Tips Memilih Bingkai Kacamata yang Tepat

Mempelajari cara memilih bingkai atau frame untuk kacamata resep Anda bisa menjadi hal yang cukup membingungkan.

Namun sebetulnya, idak Ada beberapa tips dan cara mudah untuk menentukan bingkai mana yang paling cocok dengan wajah dan kebutuhan penglihatan Anda.

Simak beberapa tips sederhana memilih bingkai kacamata yang tepat untuk Anda di bawah ini!

Mengapa Penting untuk Memilih Bingkai Kacamata yang Tepat?

Kacamata yang Anda pilih akan Anda gunakan untuk membantu menjalani kegiatan Anda sehari-hari. Maka dari itu, selain mendukung tampilan Anda, kacamata yang Anda pilih juga harus nyaman digunakan.

Saat memilih bingkat kacamata, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal ini:

  • Apakah Anda akan menggunakannya setiap hari? Jika demikian, Anda membutuhkan bingkai yang kokoh
  • Apakah Anda akan menggunakannya untuk acara-acara khusus, seperti pesta? Maka Anda bisa memilih bingkai yang ringan, mungkin berwarna-warni
     

Lensa Crizal Prevencia, Solusi Perlindungan Terbaik Melawan Sinar UV dan Sinar Biru!

  • Tips memilih frame kacamata

 

Anda juga perlu mencari bingkai yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar ruangan, maka Anda memerlukan bingkai dengan bahan yang kuat sehingga tidak mudah patah atau rusak jika suatu saat jatuh.

Bingkai kacamata yang Anda pilih juga dapat menjadi sarana untuk menunjukkan kepribadian Anda.

Anda dapat memilih bentuk, warna, atau pola bingkai yang sesuai, namun Anda juga harus tetap memperhatikan kualitasnya untuk memastikan kenyamanannya saat digunakan.

Mengetahui cara memilih bingkai untuk penggunaan profesional juga penting. Penting untuk memilih bingkai yang menekankan kepribadian Anda namun tetap terkesan pantas ketika digunakan di tempat kerja.

Misalnya, Anda bisa memiliki sepasang kacamata warna-warni untuk digunakan di akhir pekan dan kemudian memiliki kacamata fungsional yang nyaman untuk di hari kerja.

 

 

Crizal Prevencia, perlindungan terbaik melawan sinar UV dan sinar biru

Crizal Sapphire UV, solusi penglihatan jernih dan superior

Lensa Optifog UV dirancang untuk penglihatan sempurna bebas embun

 

Cara Memilih Bingkai Kacamata yang Tepat dengan Bentuk Wajah

Selain fungsi, bentuk wajah juga menjadi faktor penentu penting yang perlu Anda perhatikan. Karena bentuk wajah setiap orang berbeda-beda, sepasang kacamata mungkin terlihat sempurna pada satu orang dan terlihat benar-benar tidak cocok jika digunakan oleh orang lain.

Bagaimana cara memilih frame kacamata yang tepat dan sesuai pada bentuk wajah Anda?

Setidaknya ada tujuh bentuk wajah utama:

Oval

Ini adalah bentuk wajah ideal karena simetrinya. Bingkai terbaik untuk bentuk wajah ini adalah bingkai yang paling tidak dapat mencapai bagian terluas dari wajah.

Berbentuk hati (base-up triangle)

Bentuk wajah ini lebar di bagian atas dan sempit di bagian bawah. Frame kacamata yang memiliki bagian bawah yang lebar membantu mengimbangi kesempitan dari wajah bagian bawah.

Persegi Panjang

Ini adalah wajah dengan bentuk persegi panjang atau memiliki panjang sekitar dua kali lipat lebarnya. Bingkai yang memiliki ukuran panjang yang melebihi lebarnya cocok dengan bentuk wajah ini, misalnya kacamata model aviator.

Persegi

Dengan rahang dan dahi memiliki lebar yang hampir sama, wajah persegi paling baik dilengkapi dengan bingkai yang cenderung kecil. Bingkai-bingkai ini menambahkan panjang ke wajah dan dan membuat sudut wajah menjadi lebih tidak menonjol.

Berlian

Wajah dengan dahi dan garis rahang yang sempit mencirikan wajah berbentuk berlian. Untuk mengimbangi fitur wajah ini, bingkai oval atau cat-eye adalah pilihan yang terbaik.

Bulat

Wajah yang bulat membutuhkan frame yang menambahkan sudut dan panjang. Bingkai yang sempit atau dengan bentuk persegi panjang cocok untuk wajah yang bulat.

Segitiga

Bentuk wajah ini lebar di bagian bawah dan sempit di bagian atas. Bingkai yang dapat menonjolkan wajah atas menjadi pilihan terbaik. Bingkai dengan bagian atas yang dihiasi dan berwarna juga sesuai dengan bentuk wajah ini.

 

 

  • Cara memilih frame kacamata

Bingkai Kacamata untuk Pria, Wanita, dan Anak-Anak

Bingkai kacamata untuk pria, wanita, dan anak-anak memiliki penampilan, struktur, dan gaya yang berbeda.

Faktor yang paling umum untuk menentukannya adalah ukuran. Bingkai kacamata untuk pria biasanya lebih besar daripada untuk wanita.

Senaik ukuran, bentuk dan warna juga menjadi faktor penting ketika memilih bingkai. Namun banyak juga toko optik menyediakan berbagai bingkai kacamata yang bisa digunakan baik oleh pria dan wanita, atau unisex.

Bingkai untuk anak-anak, bagaimanapun, mungkin perlu melibatkan lebih banyak pertimbangan. Selain ukurannya, bingkai kacamata juga harus mampu mengimbangi aktivitas ketat anak.

Sebagai contoh, bingkai kacamata untuk anak-anak tidak boleh mudah pecah ketika mereka ditaruh di dalam ransel dan kantong atau jika mereka tidak sengaja terjatuh.

ARTIKEL TERKAIT

Tips untuk Memilih Kacamata yang Tepat

Temukan cara memilih bingkai dan lensa kacamata yang tepat untuk gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH LENSA

Lensa Anda adalah bagian penting dari kacamata Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca lebih lanjut

Semua Hal Seputar Pemeriksaan Mata

Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Informasi apa saja yang perlu Anda tanyakan?

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA