamannya itu. Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat antara fungsi dan gaya.

Saat memilih kacamata, tentukan dulu tujuannya:

  • Apakah Anda akan menggunakannya setiap hari? Jika demikian, Anda membutuhkan kerangka yang kokoh.
  • Apakah Anda akan menggunakannya untuk acara-acara khusus, seperti pesta? Maka Anda menginginkan bingkai yang ringan, mungkin berwarna-warni.
     

Pertimbangkan gaya hidup Anda. Apakah Anda bekerja di dalam ruangan? Apakah Anda terlibat dalam olahraga dan kegiatan luar ruangan? Jika demikian, Anda perlu bingkai yang dapat menahan elemen dan tidak begitu rapuh sehingga mudah pecah, yang Anda butuhkan adalah bingkai yang akan menjaga lensa kacamata tetap utuh.

Tenaga penjual atau staf kantor yang sering bertemu orang baru setiap hari, dan terlihat profesional adalah suatu keharusan. Kacamata Anda pasti memberikan kontribusi untuk tampilan keseluruhan, jadi memilih bingkai yang tepat sangat penting. Bagi sebagian orang, kenyamanan adalah fitur utama yang mereka cari dalam bingkai mereka. Ini termasuk ahli bedah atau bahkan mereka yang bekerja dengan alat berat, di mana kenyamanan sangat penting untuk memastikan tidak ada gangguan sehingga Anda dapat fokus pada pekerjaan.

BAGAIMANA CARA MEMILIH BINGKAI KACAMATA YANG TEPAT DENGAN BENTUK WAJAH?

Memilih bingkai untuk kacamata bukanlah masalah satu ukuran untuk semua. Selain fungsi, bentuk wajah dan fitur adalah faktor penentu penting yang dapat memengaruhi tampilan bingkai di wajah Anda. Sepasang kacamata mungkin terlihat sempurna pada satu orang dan terlihat benar-benar tidak pada yang lain.

Bagaimana Anda memilih bingkai yang tepat tergantung pada bentuk wajah Anda?

Ada tujuh bentuk wajah utama:

  1. Oval: Ini adalah bentuk wajah ideal karena simetrinya. Bingkai terbaik adalah yang paling tidak (paling tidak) bagian terluas dari wajah.
  2. Berbentuk hati (base-up triangle): Bentuk ini lebar di bagian atas dan sempit di bagian bawah. Frame yang memiliki dasar bawah membantu mengimbangi kesempitan dari wajah bawah.
  3. Oblong: Wajah dengan bentuk persegi panjang memiliki panjang sekitar dua kali lipat lebarnya. Bingkai yang "lebih panjang" daripada yang lebar cocok dengan bentuk wajah ini. Kacamata penerbang adalah contoh yang bagus.
  4. Persegi: Dengan rahang dan dahi memiliki lebar yang hampir sama, wajah persegi paling baik dilengkapi dengan bingkai sempit. Bingkai-bingkai ini menambahkan panjang ke wajah dan melunakkan sudut-sudutnya.
  5. Diamond: Lebar, tulang pipi yang berbeda, dahi yang sempit, dan garis rahang yang sempit mencirikan wajah berbentuk berlian. Untuk mengimbangi fitur wajah, bingkai oval atau cat-eye adalah yang terbaik.
  6. Round: Dengan garis-garis halus yang membuat lebar dan panjang wajah pada dasarnya sama, wajah bulat membutuhkan frame yang menambahkan sudut dan panjang. Bingkai yang sempit, persegi panjang, dan tanpa bingkai cocok untuk wajah yang bulat.
  7. Segitiga bawah: Bentuk wajah ini lebar di bagian bawah dan sempit di bagian atas. Bingkai yang menyoroti wajah atas terlihat paling baik. Bingkai dengan atasan yang dihiasi dan sangat berwarna sesuai dengan bentuk wajah ini.

BINGKAI UNTUK PRIA, WANITA, DAN ANAK-ANAK

Bingkai untuk pria, wanita, dan anak-anak memiliki penampilan, struktur, dan gaya yang berbeda.

Faktor yang paling umum adalah ukuran. Bingkai kacamata untuk pria biasanya lebih besar daripada untuk wanita. Keduanya secara alami lebih besar dari bingkai kacamata untuk anak-anak. Bentuk dan warna juga menentukan faktor ketika memilih bingkai. Namun, toko optik membawa berbagai bingkai yang unisex, cocok untuk pria dan wanita. Untuk orang dewasa, itu terutama bermuara pada preferensi pribadi.

Bingkai untuk anak-anak, bagaimanapun, mungkin perlu lebih banyak pertimbangan. Selain ukurannya, kerangka itu harus mampu menahan aktivitas ketat, yang mana anak-anak cenderung terlibat. Sebagai contoh, bingkai untuk anak-anak tidak boleh mudah pecah ketika mereka didorong ke dalam ransel dan kantong atau jika mereka tidak sengaja terjatuh.

PERLU BANTUAN MEMILIH BINGKAI ANDA?

Kunjungi toko optik terdekat Anda untuk mendapatkan saran dan rekomendasi

ARTIKEL TERKAIT

TIPS UNTUK MEMBELI KACAMATA YANG SEMPURNA

Temukan kacamata yang sempurna dengan memilih bingkai dan lensa yang tepat & cocok dengan semua kebutuhan pribadi dan gaya hidup Anda.

Pelajari lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA