MEMILIH LENSA YANG TEPAT UNTUK KACAMATA ANDA

Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu untuk memilih bingkai untuk kacamata mereka karena pilihan yang tersedia. Namun, sangat sedikit yang menyadari bahwa mereka juga memiliki berbagai lensa yang tersedia bagi mereka yang menawarkan perlindungan bagi mata mereka dan memberi mereka visi yang paling jelas dan paling tajam.

Meskipun memilih bingkai sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan tampilan tetapi memilih lensa yang tepat untuk penglihatan, gaya hidup, dan kebutuhan Anda juga membutuhkan waktu dan pertimbangan.

LENSA APA YANG HARUS ANDA PILIH?

Mata dan kacamata Anda harus bekerja sama untuk menciptakan penglihatan yang paling jelas dengan cara yang nyaman setiap hari. Inilah mengapa penting untuk memilih lensa yang paling cocok untuk Anda. Lensa kacamata Anda bertujuan untuk memperbaiki, melindungi, dan meningkatkan penglihatan Anda. Berikut adalah beberapa opsi lensa yang tersedia untuk Anda:
 

  • Lenses to correct your vision

LENSA YANG MEMPERBAIKI PENGLIHATAN ANDA:

  • Lensa penglihatan tunggal adalah lensa yang paling umum digunakan untuk memperbaiki penglihatan Anda. Lensa ini dibuat khusus agar sesuai dengan resep Anda dan kondisi mata yang benar seperti miopia, hyperopia dan astigmatisme.
  • Baik lensa bifokal dan progresif dibuat untuk memperbaiki penglihatan orang-orang (biasanya berusia lebih dari 40 tahun) yang menderita presbyopia. Perbedaannya adalah bahwa bifocal hanya membantu Anda melihat dengan benar jarak jauh dan jarak dekat sementara lensa progresif (seperti Varilux) memperbaiki penglihatan Anda di semua jarak.
  • Kacamata komputer dengan tambahan, seperti Eyezen, tidak hanya melindungi penglihatan Anda di depan layar digital, tetapi juga membantu fokus penglihatan Anda saat beralih dari satu layar ke layar lainnya, seperti dari komputer ke ponsel Anda.
  • Lenses to protect your vision

LENSA YANG MELINDUNGI MATA ANDA:

Untuk melindungi mata Anda, lapisan khusus ditambahkan ke lensa kacamata Anda. Semua opsi di bawah ini dapat digunakan bersama untuk memastikan kacamata Anda memberi Anda penglihatan terbaik untuk kebutuhan dan gaya hidup Anda:

  • Lensa Photochromic adalah lensa peka cahaya yang beradaptasi dengan berbagai tingkat kecerahan dan menyaring sinar UV.
  • Lensa anti-silau melindungi mata Anda dari cahaya yang terang dan sangat bagus untuk orang yang berkendara secara teratur atau bagi mereka yang menghabiskan waktu di luar rumah.
  • Lensa perlindungan cahaya biru menyaring cahaya berbahaya yang berasal dari matahari, televisi, layar komputer dan telepon seluler.
  • Lensa perlindungan UV mampu memblokir sinar ultraviolet.

MENINGKATKAN PENGLIHATAN MELALUI LENSA ANDA:

Lensa di bawah ini memiliki lapisan pelindung lain yang memberi Anda penglihatan yang jernih dan tajam dengan menjaga kacamata tetap bersih dan nyaman setiap saat dan sesuai dengan selera, kenyamanan, dan tingkat aktivitas Anda.

  • Lenses to enhance your vision
  • Lensa anti gores membantu melindungi lensa Anda dari goresan melalui lapisan kokoh pada lensa. Ini membantu kacamata Anda bertahan lebih lama dan mempertahankan penglihatan yang lebih jelas.
  • Lensa anti-noda mengandung lapisan khusus atau lapisan yang menghentikan noda dan sidik jari agar tidak menempel di lensa Anda.
  • Lensa anti-debu menggunakan lapisan yang kotoran dan debunya tidak menempel membuat lensa Anda bersih lebih lama.
  • Lensa penolak air memastikan bahwa air meluncur langsung dari lensa Anda sehingga hujan atau kondensasi tidak menghalangi penglihatan Anda.
  • Lensa indeks tinggi adalah lensa tipis dan ringan yang mampu mengubah arah di mana cahaya masuk ke mata. Ini biasanya ditawarkan untuk resep yang lebih tinggi.
  • Lensa anti-kabut memungkinkan Anda untuk beralih dari lingkungan panas ke lingkungan dingin tanpa mengkhawatirkan lensa menjadi berkabut.

Apapun kebutuhan Anda, sebaiknya pertimbangkan semua opsi yang tersedia. Penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak harus memilih salah satu dari lensa ini, semua opsi ini dapat dikombinasikan untuk memberikan penglihatan terbaik yang spesifik untuk kebutuhan Anda.

Jika Anda masih ingin memastikannya, Anda dapat berbicara dengan seorang ahli mata profesional, yang dapat merekomendasikan opsi sesuai dengan gaya hidup, usia, dan kebutuhan preskriptif Anda.

BAGAIMANA CARA MEMILIH LENSA YANG TEPAT?

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk memilih lensa yang tepat untuk kacamata Anda agar dapat membuat keputusan lebih mudah atau setidaknya pastikan Anda membuat pilihan terbaik.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal kacamata. Baik itu kebutuhan mode atau fungsional, pilihannya banyak. Jadi sebelum memilih kacamata Anda, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor saat membuat keputusan. Berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sebelum memutuskan:

Apakah Anda kesulitan melihat sesuatu dari dekat atau jauh?

Mata dekat (miopia) atau rabun dekat (hyperopia) adalah kondisi mata yang umum dapat dengan mudah diperbaiki melalui lensa dengan resep single vision. Jika Anda mengalami kesulitan melihat objek yang dekat dan jauh, Anda mungkin perlu lensa progresif.

Apakah Anda mengalami kesulitan membaca?

Jika Anda berusia di atas 40 tahun, ini adalah gejala umum presbyopia, yang mungkin memerlukan lensa progresif.

Apakah Anda menghabiskan banyak waktu didepan komputer atau televisi?

Kacamata komputer dapat mencegah ketegangan mata dan paparan cahaya biru berlebihan. Lensa ini sempurna jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar digital.

Anda beraktivitas diluar ruang?

Lensa UV dapat berguna dalam melindungi mata Anda dari paparan berlebihan terhadap sinar UV yang berbahaya. Selain itu, lensa photochromic atau adaptif memastikan penglihatan yang nyaman baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Apakah Anda suka berolahraga?

Anti gores, anti-noda, anti-debu, anti-kabut atau bahkan pelapis lensa anti air pada kacamata dapat membantu Anda menikmati gaya hidup aktif sepenuhnya.

Apakah Anda berkendara di malam hari?

Lensa anti silau dapat mencegah kecelakaan dengan memberikan penglihatan yang jelas sepanjang perjalanan Anda.

Ada banyak pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri, tetapi ini merupakan titik awal yang baik untuk memilih lensa yang paling sesuai dengan Anda. Pastikan Anda menghabiskan cukup banyak waktu untuk mendiskusikan opsi-opsi ini dengan spesialis mata Anda.

PERLU BANTUAN MEMILIH LENSA ANDA?

Kunjungi toko optik terdekat Anda untuk mendapatkan saran dan rekomendasi

ARTIKEL TERKAIT

TIPS UNTUK MEMBELI KACAMATA YANG SEMPURNA

Temukan kacamata yang sempurna dengan memilih bingkai dan lensa yang tepat & cocok dengan semua kebutuhan pribadi dan gaya hidup Anda.

Pelajari lebih lanjut

APA YANG DIHARAPKAN SAAT PEMERIKSAAN MATA?

Apa yang sedang diperiksa? Informasi apa yang harus ditanyakan kepada spesialis mata Anda?

Baca lebih lanjut

KHAWATIR MENGENAI MASALAH PENGLIHATAN?

Temukan kondisi, gejala, dan penyakit mata yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Pelajari cara mencegah atau merawat dan menjaga penglihatan tetap sehat.

Baca lebih lanjut

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA